5 Alasan Ketika Semakin Menua, Temanmu Juga Semakin Berkurang

  • Bagikan
Semakin Menua, Temanmu Juga Semakin Berkurang
Semakin Menua, Temanmu Juga Semakin Berkurang

Tak jauh berbeda dari hubungan asmara, hubungan pertemanan pun pasti melewati fase up dan down. Dimana kamu yang dulu mudah berbaur dan mudah berteman dengan siapa saja. dimana kamu yang selalu berusaha menjalani pertemanan solid dengan teman-temanmu.

Sekarang, kamu menemukan teman baru atau bahkan sudah menikmati hidup dengan segala rutinitias yang sibuk, sehingga tak ada waktu untuk berteman atau kumpul bareng. Meski semakin bertambah usia dan menua, temanmu juga akan berkurang. Kamu tetap bisa merasakan kebahagiaan dengan orang-orang yang kamu cintai di sekelilingmu.

Namun, akan lebih baik pula, jika kamu tetap menjaga sillaturahmi pertemanan yang kamu punya. Dan kali ini, Bapermulu.com sudah merangkum 5 Alasan kenapa semakin menua, hubungan pertemanan semakin kendor dan banyak temanmu yang berkurang.

1. Semakin Bertambah Usia, Pemikiran Dan Kedewasaan Juga Akan Berubah Termasuk Hubungan Pertemanan.

Semakin Menua, Temanmu Juga Semakin Berkurang
Semakin Menua, Temanmu Juga Semakin Berkurang

Meski, kedewasaan tidak bisa diukur dengan patokan usia. Namun, ketika banyak pengalaman yang sudah kamu lewati, kesibukan dan hal-hal baru yang harus kamu jalani. Sedikit banyak, kamu menjadi cukup dewasa dan mengerti arah hidupmu berjalan.

Baca Rekomendasi :   Bunda Wajib Tahu! 5 Alasan Penting Memantau Tinggi Badan Anak

Kamu tidak lagi berpikir untuk fokus memperbanyak teman atau hanya bersenang-senang dengan temanmu saja. Justru kamu akan lebih fokus menikmati hidup, memprioritaskan keluarga dan teman yang memang benar-benar dekat, welcome dengan siapa saja yang berada di sekelilingmu. Menjadi dewasa membuatmu lebih bijak dalam menentukan segala hal, termasuk hubungan pertemanan.

2. Prioritasmu Bukan Lagi Pertemanan Tapi Keluarga dan Dirimu Sendiri.

Cara Menghindari Toxic relationship
Cara Menghindari Toxic relationship

Ketika masih lajang, rasanya tidak pas atau hidup kurang nikmat. Jika belum nongkrong atau hang out bareng teman. Jalan ke mall hingga menggosipi banyak hal dengan teman-teman sendiri. Karena dulu, memang yang lebih banyak kamu pikirkan hanya dirimu sendiri dan kesenanganmu sajja.

Namun, ketika kamu sudah berumah tangga, sudah mempunyai pasangan dan buah hatimu sendiri. Maka nonkrong bersama teman bukan lagi prioritas, bahkan kegiatannya sangat jarang lagi dilakukan. Selain kamu sudah sibuk dengan pekerjaanmu sendiri. Waktu dengan keluarga juga sangat terbatas. Sehingga kamu akan lebih banyak menghabiskan kebersamaan dengan keluarga daripada teman.

3. Pasti Ada Temanmu Yang Sudah Pergi dan Beristirahat di Tempat yang Lebih Baik Di Sisi Tuhan.

Teman Yang Baik dan Tulus
Teman Yang Baik dan Tulus

Umur itu memang hanya Tuhan yang tahu. Jika dulu kamu selalu nongkrong ber-lima dengan temanmu, kini mungkin hanya berempat dan bertiga, sebab teman yang tidak hadir sudah berada di tempat baru yang lebih baik di sisi Tuhan.

Baca Rekomendasi :   5 Cara Membedakan Lelaki Serius Dengan Yang Modus

Meski, meninggal tidak ditentukan oleh usia seseorang, namun jelas, ada satu dua teman yang dulunya selalu bersama, mereka kini sudah pergi terlebih dahulu. Sehingga kuantitas teman juga berkurang, saat usiamu juga semakin menua.

4. Semakin Dewasa, Temanpun Ada Prioritas, Mana yang Bisa Di Percaya Sampai Akhir, Mana yang Biasa Saja Hingga Perlu Dihindari

Kualitas dalam pertemanan juga sangat mempengaruhi kelanggengan hubungan tersebut. Sehingga dalam bertemanpun, kamu pasti mempunyai daftar prioritas teman yang kamu utamakan, biasa saja hingga yang kamu hindari.

Misal yang paling kamu prioritaskan adalah teman yang sejak lama menjadi teman curhatmu, teman yang bisa menjaga rahasiamu dan bersamanya kamu merasa seolah menjadi lebih baik serta tercerahkan. Biasanya, sebisa mungkin kamu akan berusaha erat menjalin hubungan pertemanan kalian, hingga berumah tangga bahkan menua bersama.

Baca Rekomendasi :   Di Media Sosial Gayanya Sosialita, di Kehidupan Nyata Aslinya Menderita

Kemudian teman yang biasa saja, maksudnya teman yang tidak terlalu berpengaruh dalam hidupmu. Sehingga hadir tidaknya dirinya sama sekali bukan masalah. Terakhir teman yang memang kamu hindari, mungkin karena pernah ada konflik diantara kalian atau dia bukan tipe teman yang kamu sukai.

5. Terlalu Sibuk Dengan Hidupmu Sendiri. Sehingga Kamu Sulit Menjaga Hubungan Pertemanan

Memang lebih baik, meski kamu sibuk pada keluarga dan duniamu sendiri, kamu tetap bisa menjalin hubungan pertemanan, khususnya dengan mereka yang paling dekat. Namun, tidak bisa disalahkan pula saat kesibukanmu benar-benar menguras waktumu. Ditambah lagi, mungkin banyak dari temanmu yang menghilang dan tidak menjalin komunikasi lagi.

Itulah beberapa alasan semakin dewasa dan menuanya dirimu. Justru teman-teman yang dulunya selalu bersamamu, saling berbagi susah dan senang, serta yang menemani perjuanganmu berkurang. Namun, jangan pesimis, tetap optimis dan sebisa mungkin jalin pertemanan dengan mereka yang masih setia di sisimu. Percayalah punya teman baik dengan kualitas terbaik meski sedikit, tetap lebih melegakan hati dan membuat kamu bahagia seutuhnya.

  • Bagikan
2 7

You cannot copy content of this page