5 Tips Membangun Hubungan yang Sehat Dengan Pasangan

  • Bagikan
Tips Membangun Hubungan yang Sehat
Tips Membangun Hubungan yang Sehat

Semua hubungan pasti akan mengalami pasang surut. Keberhasilan suatu hubungan memerlukan kerjasama, komitmen, dan kemauan untuk beradaptasi dan berubah dengan pasanganmu. Perlu kita ketahui bersama bahwa setiap hubungan itu unik.

Dan definisi sejati dari hubungan yang sehat adalah berbagi tujuan bersama untuk apa yang kamu inginkan dari hubungan itu dan kemana hubungan tersebut akan berlabuh. Hubungan yang sehat memiliki karakteristik dan prinsip tertentu.

Mengetahui tips dasar ini dapat membantu menjaga hubunganmu tetap bermakna, saling memuaskan, dan menggairahkan untuk tujuan apapun. Berikut ini adalah 5 Tips Membangun Hubungan yang Sehat yang bisa kamu lakukan.

1. Habiskan waktu berkualitas dengan bertatap muka.

Tips Membangun Hubungan yang Sehat
Tips Membangun Hubungan yang Sehat

Bertemu tatap muka terkadang menjadi salah satu solusi jika kamu rindu padanya. Ternyata hal ini sangat pasangan perlukan, mengingat bahwa kalian akan menghabiskan waktu dengan bercerita bersama. Hal ini membuat hubungan kamu menjadi lebih langgeng.

Baca Rekomendasi :   Yang Pantas Kita Cintai Adalah Mereka yang Bisa Menghargai. Setuju?

Segalanya tampak baru dan mengasyikkan. Kamu mungkin menghabiskan berjam-jam hanya mengobrol bersama atau memikirkan hal-hal baru yang menarik untuk dicoba.

Namun, seiring berjalannya waktu, tuntutan pekerjaan, keluarga, kewajiban lain, dan kebutuhan kita semua akan waktu untuk diri sendiri dapat membuat kita semakin sulit untuk menemukan waktu bersama.

2. Tetap terhubung melalui komunikasi.

Zodiak yang Paling Mungkin Terkenal
Zodiak yang Paling Mungkin Terkenal

Komunikasi yang baik adalah bagian mendasar dari hubungan yang sehat. Ketika kamu mengalami hubungan emosional yang positif dengan pasangan kamu, kamu akan merasa aman dan bahagia.

Ketika orang berhenti berkomunikasi dengan baik, mereka berhenti berhubungan dengan baik, dan saat-saat perubahan atau stres benar-benar dapat menyebabkan putusnya hubungan. Ini mungkin terdengar sederhana, tetapi selama kamu berkomunikasi, kamu biasanya dapat mengatasi masalah apa pun.

3. Jaga keintiman fisik tetap hidup.

Hubungan Terasa Hambar
Hubungan Terasa Hambar

Sentuhan adalah bagian mendasar dari keberadaan manusia. Studi pada bayi telah menunjukkan pentingnya kontak tubuh yang teratur dan penuh kasih sayang untuk perkembangan otak. Dan manfaatnya tidak berakhir di masa kanak-kanak.

Baca Rekomendasi :   Percayalah, Mengikhlaskan Adalah Kunci Pertemuan Dengan Dia Yang Lebih Baik

Kontak kasih sayang meningkatkan kadar oksitosin dalam tubuh, hormon yang memengaruhi ikatan dan keterikatan. Ketika kamu sedang menjalani hubungan, ungkapan rasa sayang seperti pelukan, ciuman merupakan suatu hal yang normal. Sentuhan itulah yang membuat kedekatan emosional kepada pasangan semakin bertambah.

4. Belajar untuk selalu memberi dan menerima dalam hubungan.

Kebiasaan Hubungan yang Sehat
Kebiasaan Hubungan yang Sehat

Hubungan yang sehat bukan selalu hubungan yang cenderung memberi. Namun kedua pihak dalam hubungan juga harus memberi dan menerima dalam suatu hubungan. Pondasi hubungan yang sehat adalah kompromi.

Mengetahui apa yang penting bagi pasangan kamu dapat membantu membangun niat baik dan suasana kompromi. Penting juga bagi pasangan kamu untuk mengerti apa yang kamu butuhkan dan kamu dapat berikan kepadanya dalam hubungan kalian.

Baca Rekomendasi :   Siapa yang Pernah PDKT? Pernah Dekat Kemudian Terlupakan

5. Selalu siap terjadi pasang surut dalam hubungan.

Jangan Fokus Menyalahkan Dirimu
Jangan Fokus Menyalahkan Dirimu

Seperti penjelasan pada awal tadi, pasang surut dalam suatu hubungan adalah hal wajar. Kamu tidak bisa selalu memiliki kebahagiaan secara terus menerus. Ada saat kamu merasa kecewa, terluka atau bahkan merasa bosan dengan pasanganmu.

Kebanyakan pertengkaran terjadi karena ada begitu banyak orang melampiaskan masalah pribadinya pada pasangan. Contohnya ketika mereka memiliki permasalahan kantor yang rumit, mereka jadi lebih pemarah. Padahal pasangannya tidak tahu apa-apa akhirnya jadi salah paham. Dalam hal ini sebaiknya temukan cara terbaik untuk dapat mengelola stres, kemarahan, dan frutasi.

Nah itu dia 5 tips yang bisa kamu lakukan untuk menjaga hubungan agar tetap sehat. Ingatlah bahwa hubungan yang sehat perlu kamu bangun. Jauhkan dirimu dari hubungan yang toxic dan cobalah hubungan yang sehat seperti ini ya. Goodluck!

  • Bagikan
2 7

You cannot copy content of this page