5 Cara Mengatasi Kesepian dan Rasa Malu Untuk Kamu yang Introvert

  • Bagikan
Cara Mengatasi Kesepian
Cara Mengatasi Kesepian

Sebagai manusia, kita ditakdirkan untuk menjadi makhluk sosial. Memiliki teman membuat kita lebih bahagia dan lebih sehat—bahkan, terhubung secara sosial adalah kunci kesehatan mental dan emosional kita. Namun banyak dari kita yang pemalu dan tertutup secara sosial.

Bisa jadi kita merasa canggung di sekitar orang asing, tidak yakin harus berkata apa, atau khawatir tentang apa yang orang lain pikirkan tentang kita. Hal ini dapat menyebabkan kita menghindari situasi sosial, memisahkan diri dari orang lain, dan secara bertahap menjadi terisolasi dan kesepian.

Kesepian adalah masalah umum di antara orang-orang dari segala usia dan latar belakang, namun banyak dari kita ragu untuk mengakui hal tersebut.  Kamu harus segera mengatasi hal ini agar tidak menjadi stres kemudian hari. Berikut adalah beberapa cara yang bisa kamu gunakan untuk mengatasi kesepian dan merasa malu.

1. Percaya bahwa orang-orang tidak berpikir negatif tentangmu.

Cara Mengatasi Kesepian
Cara Mengatasi Kesepian

Tentu ada begitu banyak perasaan yang ada dalam kepalamu ketika ingin bertemu dengan orang. Hal ini juga terpengaruh dari tipe kamu yang memang introvert. Namun memikirkan berlebihan tentang pendapat orang lain yang bahkan belum terjadi adalah hal yang tidak boleh kamu lakukan.

Baca Rekomendasi :   5 Pasangan Zodiak yang Paling Cocok dan Bahagia

Percayalah bahwa setiap orang yang bertemu denganmu tidak akan terlalu memikirkan apa yang kamu kenakan atau apa yang kamu lakukan.

Orang lain terlalu sibuk memikirkan diri mereka sendiri. Banyak orang yang tidak menghabiskan waktu luang mereka untuk menilaimu. Jadi jangan pernah rasa kekhawatiran itu membuatmu takut. Berhentilah membuang waktu untuk mengkhawatirkan apa yang orang lain pikirkan tentangmu.

2. Kamu bukan satu-satunya orang yang cemas dan gugup.

Prem Warut Chawalitrujiwong
Prem Warut Chawalitrujiwong

Ketika kamu merasakan kecemasan berlebihan, sementara kamu melihat orang dengan tipe ekstrovert memiliki kepercayaan diri yang penuh maka kamu salah. Orang ekstrovert bukan tidak mungkin juga bisa saja merasakan cemas dan gugup.

Namun mereka sangat baik dalam menyembunyikan hal-hal tersebut. Ada begitu banyak orang introvert yang juga merasakan hal yang sama dengan kamu rasakan. Jadi mengesampingkan perasaan itu dan mulailah keluar adalah hal yang perlu kamu lakukan.

Baca Rekomendasi :   Tips Mengatasi Rasa Malas Dengan Teknik Kaizen Ala Orang Jepang

3. Kamu tidak harus menjadi sempurna untuk disukai.

Tips Membangun Hubungan yang Sehat
Tips Membangun Hubungan yang Sehat

Faktanya adalah kesempurnaan tidak akan bisa kita raih. Ketidaksempurnaan adalah hal yang normal. Terkadang kamu terlalu fokus pada kelemahan yang kamu miliki dan menjadikan itu sebagai hambatan yang besar.

Jangan pernah lupa bahwa ketidaksempurnaanmu adalah bagian dari dalam dirimu. Jika kamu bisa dengan senang hati menerima ketidaksempurnaanmu, kemungkinan besar orang lain juga akan menerimanya.

4. Tidak apa untuk membuat kesalahan.

Efek Samping Penggunaan Hairdryer
Efek Samping Penggunaan Hairdryer

Sama seperti kekurangan yang menempel padamu, kesalahan mejadi bagian dari menjadi manusia. Jika kamu melakukan kesalahan maka berhentilah menyalahkan dirimu.

Coba lihat kesalahan yang kamu lakukan tersebut sebagai proses yang harus kamu lewati. Melalui proses itu bisa jadi akan meningkatkan rasa percaya diri atau membuatmu tidak lagi merasa malu.

Baca Rekomendasi :   4 Zodiak Ini Merupakan Tipe Cowok yang Humoris, Apakah Zodiakmu Termasuk?

5. Evaluasi diri sendiri dengan mengatakan hal yang positif.

Zodiak yang Paling Mungkin Terkenal
Zodiak yang Paling Mungkin Terkenal

Ketika kamu merasakan keresahan dan energi negatif dalam dirimu, maka buang jau-jauh hal tersebut. Berhenti menyebut diri sendiri sebagai orang yang menyedihkan, tidak berharga, dan bodoh. Jika suatu hal tidak berjalan sesuai rencana, maka katakan bahwa kamu sudah melakukan sesuatu yang benar.

Kamu sudah berusaha semaksimal mungkin untuk meraih sesuatu tersebut. Jadi kamu sama sekali tidak salah dan tidak perlu menyesalinya. Sebaliknya, isilah pikiranmu dengan sesuatu yang positif.

Nah itu dia beberapa cara yang bisa kamu lakukan sebagai introvert untuk mengatasi kesepian dan perasaan malu. Memikirkan hal tersebut membuat kepercayaan dirimu bertambah dan meningkat. Jangan lupa kamu coba ya, semoga berhasil!

  • Bagikan
2 7

You cannot copy content of this page