Agrowisata Tanjungsari, Destinasi Wisata Edukasi di Wonosbo

  • Bagikan
Agrowisata Tanjungsari
Agrowisata Tanjungsari via doyanjalanjajan.com

Agrowisata Tanjungsari berlokasi di Desa Sedayu, Kecamatan Sapuran, Kabupaten Wonosobo. Dari pusat kota, tempat ini dapat dijangkau dalam waktu tempuh sekitar 25 menit menggunakan kendaraan bermotor.

Kebun teh ini dibuka setiap hari selama 24 jam sedangkan area taman rekreasi dibuka mulai pukul 8 pagi hingga 5 sore. Suasana di Tanjungsari lebih hangat karena berada di ketinggian 800 mdpl dibandingkan Agrosiwata Tambi wonosobo yang ada di ketinggian 1.400 mdpl.

Harga Tiket dan Fasilitas

Tempat wisata agro ini dikelola oleh Dinas Pariwisata Daerah dan swasta. Fasilitas yang ada pun lumayan lengkap, meliputi tempat parkir, kolam renang, musala, toilet, resto, dan tempat camping. Agrowisata Tanjung sari juga memiliki fasilitas rumah pohon, warung, toilet, kolam renang, dan lintasan motorcross.

Masuk ke area kebun teh saja, tidak dipungut biaya, tetapi jika ingin ke agrowisata Tanjungsari dikenakan tiket sebesar Rp5.000 per orang. Untuk parkir sepeda motor dikenakan biaya Rp3.000 dan mobil Rp5.000.

Baca Rekomendasi :   4 Jalur Pendakian Favorit ke Puncak Gunung Prau

Aktivitas Menarik di Kebun Teh Tanjungsari.

Agrowisata Tanjungsari
Agrowisata Tanjungsari via doyanjalanjajan.com

Supaya tidak bingung, rencanakan aktivitas apa saja yang akan dilakukan selama berada di kebun teh ini. Perencanaan yang baik juga akan memudahkan kamu menentukan perlengkapan apa saja yang perlu dibawa. Misalnya perlengkapan fotografi, perlengkapan piknik, ataupun perlengkapan renang.

Kamu juga perlu membagi waktu jika dalam satu hari ada beberapa tempat wisata yang ingin dijelajahi. Berikut ini beberapa agenda yang bisa kamu lakukan dalam satu tempat di kebun teh Tanjungsari ini.

1. Piknik bersama keluarga

Tempat wisata ini cocok untuk piknik dan makan-makan bersama keluarga. Bawalah bekal dan alas duduk yang nyaman, bekal yang mencukupi, dan alat musik agar suasana piknik semakin menyenangkan.

2. Berburu foto

Agrowisata Tanjungsari memiliki taman bunga dan berbagai spot menarik seperti taman labirin dan terowongan teh. Tempat-tempat ini memang sengaja disediakan untuk berswafoto ataupun foto berramai-ramai sehingga kamu pun mudah menemukan sudut-sudut terbaik.

Baca Rekomendasi :   Lubang Sewu Erorejo, Hasil Fenomena Alam yang Jadi Tempat Wisata

Namun, ketika berfoto di tengah kebun teh kamu harus berhati-hati. Jangan menginjak tanaman, memetik daun, ataupun mematahkan dahan tanaman teh. Hindari meletakkan barang apa pun termasuk handphone di atas tajuk teh supaya tidak merusak pucuk teh.

3. Bermain di wahana permainan

Di Tanjungsari terdapat wahana permainan anak-anak seperti kora-kora, bianglala, dan kereta api. Bagi penyuka olahraga ekstrem, di sini juga disediakan sirkuit grasstrack untuk balap motor trail. Ada juga kolam renang yang jernih. Akan tetapi, karena udara di sini cukup sejuk, berenang tidak disarankan bagi kamu yang alergi dingin.

4. Staycation di cottage

Sebelum berwisata ke kebun teh Tanjungsari, ada baiknya kamu melakukan beberapa persiapan. Misalnya jika ingin menginap, tentukan tempatnya dan berapa lama akan menginap di sana. Tak jauh dari agrowisata ini terdapat homestay dan penginapan. Namun, jika ingin menginap di kawasan kebun teh, kamu bisa memilih cottage dengan tujuh kamar yang ada di sini.

Baca Rekomendasi :   Asyiknya Berkemah dan Berburu Foto Milky Way di Bukit Mbeser

5. Bersantai di Tea Corner

Ingin mencicipi teh hitam produksi PT Tambi? Kamu bisa mampir ke Tea Corner untuk bersantai dan minum teh. Selain lokasinya strategis dan mudah dicapai, tempat parkirnya pun luas. Selain teh, di sini juga tersedia makanan kecil seperti tempe kemul, tape goreng, jenang, mi rebus, mi goreng, dan carica.

Untuk mendapatkan pengalaman liburan yang menyenangkan di agrowisata Tanjungsari, usahakan kamu sampai ketika pagi. Bila dari luar kota, kamu bisa berangkat malam hari atau sebelum subuh, dengan pertimbangan jarak dari kotamu ke Wonosobo. Tentunya ini dilakukan supaya bisa melakukan banyak aktivitas di sini.

  • Bagikan
2 7

You cannot copy content of this page