16 Kebiasaan Yang Secara Tidak Sadar Menyiksa Kulit Wajahmu

  • Bagikan
Kebiasaan Menyiksa Kulit Wajahmu
Kebiasaan Menyiksa Kulit Wajahmu

Kulit setiap orang bisa dengan mudah terkena iritasi dan peka terhadap zat-zat negatif. Wajah memiliki kulit yang lebih sensitif karena rewel, perawatan yang tinggi, dan mengambil sesuatu secara pribadi. Setiap kali kamu melakukan sesuatu kebiasaan yang salah maka akan membuat kulit wajahmu kusam, pecah-pecah, dan menunjukkan tanda-tanda penuaan.

Kebiasaan-kebiasaan ini dapat menahanmu dari kulit impianmu yang bercahaya. Permasalahannya adalah terkadang kamu tidak sadar kebiasaan ini ternyata dapat merusak kulit wajahmu. Lalu apa saja kebiasaan tersebut? Berikut ini adalah beberapa kebiasaan yang secara tidak sadar bisa merusak kulit wajahmu.

Kebiasaan Menyiksa Kulit Wajahmu
Kebiasaan Menyiksa Kulit Wajahmu

1. Tidak menggunakan sunscreen pada hari biasa

Banyak orang menganggap bahwa sunscreen hanya kita bisa gunakan saat matahari sangat terik. Ketika cuaca sedang mendung kita tidak perlu lagi menggunakan sunscreen. Hal itu adalah sebuah kesalahan besar.

Bahkan saat mendung, sinar UV yang menyebabkan kulit menua itu bisa menyerang kulit wajahmu. Oleh karena itu menemukan kandungan SPF yang tepat perlu kamu lakukan.

2. Selalu menyentuh bagian wajahmu

Ketika kita melihat ada sesuatu yang muncul pada wajah kita seperti jerawat, kita cenderung ingin menyentuhnya.

Terkadang ada beberapa alasan kamu menyentuhnya. Bisa jadi karena risih atau memang kamu senang saja menyentuhnya. Kamu harus menghentikan hal itu. Karena dapat menyebabkan bekas jerawat yang susah hilang.

Baca Rekomendasi :   6 Zodiak Paling Cerdas, Apakah Kamu Termasuk?

3. Tidak membersihkan makeup sebelum tidur

Make up atau riasan yang kamu gunakan dapat menyumbat pori-pori. Jika kamu tidak membersihkan make up maka akibatnya proses perbaikan kulit saat tidur juga terganggu. Paling tidak, simpan beberapa tisu rias di meja samping tempat tidurmu. Hal ini kamu lakukan agar tidak terlupa untuk membersihkan make up.

4. Tidak mandi setelah gym

Setelah gym kamu akan berkeringat dengan sangat banyak. Jika kamu tidak segera mandi dan mencuci muka, maka hal itu akan menyebabkan jerawat. Tidak hanya itu bahkan dapat pula menyebabkan jerawat di punggungmu.

5. Rutinitas pagi dan malam yang sama

Kulitmu membutuhkan perlindungan di siang hari dan bahan-bahan yang membantu memperbaikinya di malam hari. Jangan gunakan produk kecantikan wajah yang sama karena fungsinya jelas berbeda.

6. Menggunakan handuk wajah yang sama selama beberapa hari

Idealnya, kamu harus mencucinya setelah setiap kali kamu gunakan. Hal ini karena kelembapan di dalamnya memungkinkan bakteri tumbuh. Ketika bakteri tumbuh, maka jangan heran apabila wajahmu bisa saja menjadi berjerawat atau iritasi.

Baca Rekomendasi :   4 Alasan Sikapmu yang Gak Suka Ikut-ikutan Bukti Pribadi Tak Mudah Goyah

7. Mengabaikan antioksidan seperti vitamin C

Kandungan vitamin C dapat membunuh radikal bebas yang menua. Kandungan ini juga paling bagus untuk pertahanan terbaikmu melawan garis-garis halus. Sebaiknya kandungan vitamin C tidak kamu abaikan saat memilih produk skincare.

8. Tidak menggunakan gerakan yang benar saat membersihkan muka

Gerakan membersihkan muka harus kamu lakukan dengan benar. Caranya adalah menggunakan jari dan kapas. Kapas tersebut silahkan kamu berikan produk pembersih wajah. Gerakannya mulai dari atas hidung, ke dahi, sekitar mata, dan kebawah pipi hingga mencapai dagu. Hal ini mirip seperti melakukan gaya dada mini di wajahmu.

9. Tidak menghapus riasan sebelum berolahraga

Sudah jelas efek tidak menghapus riasan. Namun bisa jadi ini lebih buruk saat kamu melakukannya sambil berolahraga. Sebelum berolahraga, kamu wajib untuk menghapus makeup atau riasan terlebih dahulu.

10. Tidak mengoleskan sunscreen secara berkala

Sunscreen sangat penting untuk melindungi kulit kita. Apabila kamu berada pada keadaan atau suasana yang sangat terik, maka harus mengoleskan ulang sunscreen setiap dua jam pada kulitmu.

11. Mengandalkan tisu wajah sebagai satu-satunya taktik membersihkan wajah

Tisu wajah akan bekerja dalam keadaan darurat. Dan sangat bagus untuk menghapus riasan sebelum kamu mencucinya. Tetapi seperti yang seorang dokter kulit jelaskan, tisu wajah meninggalkan lapisan tipis yang dapat mengeringkan kulitmu.

Baca Rekomendasi :   Dijadikan Mobil Keluarga atau Touring, Ini 3 Mobil Toyota yang Bisa Kamu Pilih

12. Menggunakan make up kadaluwarsa

Hal ini sangat berbahaya, kamu tidak boleh menggunakan make up kadaluwarsa. Selalu periksa produk make up atau produk kecantikanmu sebelum menggunakannya. Make up kadaluwarsa sangat merusak kulit.

13. Mandi air panas

Mandi air panas dapat mengeringkan kulit. Air hangat kuku adalah air yang cocok dan tepat untuk kamu jika ingin mandi air panas.

14. Sedikit mengoleskan sunscreen

Sunscreen harus kamu oleskan dengan sangat cukup. Jangan sampai wajahmu kekurangan sunscreen.

15. Tidak mencuci kuas makeup seminggu sekali

Kuas makeup harus rutin kamu cuci. Karena seorang wanita terkena MSRA dengan cara yang seperti ini.

16. Melewatkan area kecil seperti telinga, kulit wajah, dan punggung tangan saat menggunakan sunscreen

Kamu harus mengoleskan sunscreen secara merata pada organ wajah. Seperti telinga, kulit wajah, dan punggung tangan. Karena hal ini akan membuat perlindungan secara merata.

  • Bagikan
2 7

You cannot copy content of this page