Gunung Kendil, Cocok untuk Pendaki Pemula di Temanggung

  • Bagikan
Gunung Kendil
Gunung Kendil dok Meizal Rossi

Selain Gunung Sindoro dan Sumbing yang sudah terkenal di kalangan pendaki, Temanggung juga memiliki destinasi wisata serupa untuk dijelajahi yaitu Gunung Kendil. Letaknya yaitu di Desa Sepakung, Temanggung. Gunung dengan ketinggian 1.800 mdpl ini sekilas tampak seperti bukit sehingga dikenal juga dengan sebutan Bukit Sikendil.

Sejak era kolonial Belanda, Gunung Kendil telah dijadikan sebagai tempat latihan militer. Namun, setelah tempat latihan militer dipindahkan ke Magetan, kawasan Gunung Kendil dan sekitarnya diubah menjadi tempat wisata.

Rute Pendakian Gunung Kendil

Gunung Kendil biasa menjadi pilihan pendaki pemula karena jaraknya dari kaki gunung sampai ke puncak cukup dekat. Jadi, jika kamu ingin melihat panorama matahari terbit, dapat mendaki gunung setelah waktu shalat subuh.

Jalur pendakian juga cukup lebar dan mudah dilalui disertai papan petunjuk jalan sehingga memudahkan pendaki untuk melewatinya. Hanya terdapat satu tanjakan cukup terjal sebelum puncak. Tetapi, pengelola sudah menyediakan tali untuk berpegangan. Meski begitu, pendaki tetap harus berhati-hati ketika melalui jalur pendakian.

Baca Rekomendasi :   Embung Kledung, Destinasi Wisata yang Menawarkan Aktivitas Menarik

Pendakian dapat dimulai dari Basecamp pendakian Sikendil via Sibajag di desa Sibajag, Kecamatan Candiroto, Temanggung. Letak basecamp ini dekat perbatasan dengan Kabupaten Wonosobo sehingga akses menuju ke sana lebih mudah dan lebih cepat jika dari arah Wonosobo. Dari pusat kota Wonosobo jaraknya hanya sekitar 20km dapat ditempuh dalam waktu 35 menit.

Rute yang dapat ditempuh yaitu melewati rute menuju Dieng, setelah sampai di pertigaan Rejosari belok kanan. Ikuti jalur menuju Kebun Teh Tambi, setelahnya kamu akan sampai di basecamp di Desa Sibajak, Temanggung.

Jika menggunakan transportasi umum, kamu dapat menaiki bus mini dan turun di pertigaan Rejosari lalu naik ojek dengan tarif sekitar Rp25.000 untuk sampai ke basecamp.

Sampai di basecamp, kamu perlu membayar retribusi pendakian yaitu Rp10.000 per orang. Untuk yang membawa kendaraan, disediakan tempat parkir dengan tarif Rp5.000 untuk sepeda motor dan Rp15.000 untuk mobil.

Baca Rekomendasi :   Wana Wisata Jumprit, Destinasi Apik Nan Sejuk di Lereng Gunung Sindoro

Sampai di basecamp, kamu perlu melakukan registrasi dan melanjutkan pendakian melalui perkampungan penduduk sampai gapura menuju ke gunung. Perjalan ke puncak memakan waktu antara 30 menit hingga 1 jam. Sebelum mendaki, pastikan kamu datang ketika cuaca cerah, karena ketika hujan jalannya cukup licin. Pakailah sandal gunung atau sepatu tracking yang anti selip. Jika ingin menginap di sana, pastikan membawa peralatan lengkap dan bekal makanan dan minuman yang mencukupi.

Keindahan Panorama di Puncak Gunung Kendil

Dari puncak gunung, kamu bisa memandang keindahan gunung Sindoro serta keindahan panorama matahari terbit dan tenggelamnya. Ketika matahari terbit, dari puncak terlihat puncak-puncak gunung tinggi di Jawa Tengah seperti Gunung Ungaran, Andong, Telomoyo, Lawu, Merbabu, Merapi, Sindoro, Sumbing, dan Gunung Slamet.

Baca Rekomendasi :   Curug Surodipo, Tempat Bersejarah yang Kini Jadi Wisata Alam

Meskipun tidak tinggi, kemah di Gunung Kendil cukup diminati karena tempat berkemahnya cukup luas. Ketika cuaca cerah di malam hari, kamu bisa menikmati indahnya bintang-bintang bertaburan. Selain pemandangan alam yang indah, penduduk desa di sekitar Gunung Kendil juga dikenal ramah kepada wisatawan.

Berwisata ke gunung Kendil, selain mendaki sampai puncak pengunjung juga dapat melakukan berbagai aktivitas seperti memancing di kolam pemancingan ikan dan latihan menembak. Di sini juga terdapat arena balap mobil offroad dan motorcross yang dapat digunakan. Selain itu juga terdapat bekas lahan galian C yang menjadi pemandangan eksotis yang memanjakan mata.

Nah, untuk kamu yang sudah lama tidak melakukan aktivitas pendakian, Gunung Kendil dapat menjadi alternatif pemanasan dan melatih otot-otot kaki sebelum kembali menaklukkan gunung-gunung yang tinggi. Jangan lupa siapkan peralatan kemah dan ajak teman-teman supaya pendakian semakin seru.

  • Bagikan
2 7

You cannot copy content of this page