3 Olahraga Ekstrem di Wonosobo, Wajib Dicoba untuk Memacu Adrenalin

  • Bagikan
Paralayang Bukit Kekep
Paralayang Bukit Kekep

Wonosobo dikenal sebagai daerah pegunungan yang memiliki ragam bentang alam yang menarik untuk dieksplorasi. Mulai dari waduk, bukit, gunung, air terjun, tebing, hingga sungai dengan jeramnya membuat jiwa penjelajah siapa pun merasa terpanggil.

Hal ini jugalah yang membuat pegiat pariwisata Wonosobo menghadirkan wisata olahraga ekstrem yang wajib kamu coba seperti berikut ini.

1. Paralayang Bukit Kekep.

Paralayang Bukit Kekep
Paralayang Bukit Kekep

Di Wonosobo, kamu bisa menjajal olahraga paralayang di Bukit Kekep yang berada di Desa Lengkong, Kecamatan Garung. Desa ini dapat dijangaku dalam waktu sekitar 20 menit dari pusat kota Wonosobo.

Aktivitas paralayang dapat dilakukan kapan saja karena tidak terpengaruh oleh musim. Area take off yang berbentuk bundar dan arah angin juga sangat mendukung penerbang.

Waktu yang direkomendasikan untuk berkunjung ialah ketika pagi hari. Ketika cuaca cerah dan tidak berkabut, pemandangan Gunung Sindoro, Gunung Sumbing, Gunung Kembang, dan Gunung Prau hingga dataran tinggi Dieng terlihat jelas selama penerbangan.

Baca Rekomendasi :   Bersantai dan Camping di Bukit Seroja, Dijamin Bikin Betah

Untuk mencoba olahraga paralayang ini, pengunjung hanya perlu membayar sebesar Rp350.000 per orang untuk terbang dengan durasi antara 10-20 menit. Biaya tersebut juga sudah termasuk sewa perlengkapan terbang, alat perlindungan diri, serta asuransi. Namun, sebelum berangkat ke sana Anda harus menghubungi pengelola terlebih dahulu untuk booking yaitu di nomor 087719131385 atau cek dulu di Facebook Paralayang Wonosobo.

2. River Tubing Sendangsari

Masih di Kecamatan Garung, bagi kamu yang menyukai olahraga air cobalah aktivitas Tubing Ceria Dewi Sri di Desa Sendangsari. Mengikuti kegiatan ini, kamu akan dibawa melintasi jeram sungai yang cukup menantang sambil menyaksikan tebing sungai, ngarai, dan curug-curug yang mengaliri tebing sungai sepanjang perjalanan.

Olahraga river tubing yang ditawarkan di sini tersedia dalam dua pilihan yaitu Tubing Serayu dan Wanganaji. Jalur Wanganaji memiliki panjang 1km dengan 3 jeram yang lumayan menantang tetapi aman untuk anak-anak hingga dewasa. Jika memilih jalur Wanganaji atau Fun Tubing, peserta dikenakan tarif Rp35.000 per orang dan dipandu oleh 6 orang kru.

Baca Rekomendasi :   4 Jalur Pendakian Favorit ke Puncak Gunung Prau

Nah, jika memilih jalur yang lebih menantang yaitu Serayu, dikenakan tarif Rp85.000 per orang dengan dipandu 8 orang kru. Jalur Serayu atau yang disebut juga Extreme Tubing boleh diikuti oleh anak-anak usia 10 tahun ke atas dan dewasa.

Durasinya kurang lebih 3 jam dan menempuh jarak sepanjang 2 km. River tubing di Sendangsari ini dibuka setiap hari mulai pukul 8.00 hingga 16.00 WIB dengan melakukan reservasi terlebih dahulu dengan minimal peserta 5 orang.

Selain river tubing, wisatawan juga dapat mencicipi makanan khas Desa Sendangsari dan air kelapa yang segar. Penasaran mencoba aktivitas ini? Kamu bisa cek Instagram @dewisri_river_tubbing_01  untuk informasi lanjut dan pemesanan.

3. Panjat Tebing Watu Gribig

Khusus untuk penggemar panjat tebing, Wonosobo juga ada tempat panjat tebing yang lumayan ekstrem di Desa Jojogan, Kecamatan Kejajar, Kabupaten Wonosobo, yaitu Watu Gribig. Tebing ini berada di ketinggian 2.100 mdpl dikelilingi perbukitan dan lahan tanaman kentang milik warga.

Baca Rekomendasi :   Agrowisata Tanjungsari, Destinasi Wisata Edukasi di Wonosbo

Tebing Watu Gribig mulai dibuka untuk olahraga ekstrem pada tahun 2016 oleh Tim Indonesia Climbing Expedition didukung oleh BMU Organizer. Dengan tinggi 30 meter berupa bebatuan Andesit ini memiliki 13 jalur pendakian yang terpisah menjadi tiga tebing yaitu Watu Tedeng, Watu Rata, dan Watu Lancip.

Untuk melakukan aktivitas memanjat, kamu harus mempersiapkan peralatan sesuai standar keamanan dan menjaga kebersihan serta tidak merusak tanaman di lahan yang ada di sekitar tebing. Disarankan juga membawa dan memasang flysheet untuk berteduh serta membawa bekal atau peralatan masak karena di sini tidak terdapat warung. Sebelum melakukan aktivitas di sini, kamu perlu menghubungi BMU Organizer di nomor 082322130171 untuk mendapatkan informasi dan pengarahan lebih lanjut.

Ketiga olahraga yang cukup menantang di atas tentunya memberikan pengalaman berbeda untuk liburanmu di Wonosobo. Jadi, persiapkan jauh-jauh hari untuk merasakan pengalaman ini.

  • Bagikan
2 7

You cannot copy content of this page