5 Hal Menyenangkan yang Bisa Dilakukan di Agrowisata Tambi Wonosobo

  • Bagikan
Agrowisata Tambi Wonosobo
Agrowisata Tambi Wonosobo via instagram @d.papang_p

Ingin menikmati suasana alam yang sejuk dan hijau di Wonosobo? Jangan lewatkan Agrowisata Tambi. Tempat wisata ini berada di Desa Tambi, Kecamatan Kejajar, Kabupaten Wonosobo. Perkebunan teh ini memiliki luas keseluruhan 830 hektare dan dibagi menjadi tiga kawasan yaitu Tambi, Bedakah, dan Tanjungsari.

Ketinggian keseluruhan perkebunan mulai 800 mdpl hingga 2.000 mdpl. Tambi sendiri berada di ketinggian antara 1.400 hingga 2.000 mdpl di sisi barat lereng Gunung Sindoro. Karena itulah suhu udaranya lebih sejuk dibandingkan kedua bagian yang lain.

Menurut catatan sejarah, kebun teh Tambi didirikan dan dikelola oleh orang Belanda bernama NV John Peet pada tahun 1885 dengan nama Bagelen Thee & Kina Maatschappij. Setelah Indonesia merdeka, perusahaan kebun teh dinasionalisasi.

Namun, setelah Konferensi Meja Bundar, kebun teh Tambi dikembalikan kepada pemilik aslinya. Namanya pun pernah mengalami perubahan menjadi NV Tambi dan kemudian menjadi PT Tambi.

Aktivitas Menyenangkan di Kebun Teh Tambi.

Agrowisata Tambi Wonosobo
Agrowisata Tambi Wonosobo via instagram @d.papang_p

Berwisata ke kebun teh Tambi, kamu tak hanya merasakan kesegaran udara dan indahnya pemandangan. Di sini kamu juga dapat belajar, berolahraga, dan mengasah kreativitas. Apa saja kegiatan yang bisa dilakukan di sini?

Baca Rekomendasi :   4 Jalur Pendakian Favorit ke Puncak Gunung Prau

1. Tur keliling kebun teh

Di sini disediakan paket wisata keliling kebun teh mulai dari melihat pengolahan teh sampai menikmati teh hasil dari kebun. Kegiatan tour yang ditawarkan yaitu tea walk dan factory tour. Rute yang ditawarkan meliputi 1-2 km, 3-4 km, dan 5-6 km.

Dalam tour ini, pengunjung akan dipandu oleh pemandu wisata profesional yang siap memberikan berbagai informasi mengenai kebun teh ini. Dengan mengikuti kegiatan ini, kamu dapat mencoba merasakan menjadi pemetik teh karena akan dibekali dengan keranjang dan gunting khusus untuk memetik daun teh.

Selesai belajar tentang proses memetik daun teh, kamu akan dibawa ke pabrik pengolahan teh yang diproduksi di sini yaitu teh hitam. Di dalam pabrik, kamu dapat melihat secara langsung tahap demi tahap pengolahan teh seperti pelayuan dan pengeringan daun teh.

Baca Rekomendasi :   Gunung Lanang Mergolangu, Wisata Alam Kekinian di Wonosobo

Harga tiket tur keliling kebun teh untuk paket standar ialah Rp30.000 per orang dengan syarat minimal ada 10 orang dalam rombongan. Sementara itu, untuk paket eksklusif dikenakan tiket seharga Rp55.000 per orang. Untuk paket ini setidaknya berisi 20 orang dalam satu rombongan.

2. Berfoto

Di kebun teh Tambi dibuat beberapa spot foto yang unik, salah satunya jembatan bambu yang ada di tengah kebun. Agar mendapat foto berlatar belakang Gunung Sindoro dan Sumbing yang terlihat jelas, pastikan kamu datang ketika cuaca sedang cerah.

3. Piknik bersama keluarga

Kebun teh ini memiliki area lapang khusus untuk piknik dengan keluarga atau teman-teman. Kamu bisa membawa bekal dari rumah kemudian makan bersama sambil bercengkerama di sini. Tentunya ini bisa jadi aktivitas rekreasi yang murah meriah bukan?

Baca Rekomendasi :   Agrowisata Tanjungsari, Destinasi Wisata Edukasi di Wonosbo

4. Outbound dan bersepeda

Selain paket edukasi, tersedia juga paket outbound dengan fasilitas seperti flying fox yang dapat dipesan terlebih dahulu. Untuk paket eksklusif outbound harga tiketnya yaitu Rp115.000 per orang.

Bagi yang suka gowes, bawalah sepeda jika berwisata ke tempat ini karena di sini disediakan jalur yang dapat dilalui oleh pesepeda. Trek di sini cukup menantang di beberapa lokasi. Akan tetapi, umumnya trek yang dilalui cukup lapang dan melintasi kawasan kebun dengan pemandangan yang indah.

Rute Menuju Kebun Teh Tambi

Dari pusat kota, tempat ini hanya berjarak 16 kilometer dan dapat dijangkau menggunakan kendaraan umum. Dari kota, naik bus mini jurusan Wonosobo-Dieng kemudian turun di Desa Tambi, dan lanjutkan perjalanan kira-kira 200 meter dari jalan utama. Kamu bisa naik ojek ataupun berjalan kaki sampai ke pintu masuk tempat wisata.

  • Bagikan
2 7

You cannot copy content of this page