Embung Kledung, Destinasi Wisata yang Menawarkan Aktivitas Menarik

  • Bagikan
Embung Kledung
Embung Kledung

Embung Kledung merupakan tempat wisata alam di Temanggung yang lokasinya tak jauh dari Kabupaten Wonosobo yaitu di Kecamatan Kledung. Lokasi tepatnya di Jalan Raya Parakan-Wonosobo, Tlahab, Kledung, Temanggung.

Jika kamu berkendara dari arah Wonosobo, perlahankan kendaraan atau perhatikan sebelah kiri setelah melewati Kledung Pass karena dari arah tersebut papan nama tempat wisata tidak terlihat.

Dari jalan raya, kamu perlu masuk mengikuti petunjuk jalan melewati kebun tembakau dan sayuran milik warga. Sepanjang perjalanan pun kamu dapat berfoto dan menikmati segarnya udara pegunungan.

Aktivitas Rekreasi di Embung Kledung

Seperti namanya, tempat wisata ini menyuguhkan daya tarik utama berupa embung atau danau buatan dengan pemandangan Gunung Sindoro di belakangnya. Udara di sini cukup sejuk, apalagi ketika kabut sudah mulai turun.

Di sekitar embung, pengelola menyediakan fasilitas penunjang yang lengkap. Inilah beberapa aktivitas rekreasi yang bisa dilakukan di Embung Kledung.

Baca Rekomendasi :   Gunung Kendil, Cocok untuk Pendaki Pemula di Temanggung

1. Berkemah

Berkemah di sini, kamu bisa menyaksikan indahnya matahari terbit dan tenggelam di tepi embung dengan pemandangan gunung Sindoro dan Sumbing serta perkebunan tembakau.

Tak perlu repot membawa peralatan sendiri karena tersedia penyewaan tenda dan perlengkapan camping seperti matras, sleeping bag, tenda, kompor, flysheet, hingga kayu bakar. Harga sewa tenda pun tak terlalu mahal yaitu Rp60.000 untuk kapasitas 4 orang dan Rp80.000 untuk tenda berkapasitas 6 orang.

2. Memberi Makan Ikan

Pengelola juga menyediakan aktivitas memberi makan ikan untuk ikan air tawar yang ada di embung. Pengunjung dapat membeli pakan ikan yang tersedia di loket dan memberi makan ikan sambil bersantai di tepi embung, boleh juga membawa pakan ikan dari rumah.

3. Berfoto

Spot foto yang menarik seperti tulisan Embung Kledung dari botol, jembatan, dan ayunan berupa meja dan kursi di atas embung.

Baca Rekomendasi :   Mengintip Suasana Pasar Tempo Dulu di Pasar Papringan Ngadiprono

Bila tidak ramai pengunjung, kamu bisa mencicipi rasanya duduk-duduk di atas ayunan ini sambil menyeruput kopi. Di tepi danau buatan ini juga terdapat hammock yang bisa digunakan untuk bersantai.

4. Piknik dan Outbound

Embung Kledung juga cocok dijadikan lokasi piknik dan bermain permainan outdoor karena memiliki area tanah lapang yang berumput. Kamu dapat menggelar tikar dan menikmati bekal  sambil merasakan sejuknya udara pegunungan serta pemandangan yang indah.

Bila hujan, pengunjung tidak perlu khawatir karena ada beberapa pondok beratap yang dapat digunakan untuk berteduh. Tenda yang tidak digunakan pun dapat menjadi penyelamat ketika hujan.

Harga Tiket Masuk dan Fasilitas Embung Kledung

Tiket masuk ke tempat ini cukup murah yaitu hanya Rp7.000 per orang dan parkir kendaraan mulai Rp3.000. Tempat wisata ini buka mulai pukul 5 pagi hingga pukul 6 sore.

Fasilitas di sini cukup lengkap, termasuk di dalamnya ada toilet, musala, dan warung yang letaknya tak jauh dari loket. Sebelum menaiki tangga ke area telaga kamu bisa mengisi perut terlebih dahulu dengan bakso atau siomay, serta membeli makanan dan minuman ringan.

Baca Rekomendasi :   3 Tempat Wisata Untuk Kamu Pecinta Air di Temanggung

Pilihlah waktu terbaik untuk datang ke sini yaitu di pagi hari karena cuaca masih cerah dan tidak berkabut, juga belum terlalu panas. Dengan begitu, kamu bisa berfoto-foto sampai puas tanpa khawatir silau oleh sinar matahari.

Bawalah jaket serta jas hujan atau payung jika datang ke sini ketika musim hujan. Selain itu, bawa camilan dan air minum secukupnya. Jika datang bersama teman-teman dan keluarga, kamu bisa mengadakan acara makan bersama, BBQ, ataupun aktivitas outbound.

Tertarik singgah di Embung Kledung? Segera agendakan dalam kunjunganmu ke Temanggung. Kamu juga bisa mengunjungi destinasi lainnya di Temanggung loh. Sebut saja Wisata alam posong.

  • Bagikan
2 7

You cannot copy content of this page