Apa yang Terjadi Jika Sebuah Dosa Dibalas Langsung di Dunia?

  • Bagikan
Dosa Dibalas Langsung di Dunia
Dosa Dibalas Langsung di Dunia

Ada berbagai aktivitas yang kita lakukan dalam sehari-hari. Di antara aktivitas keseharian kita, bisa saja ada perbuatan yang mengandung dosa. Hanya saja selalu diabaikan karena dianggap sepele. Lagi pula tidak merasakan langsung balasan dari dosa yang telah diperbuat.

Misalnya melakukan korupsi, sang koruptor malah merasa hidupnya baik-baik saja meski telah mengambil dan menyalahgunakan uang rakyat. Seperti di kutip Bapermulu.com dari Youtube Islam Populer. Berikut penjelasannya.

Lantas Apakah setiap perbuatan dosa mendapat ganjaran? Mengapa balasan dosa ditunda? Apa yang terjadi jika setiap dosa dibalas langsung di dunia?

Setiap perbuatan buruk pasti akan dibalas sesuai kadar keburukannya diperbuat. Tidak ada satupun perbuatan manusia yang tidak diberi perhitungannya, sebab Allah Subhanahu Wa Ta’ala Maha Melihat lagi maha mengetahui segalanya.

Kepastian balasan dari perbuatan buruk ini sudah dijelaskan di dalam al-qur’an. Allah subhanahu wa ta’ala berfirman.

Jika kamu berbuat baik berarti kamu berbuat baik bagi dirimu sendiri dan jika kamu berbuat jahat, maka (kejahatan) itu bagi dirimu sendiri, dan apabila datang saat hukuman bagi (kejahatan) yang kedua. (Kami datangkan orang-orang lain) untuk menyiramkan muka-muka kamu dan mereka masuk ke dalam masjid, sebagaimana musuh-musuhmu memasukinya pada kali pertama dan untuk membinasakan sehabis habisnya apa saja yang mereka kuasai (Quran surah al-isra ayat 7)

Perlu diketahui bahwa kenikmatan duniawi tidak sepenuhnya membuat hidup orang tentram.

Kedamaian dan ketenangan hidup, hanya akan diperoleh oleh orang yang mengingat Allah subhanahu wa ta’ala. Dengan mengingat Allah, maka tentu jauh dari melakukan perbuatan dosa. Allah subhanahu wa ta’ala berfirman,

Baca Rekomendasi :   Saat Jasad Dikuburkan, Kemanakah Roh Manusia?

Yaitu orang-orang yang beriman dan hati mereka menjadi tenteram dengan mengingat Allah. Ingatlah, hanya dengan mengingat Allah-lah hati menjadi tenteram. Quran surah ar-ra’d ayat 28

Orang yang suka berbuat dosa dan maksiat jauh dari mengingat Allah Subhanahu Wa Ta’ala.

Dosa Dibalas Langsung di Dunia
Dosa Dibalas Langsung di Dunia dok @nate_dumlao

Maka bisa saja secara lahir senang, namun batinnya terusik dan gelisah. Jangan pernah merasa, bahwa tidak akan ada pertanggungjawaban atas segala yang pernah diperbuat di dunia. Semuanya itu diawasi dan akan diperhitungkan untuk diberi balasan.  Anggota tubuh sendiri kelak yang akan bersaksi. Allah subhanahu wa ta’ala berfirman dalam al-qur’an.

Pada hari ini kami tutup mulut mereka; dan berkatalah kepada kami tangan mereka dan memberi kesaksian lah kaki mereka terhadap apa yang dahulu mereka usahakan. Quran surah Yasin ayat 65

Seseorang yang imannya bagus, maka akhlaknya pun juga terjaga. Yakin, bahwa allah subhanahu wa ta’ala Maha Melihat. atas segala tindak-tanduk yang dilakukan. Allah subhanahuwata’ala mengawasi perbuatan dan mencatat apa-apa yang dilakukan selama hidup didunia. Allah subhanahu wa ta’ala berfirman.

