5 Golongan Orang yang Rajin Shalat Tetapi Masuk Neraka

  • Bagikan
Rajin Shalat Tetapi Masuk Neraka
Rajin Shalat Tetapi Masuk Neraka dok Pexels.com/RODNAE Production

Sholat merupakan salah satu kewajiban seorang ummat muslim. Kita harus menjalankan salat wajib lima waktu seperti yang diperintahkan oleh Allah subhanahuwata’ala.  Shobat tersebut akan meningkatkan keimanan serta ketakwaan kita.

Dengan begitu pahala melimpah pun akan kita dapatkan dan akan semakin dekat untuk menjadi salah satu penghuni surga. Namun setan akan  selalu mengganggu umat manusia, rasa malas yang datang dan padatnya kegiatan, sehingga melupakan untuk menjalankan salat menjadi salah satu cobaan yang akan diterima setiap umat muslim.

Dengan rajin dalam menjalankan salat, diri kita akan mendapatkan kemudahan didunia maupun diakhirat.

Tetapi ada beberapa golongan yang akan masuk neraka meskipun rajin dalam menjalankan shalat. Lalu golongan orang seperti apakah itu sahabat beriman? Berikut inilah lima golongan rajin shalat tapi masuk neraka.

1. Rajin sholat tetapi mempercayai dukun

Rajin Shalat Tetapi Masuk Neraka
Rajin Shalat Tetapi Masuk Neraka dok Pexels.com/RODNAE Production

Zaman  sekarang ini masih banyak dukun yang beredar di sekitar kita. Godaan dunia seperti harta, wanita, dan Tahta membuat beberapa orang gelap mata dan ingin mendapatkan itu semua. Dalam ajaran islam sendiri, jika kita ingin mendapatkan segala yang kita inginkan, maka kita bisa berusaha dengan keras yang dibarengi dengan doa yang terus dipanjatkan kepada Allah ta’ala.

Hal ini menjadi ujian untuk diri kita, agar selalu bersabar dalam menjalani kehidupan dan menunggu keindahan di akhir nantinya. Ada salah satu golongan orang yang rajin dalam shalatnya tetapi masih mempercayai dukun, segala sesuatu yang diperintahkan dukun dikerjakan untuk mendapatkan kemudahan di dunia ini.

Dalam Islam, orang tersebut masuk ke dalam golongan orang yang menjadi penghuni neraka. Walaupun rajin dalam shalat tetapi mempercayai dukun adalah perbuatan musyrik yang selalu dibenci oleh Allah ta’ala.

Hal ini pun dijelaskan dalam hadits,

Barangsiapa yang mendatangi tukang ramal atau dukun kemudian ia membenarkan apa yang dikatakannya itu, maka sesungguhnya ia telah ingkar terhadap apa yang telah diturunkan kepada Nabi Muhammad Sallallahu Alaihi Wasallam. (HR. Abu Daud at-tirmidzi dan Ibnu Majah dosa.

Dosa dari seseorang yang berbuat musyrik pun sangat besar. Allah Subhanahu Wa Ta’ala tidak akan mengampuni hambanya yang sedang melakukan perbuatan tersebut. Dosa itu, akan selalu menempel di dirinya dan akan dipertanggungjawabkan di akhirat nantinya. Seperti yang dijelaskan dalam alquran,

Baca Rekomendasi :   5 Keuntungan Single Di Bulan Ramadhan, Semoga Lillah ya!

Sesungguhnya Allah tidak akan mengampuni (dosa) karena mempersekutukannya atau Syirik, dan dia mengampuni apa dosa yang selain (Syirik) itu bagi siapa yang dia kehendaki. Barang siapa mempersekutukan Allah, maka sungguh, dia telah berbuat dosa yang besar. (QS An-nisa:48)

Maka dari itu sahabat beriman, jangan termakan rayuan setan lalu melakukan perbuatan musyrik. Hal ini bisa menutup pintu surga untuk diri kita dan Azab yang akan pedih akan diterima di akhirat nantinya.

2. Shalat tetapi sering bergunjing.

Tanpa disadari, saat ini membicarakan keburukan orang lain sudah menjadi hal yang lumrah dan dilakukan oleh banyak orang. Bahkan banyak acara televisi, yang menyajikan hal tersebut dalam bentuk yang menarik. Tentunya hal tersebut membuat Orang beranggapan jika membicarakan keburukan orang atau bergunjing ini sesuatu hal yang wajar terjadi.

Namun patut disadari, kita bergunjing diri kita akan menjadi penghuni neraka walaupun rajin dalam menjalankan salat. Hal ini pun dijelaskan dalam alquran,

Apakah yang memasukkan kamu ke dalam saqar (neraka)? Mereka menjawab, “Kami dahulu tidak termasuk orang-orang yang mengerjakan shalat, dan kami (tidak) pula memberi makan orang miskin, dan adalah kami membicarakan yang bathil, bersama dengan orang-orang yang membicarakannya, dan adalah kami mendustakan hari pembalasan hingga, datang kepada kami kematian”.  Maka tidak berguna lagi bagi mereka syafaat dari orang-orang yang memberikan syafaat. QS – Al Mudatsir: 42-48).

