Saat Jasad Dikuburkan, Kemanakah Roh Manusia?

  • Bagikan
Saat Jasad Dikuburkan
Saat Jasad Dikuburkan via unsplash.com/@iluhaza

Ajal adalah sebuah kepastian yang akan mendatangi semua manusia bahkan semua makhluk. Saat ajal sudah datang, tidak akan ada yang bisa menghindari bahkan menghentikannya. Saat jasad dikuburkan, ke manakah roh? Apakah roh naik ke langit? Apakah roh bisa mengunjungi keluarganya?

Manusia terdiri dari jasad dan roh atau jiwa. Sebelum lahir ke dunia, Allah Subhanahu Wa Ta’ala telah menciptakan roh semua manusia yang ada di alam semesta, tepatnya disebut alam roh. Di alam ini para roh mengucapkan sumpah sebelum diutus ke dunia. Sumpah tersebut diabadikan dalam Alquran.

Dan ingatlah ketika Tuhanmu mengeluarkan dari sulbi tulang belakang anak cucu Adam keturunan mereka adalah mengambil kesaksian terhadap roh mereka Seraya Firman “Bukankah aku ini Tuhanmu mereka menjawab betul Engkau Tuhan kami akan menjadi saksi”. (kami lakukan yang demikian itu) agar di hari kiamat kamu tidak mengatakan: “Sesungguhnya kami (Bani Adam) adalah orang-orang yang lengah terhadap ini keesaan Tuhan Quran surah al-a’raf ayat 172.

Setelah meninggal dan Jasad Dikuburkan, kita penasaran kemanakah perginya roh? Apakah kembali ke alam roh? atau kemana?

Saat Jasad Dikuburkan
Saat Jasad Dikuburkan via unsplash.com/@iluhaza

Para sahabatpun pernah mempertanyakannya, tapi Allah Subhanahu Wa Ta’ala memerintahkan para nabi untuk menjawab pertanyaan seperti itu. Dengan jawaban bahwa roh itu adalah urusan dan rahasia Allah Subhanahu Wa Ta’ala.

Baca Rekomendasi :   Apakah di Surga Manusia Mengingat Kehidupan di Dunia?

Hal ini sesuai firman Allah Subhanahu wa ta’ala

Dan Mereka bertanya kepadamu tentang roh Katakanlah roh itu termasuk urusan Tuhanku Dan tidaklah kamu diberi pengetahuan melainkan sedikit. Quran surah al-isra ayat 85.

Ibnu qayyim mengatakan, bahwa sama halnya ketika masih hidup di dunia. Roh-roh, juga ada semakin bahagia dan sedih. Mereka tidak berada di suatu tempat, ada Roh yang tetap berada di bumi dalam keadaan hina. Ada juga yang berada di tempat yang mulia.

Roh orang-orang kafir ditolak oleh penduduk. Roh yang busuk muncul dari bumi, kemudian dikatakan lagi kepada dia

Bawalah roh yang busuk ini hingga batas yang terakhir Hadits Riwayat Muslim.

Karena bau busuk itu mereka tak mau diterima oleh para malaikat karena merasa terganggu.

Bahkan mereka berdoa kepada Allah subhana wa taala

Ya Allah jangan sampai itu naik keatas langit melalui pintu ini.

Orang-orang yang memiliki perilaku yang buruk akan dikatakan kepada mereka

Keluarlah wahai jiwa yang buruk, dahulu engkau berada di tubuh yang buruk. Keluarlah dalam kondisi hina. Beri kabar gembira dengan Hamim dan Gossak dan lainnya berbentuk berpasangan. Senantiasa dikatakan seperti itu sampai (rohnya) keluar kemudian dinaikkan ke langit. Tidak dibukakan baginya, dikatakan siapa ini? Dikatakan Fulan. Dikatakan tidak ada selamat datang dengan jiwa yang buruk dahulu di tubuh yang jelek. keluarlah dalam kondisi yang hina. Sesungguhnya dia tidak dibukakan pintu-pintu langit. Maka dilemparkannya dari langit kemudian sampai ke kuburan. HRt Ibnu Majah dan dishahihkan Al-Albani.

Roh orang yang penuh dengan maksiat tempatnya juga dipenuhi dengan siksaan. Roh berzina akan berada di sebuah lubang bernama Tano, yang bagian atasnya sempit dan bagian bawahnya longgar. Di bagian bawah akan dinyalakan api dan mereka akan berlomba untuk naik menghindari api tersebut.

Baca Rekomendasi :   Ustadz Adi Hidayat : 7 Tanda Allah Menginginkan Kamu Menjadi Ahli Surga

Tak berbeda jauh dengan pemakan riba, mereka akan berada di sungai darah. Mereka berenang dan berusaha menepis ketika akan sampai ketepi, mereka dilempari batu dan akhirnya harus kembali ke tengah.

Lalu bagi orang yang suka berbohong, akan digantung. mulutnya juga dirobek sampai ke tengkuk. Bagi orang kafir, mereka akan mendapat siksaan pula.

Roh mereka disiksa di alam kubur dengan siksaan yang pedih. Dia dipukul dengan gada oleh sesosok makhluk yang buta lagi tuli.  Andaikan Ghada juga itu dipukulkan ke gunung, niscaya gunung tersebut akan menjadi tanah. HR An-nasa’i

Karena itulah Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam ia menyuruh umatnya untuk berdoa agar dijauhkan dari siksaan kubur.

Hal ini sesuai sabda Nabi Muhammad Shallallahu Alaihi Wasallam.

Baca Rekomendasi :   5 Golongan yang Akan Lolos Melewati Jembatan Shiratal Mustaqim

Mohonlah perlindungan kepada Allah dari azab kubur karena sesungguhnya azab kubur itu benar ada. HR Muslim.

Berbanding terbalik dengan roh orang-orang mukmin. Dalam hadits al-bara’, Rasulullah Shallallahu Alaihi Wa Sallam menceritakan mengenai perlakuan istimewa para malaikat kepada ruh orang mukmin. Para Malaikat bershalawat dan mendoakan untuk kebaikan roh tersebut.

Para Malaikat akan membuka pintu surga dengan senang hati. Kain kafan dan wangi-wangian yang dipakai ruh itu menyebarkan wangi yang semerbak. Ruh orang mukmin akan diberikan kabar gembira oleh para malaikat. Segala kebaikan diberikan kepadanya.

Namun sangat berbeda dengan ruh orang kafir roh. Orang kafir akan menerima kabar bahwa neraka telah menunggunya. 

Untuk lebih jelasnya, kamu bisa menonton dan mendengarkan penjelesan dari Youtube Islam Populer. Saat Jasad Dikuburkan, Kemanakah Roh Manusia?. Tonton vidionya, agar tidak sesat.

  • Bagikan
2 7

You cannot copy content of this page