Baca Rekomendasi :   Ukhty! Ini 8 Sifat Wanita yang Paling Disukai Allah

Kamu tidak berada dalam suatu keadaan dan tidak membaca suatu ayat dari Alquran dan kamu tidak mengerjakan suatu pekerjaan, melainkan kami menjadi saksi atasmu di waktu kamu melakukannya.  Tidak luput dari pengetahuan Tuhanmu biarpun sebesar Zarah (atom) di bumi maupun di langit. Tidak ada yang lebih kecil dan tidak (pula) yang lebih besar dari itu, melainkan semua tercatat dalam kitab yang nyata lauful Mahfudz Quran surah Yunus ayat 61.

Maka dari itu, berhati-hatilah dalam menjaga perbuatan kita. siapa yang mengerjakan perbuatan dosa bahkan tidak bisa lepas dari balasannya. 

Semuanya akan mendapat ganjarannya di akhirat kelak. Bisa jadi alasan orang sulit meninggalkan perbuatan dosa karena tidak langsung mendapat balasan. Ada perbuatan dosa yang balasannya ditunda. Allah Subhanahu Wa Ta’ala, memberi kesempatan untuk bertaubat dari perbuatan dosa yang telah dilakukan.

Kesempatan bertobat ini, menjadi bentuk kasih sayang Allah subhanahu wa ta’ala kepada hambaNya. Bahkan seorang hamba yang bertaubat bisa saja mendapat surga. Janji Allah Subhanahu Wa Ta’ala bagi hambanya hijrah dari perbuatan dosa.  Dijelaskan di dalam al-qur’an, Allah subhanahu wa ta’ala berfirman.

Hai orang-orang yang beriman, bertaubatlah kepada Allah dengan taubatan nasuha (Taubat yang semurni-murninya), mudah-mudahan Rabbmu akan menutupi kesalahan-kesalahanmu dan memasukkanmu ke dalam Jannah yang mengalir di bawahnya sungai-sungai, pada hari ketika Allah tidak menghinakan Nabi dan orang-orang mukmin yang bersama dia; sedang cahaya mereka memancar dihadapayn dan di sebelah kanan mereka sambil mereka mengatakan; Ya Rabb kami, sempurnakanlah bagi kami cahaya kami dan ampunilah kami, Sesungguhnya Engkau Maha Kuasa atas segala sesuatu (Qs. At Tahrim:8)

Sesungguhnya Allah Subhanahu Wa Ta’ala maha mengetahui, apa yang ada di dalam hati setiap orang yang bertaubat. Allah Subhanahu Wa Ta’ala, hanya menerima tobat orang yang bersungguh-sungguh, bukan mempermainkan dan Pendusta.

Baca Rekomendasi :   Apakah di Surga Manusia Mengingat Kehidupan di Dunia?

Sesungguhnya perbuatan buruk yang kerap kali dilakukan itu terjadi, dikarenakan kelemahan Iman. Bertaubat wajib dilakukan seseorang, terhadap semua dosa dilakukannya. Baik dosa yang berkaitan dengan Allah subhanahuwata’ala, maupun dosa kepada sesama manusia. Keduanya harus diselesaikan dengan caranya masing-masing.

Jika seorang muslim melakukan dosa yang berkaitan dengan manusia. Maka untuk bertaubat darinya memerlukan dua syarat yaitu Ridha dari mereka yang terzhalimi dan membayar kewajiban kepada mereka yang berhak.

Terus bagaimana selanjutnya? Kamu bisa langsung menontonnya di akun Youtube Islam Populer. Apa yang Terjadi Jika Sebuah Dosa Dibalas Langsung di Dunia?. Tonton vidionya, agar tidak sesat.

  • Bagikan
2 7

You cannot copy content of this page