Bersantai dan Camping di Bukit Seroja, Dijamin Bikin Betah

  • Bagikan
Bukit Seroja
Bukit Seroja via instagram @maaaaasber

Ingin menikmati keindahan Telaga Menjer dari sisi berbeda? Datang saja ke Bukit Seroja atau Bukit Cinta Lembah Seroja. Tak hanya menawarkan indahnya pemandangan telaga dari atas, melainkan juga panorama perkebunan teh dan Gunung Sindoro yang tampak jelas.

Rute, Harga Tiket, dan Fasilitas di Bukit Seroja

Bukit Seroja berada di Desa Maron, Kecamatan Garung, Wonosobo. Jaraknya dapat ditempuh dalam waktu kira-kira setengah jam hingga satu jam. Dari pusat kota Wonosobo, ambil jalur ke arah Dieng, kemudian sampai di pasar Garung, ikuti petunjuk ke Telaga Menjer.

Lokasi Bukit Seroja tak jauh dari pintu masuk Telaga Menjer. Dari pintu masuk telaga, ikuti jalan lurus dan menanjak kira-kira 5 menit perjalanan. Setelah itu, kamu akan mendapati gerbang masuk ke Bukit Seroja yang ada di sebelah kiri jalan.

Cara Menuju Bukit Seroja.

Bukit Seroja
Bukit Seroja via instagram @maaaaasber

Dari loket tiket, kamu harus menempuh jarak kira kira 800 meter sampai ke lokasi wisata dengan jalan yang menanjak. Jika membawa kendaraan sendiri, kamu bisa sampai ke atas. Namun, jalan kaki juga tak kalah seru dan menyenangkan karena melewati perkebunan teh yang terhampar luas.

Baca Rekomendasi :   Petak Sembilan Dieng, Tempat Terbaik Menikmati Talaga Warna

Objek wisata ini buka setiap hari selama 24 jam. Untuk masuk dikenakan tiket sebesar Rp5.000 setiap orang. Tarif parkirnya pun murah, hanya Rp2.000 untuk sepeda motor dan Rp5.000 untuk mobil.

Fasilitas yang disediakan pun cukup memadai seperti musala, toilet, dan tempat parkir. Di sini juga terdapat kafe yang menyediakan minuman seperti kopi, teh, dan susu, serta camilan seperti tempe kemul,  bakpau, dan cireng. Sebagai pengobat lapar, ada juga juga makanan berat seperti ayam goreng, ikan goreng, dan ayam bakar.

Setiap pengunjung sudah tentu singgah ke beberapa spot foto favorit di sini.

Di antaranya, tempat foto berbentuk hati, panggung bertingkat dari bambu, rumah pohon, dan pelataran untuk berfoto dengan latar Gunung Kembang dan Gunung Sindoro. Ada juga spot khusus untuk berfoto dengan latar belakang pemandangan kota Wonosobo dan Telaga Menjer.

Baca Rekomendasi :   4 Jalur Pendakian Favorit ke Puncak Gunung Prau

Jika ingin sekadar bersantai menikmati pemandangan telaga, kamu bisa memanfaatkan gazebo yang disediakan. Dari tempat ini, terlihat aktivitas wisatawan di telaga, seperti berjalan-jalan di sekitar telaga dan menaiki gethek atau rakit menyusuri telaga.

Nah, jika belum puas berkeliling, kamu bisa naik lagi ke bagian paling atas. Karena bagian ini merupakan milik pribadi, pengunjung dikenakan tiket lagi sebesar Rp5.000. Tak jauh berbeda dari spot di bawahnya, di sini juga ada gazebo, taman bunga, tempat bersantai, dan spot foto berbentuk hati yang menjorok ke arah telaga. Meskipun siang hari, udaranya di sini tetap sejuk, cocok untuk bersantai sambil mengamati indahnya suasana pegunungan dengan telaga di bawahnya.

Camping di Bukit Seroja

Salah satu tempat yang diburu pengunjung di Bukit Seroja ialah camping ground. Biasanya, pengunjung berkemah di sini untuk menikmati matahari tenggelam dan matahari terbit dari atas bukit.

Baca Rekomendasi :   5 Hal Menyenangkan yang Bisa Dilakukan di Agrowisata Tambi Wonosobo

Di camping ground ini ada dua paket camping yaitu paket sewa tempat kemah saja dan paket sewa tempat kemah beserta perlengkapannya. Untuk paket pertama, dikenakan tarif Rp35.000 per orang. Jika memilih paket ini, pastinya harus membawa sendiri tenda dan perlengkapan lainnya.

Sementara itu, paket kedua dikenakan harga Rp300.000 dengan fasilitas satu tenda berkapasitas 3-4, parkir kendaraan, dan sarapan. Harga kedua paket yang ditawarkan sudah termasuk tiket masuk ke kawasan wisata Bukit Seroja. Tempat camping cukup luas jadi kamu bisa memilih lokasi yang disukai.

Sayangnya, tenda yang tersedia sangat terbatas yaitu hanya 4 buah tenda dengan kapasitas maksimal 4 orang. Jadi, pertimbangkan untuk membawa tenda sendiri kalau kamu datang ke sana di akhir pekan atau liburan.

Jika tidak ada rencana menginap, sebaiknya datang sepagi mungkin untuk menikmati keindahan suasana ketika matahari baru terbit.

  • Bagikan
2 7

You cannot copy content of this page