Efek Samping Penggunaan Hairdryer Sebagai Pengering Rambut

  • Bagikan
Efek Samping Penggunaan Hairdryer
Efek Samping Penggunaan Hairdryer

Rambut adalah mahkota bagi para wanita. Tidak heran ada begitu banyak wanita yang rela menghabiskan waktunya untuk ke salon rambut selama berjam-jam. Itu semua demi mendapatkan rambut yang bagus dan indah.

Semua orang melakukan perawatan rambut dengan shampo dan conditioner yang mahal. Bahkan tak segan-segan membeli beberapa vitamin tambahan bagi rambut lainnya. Beberapa orang setelah melakukan perawatan rambut dengan berkeramas, juga menggunakan alat pengering rambut atau haidryer.

Penggunaan pengering rambut atau hairdryer secara terus menerus ini ternyata bisa menimbulkan efek samping. Berikut adalah beberapa efek samping penggunaan pengering rambut atau hairdryer.

Kerusakan rambut akibat panas.

Efek Samping Penggunaan Hairdryer
Efek Samping Penggunaan Hairdryer

Batang rambut manusia terdiri dari korteks dengan medula aksial sentral dan lapisan kutikula eksternal. Kerusakan rambut akibat panas dapat terjadi pada permukaan dan lapisan kutikula.

Siklus pembasahan dan pengeringan rambut yang berulang dapat menyebabkan banyak retakan pada kutikula rambut. Oleh karena itu penggunaan hairdryer yang begitu sering dapat sangat berbahaya bagi kesehatan rambut.

Baca Rekomendasi :   Jangan Dibuang, 4 Manfaat Tak Terduga Dari Kulit Jeruk

Perubahan warna rambut

Surfaktan shampo rambut dan pengeringan rambut setiap hari (termasuk pengeringan panas) menyebabkan kerusakan pada ultrastruktur rambut serta perubahan warna. Dalam penelitian yang ada dalam jurnal kedokteran terpercaya, pengeringan berulang dapat menyebabkan perubahan ultra-struktur, morfologi, kadar air, dan warna rambut setelah keramas.

Pengeringan rambut tanpa pengering rambut menghasilkan permukaan rambut yang relatif terlindungi dengan baik daripada menggunakan alat pengering. Selain itu adapula efek samping lainnya yang terjadi yaitu merusak tekstur rambut dan cenderung membuat rambut kusut.

Di antara efek negatif tersebut, perlu dicatat bahwa pengering rambut, karena suhunya yang tinggi, dapat menyebabkan sesuatu pada rambut yaitu rambut gelembung atau rambut gelembung.

Definisi ini digunakan ketika banyak gelembung udara terbentuk di antara kutikula rambut, produk penguapan air yang terkandung di dalam batang, yang disebabkan oleh panas yang ekstrem dari peralatan kapiler ini. Singkatnya akhirnya menghasilkan melemahnya rambut dan sampai kemungkinan pecah.

Baca Rekomendasi :   Ingin segera Memiliki Buah Hati? Coba Konsumsi 5 Buah Ini

Atas efek samping tersebut, maka ada beberapa cara terbaik untuk mengeringkan rambut. Berikut adalah beberapa cara untuk mengeringkan rambut yang dapat meminimalisir efek samping pengering rambut.

Cara terbaik untuk mengeringkan rambut

  • Gunakan hair dryer pada suhu tidak melebihi 45 derajat celcius.
  • Harus menggunakan hair dryer pada jarak minimal 15 cm.
  • Tidak boleh terkonsentrasi pada satu titik tertentu untuk waktu yang lama. Artinya gerakan untuk bagian rambut yang lainnya juga harus terjadi.

Bagaimana dengan mengeringkan rambut secara alami?

Menurut para ilmuwan, ini juga tidak baik, karena membiarkan rambut mengering sendiri, harus menunggu lama. Ini dapat membuat kulit kepala menjadi basah lalu lama kelamaan bakteri akan menumpuk.

Bakteri yang menumpuk akan menghasilkan jamur atau melemahnya struktur rambut. Hal ini lebih buruk daripada menggunakan pengering rambut dengan baik. Dengan pengering rambut, hanya terdapat kerusakan ringan pada permukaan batang, tetapi tidak menyebabkan kerusakan internal.

Baca Rekomendasi :   Flu Biasa atau Gejala Covid-19? Pahami Perbedaannya

Kesimpulan

Mereka juga menemukan bahwa kerusakan yang disebabkan oleh pengering. Terlepas dari suhu, terjadi pada kutikula dan bukan pada kulit kayu yang merupakan bagian dalam rambut. Namun, begitu permukaannya rusak, ia tidak bisa lagi bertindak sebagai pelindung terhadap pengeringan rambut berturut-turut. Pengeringan rambut yang berulang pada suhu tinggi akan menyebabkan kerusakan hebat.

Pengering rambut tidak terlalu buruk, bahkan bagus jika kamu menggunakannya dengan baik. Karena mencegah bakteri menumpuk di kulit kepala dan hal itu sangat membantu untuk anak perempuan yang memiliki ketombe, iritasi, atau masalah lain pada kulit kepala.

  • Bagikan
2 7

You cannot copy content of this page