3 Amalan yang Paling Dicintai Allah Sesuai Sabda Rasulullah

  • Bagikan
Amalan yang Paling Dicintai Allah
Amalan yang Paling Dicintai Allah (Foto: Dok Okezone)

Manusia diciptakan untuk tujuan mulia, yaitu mengabdi dan beribadah kepada Allah ta’ala. Islam merupakan agama yang realistis karena sejalan dengan fitrah manusia. Allah ta’ala memilih Islam sebagai agama yang diridhoinya untuk meraih keselamatan dan kebahagiaan dunia dan akhirat.

Seorang hamba wajib mengimani dan melaksanakan semua syariatnya, yaitu al-qur’an dan sunnah Nabi. Ditambahin ijtihad para ulama, sebagaimana dalam Firman-Nya.

Sesungguhnya yang paling mulia di antara kalian disisi Allah adalah orang yang paling bertakwa. (Qur’an Surat Al-Hujurat ayat 13).

Berbicara tentang amal saleh, ada banyak amalan yang bisa mendatangkan Ridha Allah, Selain menghidupkan lima pokok rukun Islam.

Umat Islam harus melaksanakan apa yang dianjurkan oleh Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam dalam surah al-kahfi ayat 110 yang artinya.

Barangsiapa yang mengharap perjumpaan dengan Tuhannya maka hendaklah ia mengerjakan amal yang saleh dan janganlah ia mempersekutukan ibadah kepada Tuhannya dengan sesuatu pun.

Lantas apa saja kah amalan yang paling dicintai Allah ta’ala?

Amalan yang Paling Dicintai Allah
Amalan yang Paling Dicintai Allah (Foto: Dok Okezone)

Di lansir dari laman Youtube Insan Surga, berikut tiga amalan yang paling dicintai Allah subhanahuwata’ala.

Baca Rekomendasi :   7 Nama Pasukan Iblis dan Tugasnya Untuk Menggangu Manusia

1. Shalat Tepat Pada Waktunya.

Rajin Shalat Namun Justru Jauh Dari Allah SWT
Rajin Shalat Namun Justru Jauh Dari Allah SWT

Sholat merupakan rukun Islam kedua yang diwajibkan bagi umat Islam.  Dan ia menjadi tiang agama sebagaimana firman-nya.

sesungguhnya shalat memiliki waktu yang telah ditetapkan bagi orang yang beriman. (QS An-Nisa ayat 103)

Rasulullah Shallallahu Alaihi Wa Sallam juga pernah ditanya.

Amalan apakah yang paling afdhol? Beliau menjawab “shalat diawal waktunya”. Hadis Riwayat Abu Daud.

Urusan shalat adalah perkara serius. Dalam Islam shalat menjadi pembeda antara seorang muslim dan non-muslim dan merupakan perkara yang pertama kali dihisab pada hari kiamat.

2. Berbakti kepada orang tua.

Selain shalat diawal waktu, amalan yang paling dicintai Allah adalah berbakti kepada orang tua. Sebagaimana Allah berfirman dalam Alquran.

Baca Rekomendasi :   4 Golongan Manusia yang Diharamkan Masuk Surga

“Dan Kami perintahkan kepada manusia (berbuat baik) kepada dua orang ibu-bapaknya; ibunya telah mengandungnya dalam keadaan lemah yang bertambah-tambah, dan menyapihnya dalam dua tahun. Bersyukurlah kepada-Ku dan kepada dua orang ibu bapakmu, hanya kepada-Kulah kembalimu”. Q.S Luqman ayat 14.

Di ayat lain Allah berfirman.

Dan sembahlah Allah dan janganlah kamu mempersekutukan-Nya dengan sesuatu apa pun. Dan berbuat-baiklah kepada kedua orang tua, karib-kerabat, anak-anak yatim, orang-orang miskin, tetangga dekat dan tetangga jauh, teman sejawat, ibnu sabil dan hamba sahaya yang kamu miliki. Sungguh, Allah tidak menyukai orang yang sombong dan membanggakan diri di hadapan orang lain. (Quran Surat An-Nisa ayat 36).

Di dalam hadits disebutkan ada seorang lelaki yang meminta izin kepada Nabi Shallallahu Alaihi Wasallam untuk pergi berjihad.

Baca Rekomendasi :   Orang Tua Tidak Selalu Benar! Islam Wajibkan Anak Melawan Orang Tua Jika

Beliau bersabda, “apakah orangtuamu masih hidup?” Lelaki tadi menjawab, “Iya”. Nabi bersabda, “Kalau begitu datangilah keduanya dan berjihadlah dengan berbakti kepada mereka”.  (Hadits Riwayat Al-bukhari dan Muslim).

3. Jihad di jalan Allah.

Kedudukan  jihad di jalan Allah sangat besar dan keutamaannya dan diganjar pahala besar. Allah berfirman dalam surah al-hajj ayat 78 yang artinya.

Berjuanglah kalian di jalan Allah dengan perjuangan yang sebenar-benarnya Allah menjanjikan surga bagi mereka yang berjihad.

Rosulullah Shallallahu Alaihi Wasallam bersabda,

Wajib atas kalian berjihad dijalan Allah Ta’ala karena sesungguhnya jihad di jalan Allah itu merupakan salah satu pintu dari pintu-pintu syurga Allah akan menghilangkan dengannya dari kesedihan dan kesusahan.

Artikel ini merupakan tausiyah dari Insan Surga yang di sadur oleh Bapermulu.com. Berikut ini vidio lengkpnya dengan judul, Ini 3 Amalan Yang Paling Dicintai Allah Sesuai Sabda Rasulullah ﷺ.

  • Bagikan
2 7

You cannot copy content of this page