Petak Sembilan Dieng, Tempat Terbaik Menikmati Talaga Warna

  • Bagikan
Petak Sembilan Dieng
Petak Sembilan Dieng via wisatadieng.com

Dataran Tinggi Dieng pantas disebut sebagai surga bagi wisatawan. Keindahan bukit, pegunungan, pepohonan, telaga, dan pemukiman penduduk menjadi perpaduan pemandangan yang memukau.

Salah satu tempat untuk melihat keindahan alam ini ialah Wana Wisata Petak 9 Bukit Sidangkeng. Tempat wisata ini terletak di Desa Dieng Wetan, Kecamatan Kejajar, Kabupaten Wonosobo.

Pesona Dieng dari Bukit Sidangkeng.

Petak Sembilan Dieng
Petak Sembilan Dieng via wisatadieng.com

Wana Wisata Petak 9 merupakan sebuah bukit di kawasan Telaga Warna yang jadi tempat favorit memandang telaga dari atas. Petak 9 sendiri ialah nama yang diberikan oleh Perum Perhutani untuk menandai setiap kawasan di Dieng seperti halnya Gunung Prau yang disebut Petak 8 dan Bukit Sikunir yang disebut Petak 10.

Untuk menuju Wana Wisata Petak 9, kamu dapat mengikuti rute ke Telaga Warna. Sebelum sampai ke Telaga Warna, di kiri jalan akan terlihat gapura berbentuk candi dengan tulisan “Welcome to Wana Wisata Petak 9 Dieng”. Di sini kamu perlu membayar tiket masuk sebesar Rp5.000 per orang.

Baca Rekomendasi :   3 Olahraga Ekstrem di Wonosobo, Wajib Dicoba untuk Memacu Adrenalin

Hanya perlu 15 menit untuk sampai puncak melalui jalan setapak beton kemudian mendaki jalan setapak tanah.

Sepanjang jalan, jika memandang ke bawah kamu sudah dapat melihat indahnya panorama alam Telaga Warna dan sekitarnya. Namun, tentu saja pemandangan dari puncak lebih indah.

Dari tempat ini, terlihat lanskap Telaga Warna dan bentang alam di sekelilingnya termasuk Telaga Pengilon dengan perbukitan dan pegunungan di belakangnya. Karena pemandangan yang sangat indah dari atas, lokasi ini pun digarap menjadi sebuah tempat wisata. Pengelola membangun rumah pohon yang dapat digunakan untuk beristirahat, bersantai, bahkan menjadi gardu pandang untuk menatap keindahan alam di bawahnya.

Mengabadikan indahnya panorama alam dari Bukit Sidangkeng tak cukup hanya dengan satu atau dua jam berada di sana. Banyak titik-titik yang menawarkan keindahan tersendiri. Oleh sebab itu, kamu perlu menjajal berkemah di camping ground yang ada puncak bukit. Area camping cukup luas dan cukup untuk menampung hingga 100 tenda.

Baca Rekomendasi :   Pendakian Gunung Sumbing Lewat Jalur Bowongso, Berapa Jam?

Jika kabut tidak begitu tebal, kamu bisa menyaksikan Gunung Sindoro, Gunung Prau, dan Gunung Sumbing di kejauhan. Camping di sini, tentunya kamu akan berkesempatan menyaksikan matahari tenggelam dan matahari terbit. Saat malam cerah, taburan bintang (milky way) pun terlihat jelas menghiasi langit.

Sebagai bagian dari Kawasan Konservasi Telaga Warna, Bukit Sidangkeng dijadikan sebagai lokasi pengumpulan dan pengembangbiakan tanaman asli Dataran Tinggi Dieng. Dengan begitu, kamu dapat melihat tanaman-tanaman endemik yang mulai hampir punah yang dikembangkan di sini.

Dieng Park, Tempat Wisata Baru di Petak Sembilan

Di area Petak Sembilan, ada tempat wisata baru yaitu Dieng Park. Tak sebatas menikmati keindahan alam Wonosobo dari atas, di sini kamu bisa mencoba berbagai wahana permainan seru seperti swing atau berayun dari atas bukit dan ATV.

Di tempat wisata yang baru diluncurkan pada bulan Desember 2020 ini, ada juga camping ground dengan pemandangan tak kalah indah dari Bukit Sidangkeng. Jika ingin berkemah di sini kamu tak harus membawa peralatan sendiri karena pengelola menyediakan penyewaan tenda dan perlengkapan camping lainnya. Tempat berkemahnya juga sangat luas, dapat menampung hingga 200 tenda.

Baca Rekomendasi :   Gunung Lanang Mergolangu, Wisata Alam Kekinian di Wonosobo

Sebagai tempat wisata baru, fasilitas di Dieng Park cukup lengkap meliputi saung-saung untuk bersantai, tempat makan, homestay, dan spot-spot foto menarik. Ke depannya, pengelola juga berencana mengembangkan spot sunrise, fun and game, edukasi pertanian dan perikanan, serta wahana wisata malam.

Tiket masuk ke Dieng Park dibanderol Rp15.000 per orang. Untuk wahana swing dikenakan tarif Rp20.000 per orang dan Rp30.000 untuk dua orang, sementara ATV dapat disewa dengan tarif Rp50.000 per orang. Nah, jika kamu ingin berwisata ke Dieng dalam waktu dekat, jangan lupa singgah ke kedua tempat wisata di atas.

  • Bagikan
2 7

You cannot copy content of this page