Tentunya kita tidak mau, bahwa ibadah yang kita lakukan di dunia ini menjadi sia-sia. Semua itu bisa, terjadi karena adanya rayuan setan yang menghasut diri kita untuk melakukan perbuatan dosa. Meningkatan keimanan serta ketaqwaan menjadi kunci untuk tahan dari godaan setan.

Baca Rekomendasi :   Ukhty! Ini 8 Sifat Wanita yang Paling Disukai Allah

Bergunjing pun disamakan dengan memakan bangkai daging saudaranya sendiri. Seperti dijelaskan dalam alquran.

Hai orang-orang yang beriman, jauhilah kebanyakan purbasangka (kecurigaan), karena sebagian dari purbasangka itu dosa. Dan janganlah mencari-cari keburukan orang dan janganlah menggunjingkan satu sama lain. Adakah seorang diantara kamu yang suka memakan daging saudaranya yang sudah mati? Maka tentulah kamu merasa jijik kepadanya. Dan bertakwalah kepada Allah, Sesungguhnya Allah Maha Penerima Taubat lagi Maha Penyayang. QS – Al Hujurat:12)

3. Shalat tetapi mengabaikan anak yatim.

Sebagai seorang muslim, kita harus memperhatikan keadaan saudara yang ada disekitar. Saat ada anak yatim di sekitar kita, maka sudah menjadi kewajiban untuk menolongnya saat mengalami kesulitan. Kita dianjurkan untuk memiliki rasa empati terhadap sesama umat Islam.

Hal ini dijelaskan dalam hadis,

Perumpamaan orang yang beriman dalam hal saling mencintai, mengasihi dan menyayangi bagaikan satu tubuh. Apabila salah satu anggota tubuhnya sakit, maka seluruh tubuhnya juga akan merasakan sakit dengan tidak bisa tidur dan demam. (Hadits Riwayat Bukhari dan Muslim)

Jika kita tidak peduli dengan saudara kita dan anak yatim yang sedang kesulitan maka surga tidak akan terbuka pintunya untuk kita semua.

4. Shalat tetapi sering berdusta.

Berdusta merupakan perbuatan dosa yang sangat besar dimata Allah ta’ala. Sebagai umat yang beriman, kita pun dilarang untuk melakukan perbuatan tersebut. Neraka akan menjadi tempat bagi umat yang berdusta selama hidupnya.

Meskipun seseorang tersebut rajin dalam menjalankan salat dan melakukan ibadah lainnya. Tetapi masih melakukan perbuatan dusta, maka surga tidak akan terbuka untuknya. Semua ibadahnya pun akan sia-sia, kebohongan dan kedustaan nya akan menghapus semua pahala yang telah dikumpulkannya.

Baca Rekomendasi :   Apakah di Surga Manusia Mengingat Kehidupan di Dunia?

Hal ini pun dijelaskan dalam alquran,

Sesungguhnya yang mengada-adakan kebohongan, hanyalah orang-orang yang tidak beriman kepada ayat-ayat Allah, dan mereka itulah orang-orang Pendusta. (QS An-Nahl Ayat 105)

Awal mula orang melakukan perbuatan bohong adalah untuk menghindari dirinya dari masalah yang ada. Mungkin dia bisa melewati masalah tersebut, tetapi hal tersebut akan menjadi sebuah kebiasaan. Lama-kelamaan kedustaan akan tumbuh dalam dirinya dan menganggap hal itu merupakan sesuatu yang wajar, tetapi ketahuilah kedustaan tersebut akan menjerumuskan kalian kedalam api neraka

5. Shalat tapi sering mabuk.

Menimum-minuman keras sangat jelas dilarang dalam ajaran islam, karena banyak sekali kerugian dari melakukan perbuatan tersebut. Dari emosi yang tidak terkendali, dan perbuatan yang berada diluar batas diri kita. Karena dalam keadaan mabuk, kita tidak akan bisa mengendalikan diri kita ini.

Larangan meminum alkohol juga dijelaskan dalam hadits.

Barangsiapa minum khamr, pasti Allah memberi minum kepadanya dari api panas neraka jahanam. (HR Al bazzar)

Semua ibadah yang kita lakukan seperti solat dan mengaji akan percuma, karena tidak akan dicatat oleh malaikat jika kita masih sering bermabuk-mabukan. tentunya ini menjadi sebuah kerugian yang luar biasa.  diri kita tidak akan tahu kapan akan mati dan kembali ke akhirat.

saat kita mati dalam keadaan tidak memiliki pahala ibadah, penyesalan pasti akan kita rasakan. namun karena sudah di akhirat semua akan menjadi sia-sia belaka.

Bagaiamana sahabat Bapermulu.com? Itu lah pembahasan mengenai 5 Golongan Orang yang Rajin Shalat Tetapi Masuk Neraka. Semoga kita dijauhkand dari golongan tersebut.

Artikel ini merupakan saduran dari akun Youtube Magenta Islam. Kamu bisa menonton vidionya di bawah ini.

  • Bagikan
2 7

You cannot copy content of this page