Pendakian Gunung Sumbing Lewat Jalur Bowongso, Berapa Jam?

  • Bagikan
Gunung Sumbing
Gunung Sumbing

Gunung Sumbing terletak di tiga kabupaten yaitu Wonosobo, Temanggung, dan Magelang. Gunung ini biasa dijadikan pilihan untuk didaki ketika malam pergantian tahun. Puncak Gunung tertinggi kedua di Pulau Jawa dengan tinggi 3.371 mdpl ini dapat dicapai dari Bowongso, Banaran, Garung, Sipetung, Butuh Kaliangkrik, Mangli Kaliangkrik, dan Cepit.

Dari Wonosobo, jalur yang banyak dipilih ialah jalur Bowongso. Jalur ini dikenal lebih landai dan lebih sepi dibandingkan jalur populer lainnya yaitu jalur Garung. Medan yang dilalui juga cukup ramah bagi pendaki. Pendakian dari jalur Bowongso memakan waktu kurang lebih 7-8 jam sampai ke puncak.

Memilih jalur ini, kamu akan menjumpai hamparan sabana yang luas berwarna kuning keemasan ketika musim kemarau dan berwarna hijau segar ketika musim hujan.

Dari jalur ini, dapat tembus ke tiga puncak Gunung Sumbing yaitu Puncak Rajawali, Puncak Kawah, dan Puncak Buntu. Di Desa Bowongso, Anda dapat membawa pulang kopi Bowongso yang terkenal sebagai oleh-oleh.

Baca Rekomendasi :   Petak Sembilan Dieng, Tempat Terbaik Menikmati Talaga Warna

Rute Menuju Basecamp Bowongso

Untuk pendaki dari luar kota Wonosobo, dapat menaiki bus kecil yang akan membawa ke lokasi dengan tarif sebesar Rp25.000. Dari terminal Mendolo, jarak tempuhnya sekitar 60 menit. Lokasi basecamp Bowongso berada di sebelah kantor kepala desa Bowongso.

Sampai di basecamp, kamu perlu mengurus Simaksi di tempat registrasi. Untuk memudahkan komunikasi dengan basecamp, pendaki akan dibekali dengan Handy Talky. Selain itu, pendaki juga akan menerima peta rute, santan, dan kopi untuk bekal pendakian.

Perjalanan ke Puncak Sumbing via Bowongso

Gunung Sumbing
Gunung Sumbing

Setelah melakukan registrasi dan mendapatkan pengarahan dari petugas di basecamp, kamu dapat memulai perjalanan. Urutan perjalanannya yaitu sebagai berikut.

1. Basecamp­ РPos 1 Taman Asmara

Di basecamp banyak ojek yang menyewakan jasa pengangkutan sampai ke batas hutan atau parkiran Swadas dalam waktu 15 menit. Jika berjalan kaki, setidaknya memerlukan waktu 1 jam untuk mencapainya.

Baca Rekomendasi :   Agrowisata Tanjungsari, Destinasi Wisata Edukasi di Wonosbo

Dari batas hutan ke pos 1, kamu harus melewati perkebunan tembakau warga. Diperkirakan waktunya sekitar 30 menit dengan rincian dari parkiran Swadas ke Gardu Pandang, 10 menit dan dari Gardu Pandang sampai Pos 1 Taman Asmara, 20 menit.

2. Taman Asmara – Pos 2 Bogel

Trek yang dihadapi lebih menantang dan menguras tenaga. Jadi, perlu diselingi istirahat agar stamina tetap terjaga. Estimasi waktu yang diperlukan ialah sekitar 1,5 jam dengan rincian Pos 1 ke Camp Plalangan, 30 menit dan Camp Plalangan ke Pos 2 Bogel, 1 jam.

Di pos 2 Bogel ini terdapat sumber air yang dapat dimanfaatkan untuk mengisi ulang tempat air yang kamu bawa. Akan tetapi, di musim kemarau airnya sangat sedikit. Di sini juga bisa mendirikan tenda jika dirasa sudah terlalu malam untuk melanjutkan perjalanan.

3. Bogel – Pos 3 Zorro

Trek di sini mulai terjal dan panjang sehingga kamu perlu stamina lebih besar. Sabana Gunung Sumbing mulai terlihat dari sini. Sampai di Pos Gajahan, kamu harus waspada terhadap perubahan cuaca karena di sini tidak terdapat pepohonan melainkan hanya padang rumput yang luas.

Baca Rekomendasi :   5 Hal Menyenangkan yang Bisa Dilakukan di Agrowisata Tambi Wonosobo

Jika mendirikan tenda di sini, pasang pasak yang kuat dan lapisi dengan flysheet untuk mengantisipasi angin kencang. Waktu yang diperlukan dari Pos 2 – Camp Gajahan kira-kira 1 jam.

4. Pos 3 Zorro – Puncak Sejati – Puncak Rajawali

Berhasil mencapai puncak tentunya merupakan kegembiraan tersendiri ketika mendaki. Namun, untuk menjejakkan kaki ke puncak dari pos 3, kamu harus memiliki stamina yang kuat karena perjalananannya memakan waktu 3-4 jam.

Disarankan, kamu melakukan pendakian di malam hari untuk menghindari cuaca panas dan menghemat air selama perjalanan.

Estimasi waktu di atas hanya sebagai referensi. Bagaimana pun, pendakian tergantung pada kondisi alam dan kondisi fisik pendaki. Oleh sebab itu, pastikan kamu melakukan latihan fisik beberapa waktu sebelum pendakian.

  • Bagikan
2 7

You cannot copy content of this page