Curug Surodipo, Tempat Bersejarah yang Kini Jadi Wisata Alam

  • Bagikan
Curug Surodipo
Curug Surodipo

Selain terkenal dengan wisata alam posong, Temanggung juga mempunyai wisata alam air terjun yang cukup terkenal karena keindahannya yaitu Curug Surodipo. Curug ini berada di Desa Tawangsari, Kecamatan Wonoboyo, Kabupaten Temanggung.

Lokasinya terletak di tengah perbukitan dan lahan tanaman penduduk yang tertata rapi dan hijau. Wisatawan biasanya menikmati keindahan pemandangan air terjun ini dari kejauhan sambil bersantai di atas bebatuan yang ada di puncak bukit.

Sejarah di Balik Nama Curug Surodipo

Curug Surodipo memiliki kaitan dengan perjuangan Pangeran Diponegoro di Temanggung. Menurut cerita warga setempat, di sini dulu tinggal seorang anak buah Pangeran Diponegoro bernama Surodipo. Sebelumnya, Surodipo hidup berpindah-pindah sampai akhirnya menetap di Desa Batur yang lokasinya berdekatan dengan Sungai Trocoh atau di bawah curug.

Namun, karena suatu kejadian banjir yang menghanyutkan pemukiman, warga pindah ke bukit yang saat ini menjadi Desa Tawangsari. Curug di Sungai Trocoh ini kemudian dinamai Surodipo untuk mengenang perjuangannya.

Baca Rekomendasi :   Gunung Kendil, Cocok untuk Pendaki Pemula di Temanggung

Surodipo sendiri dipercaya merupakan salah satu panglima perang dalam Perang Jawa atau Perang Diponegoro pada tahun 1825-1830. Diceritakan juga bahwa Pangeran Diponegoro pernah berkunjung ke sana untuk mengumpulkan para panglima dan membahas siasat perang gerilya.

Bekas peperangan pada masa itu terlihat pada tumpukan batu sepanjang 200 meter di air terjun nomor lima. Ketika itu, batu-batu tersebut digunakan untuk berlindung dari serangan. Curug ini juga dikenal dengan nama Curug Trocoh. Disebut trocoh karena aliran air terjun ini selalu mengeluarkan air meskipun musim kemarau.

Mandi di Air Terjun dan Kemah di Curug Surodipo.

Curug Surodipo
Curug Surodipo

Air terjun ini berada di ketinggian kira-kira 1.200 mdpl. Meskipun cukup tinggi, aliran airnya tidak menimbulkan arus deras karena turun melalui bebatuan. Di bawahnya terdapat kolam alami yang tidak terlalu luas dengan berbagai bentuk batu di sekitarnya.

Curug terdiri dari lima tingkatan air terjun. Jarak antara satu air terjun dengan yang lain kira-kira 50 meter. Biasanya wisatawan hanya berhenti sampai tingkat paling bawah karena aksesnya paling mudah. Wisatawan juga tidak disarankan naik ke tingkat yang lebih tinggi tanpa didampingi pemandu.

Baca Rekomendasi :   Wisata Alam Posong, Destinasi Berkemah Bersama Teman-teman

Tiket Masuk, Jam Buka dan Operasional Curug Surodipo

Wisata alam Curug Surodipo buka setiap hari pukul 8 pagi hingga pukul 4 sore. Harga tiketnya cukup murah yaitu Rp4.000 per orang. Untuk parkir kendaraan dikenakan Rp5.000 untuk mobil dan Rp2.000 untuk sepeda motor.

Namun, untuk area perkemahan, kendaraan harus dititipkan di penginapan yang ada di desa dengan tarif Rp5.000 per sepeda motor. Selanjutnya wisatawan harus naik ojek menuju tempat kemah dengan tarif Rp10.000.

Di curug, kamu bisa bermain air dan merasakan kesegaran airnya. Jika ingin mencoba aktivitas yang menantang, cobalah trekking ke tingkat air terjun di atasnya. Karena tempat ini juga merupakan spot terbaik untuk menyaksikan pemandangan matahari terbit, tak ada salahnya kamu berkemah.

Baca Rekomendasi :   Embung Kledung, Destinasi Wisata yang Menawarkan Aktivitas Menarik

Berkemah Juga Menajdi Sensasi Tersendiri Loh di Curug Ini.

Berkemah di sini, wisatawan dikenakan tarif Rp15.000. Pengelola bekerjasama dengan pengelola basecamp pendakian Gunung Prau juga menyediakan perlengkapan kemah seperti tenda dengan biaya sewa Rp50.000 – Rp70.000. Jika ingin menggunakan jasa pemandu lokal selama kegiatan berkemah, kamu dapat membayar Rp100.000 untuk memandu rombongan dengan minimal 10 anggota menjelajahi kawasan air terjun.

Hal menarik lainnya, di dekat gerbang masuk menuju curug juga terdapat petilasan mata air yang dipercaya membawa keberuntungan bagi yang mengambil airnya. Tak jarang wisatawan dan warga yang lewat mengisi botol minuman dengan air mata air tersebut.

Sebagai tempat wisata yang terus dikembangkan, di tempat wisata Curug Surodipo disediakan fasilitas seperti taman, warung makanan dan minuman, dan gazebo. Dengan demikian, Curug Surodipo dapat menjadi tujuan wisata yang cocok untuk dikunjungi bersama teman-teman, keluarga, ataupun rombongan wisata.

  • Bagikan
2 7

You cannot copy content of this page