4 Golongan Manusia yang Diharamkan Masuk Surga

  • Bagikan
Manusia yang Diharamkan Masuk Surga
Manusia yang Diharamkan Masuk Surga

Surga merupakan tempat impian dimana semua orang menginginkan masuk surga ketika berada di alam keabadian. Oleh karenanya setiap orang berusaha memupuk keimanan dan ketaqwaan agar kelak bisa masuk surga. Akan tetapi tak semua orang dapat masuk ke tempat tersebut.

Allah subhanahuwata’ala bahkan mengharamkan empat golongan manusia untuk masuk ke dalam surga. Lalu siapa sajakah mereka?

Selama hidup dimuka bumi, manusia tentu melakukan banyak dosa. Terkadang dosa itu dipicu oleh nafsu tidak baik, alhasil secara sengaja atau mungkin khilaf, orang-orang melakukan dosa kecil atau besar.

Allah subhanahu wa ta’ala selalu membuka kesempatan kepada manusia untuk selalu bertaubat. Bagi orang yang bertaubat dan berbuat baik, maka akan dijanjikan surga. Namun ternyata ada lho golongan orang yang haram masuk surga. Saipa saja kah golongan manusia yang diharamkan masuk surga tersebut?

Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam bersabda,

Ada tiga orang yang Allah haramkan masuk surga: pecandu minuman keras, anak durhaka, dan laki-laki yang membiarkan tindak kekejian terjadi di tengah keluarganya. (HR. Ahmad).

Allah Subhanahu Wa Ta’ala telah menjanjikan kenikmatan tiada tara dan tak bisa terjangkau oleh bayangan manusia.

Manusia yang Diharamkan Masuk Surga
Manusia yang Diharamkan Masuk Surga

Namun untuk menggapai surga itu, ada harga yang harus kita bayar, yaitu ibadah dan amal kebajikan. Dan bagi mereka yang tak pernah beribadah, takkan sampai ia pada surga. Bahkan mencium bau surga pun ia tak bisa.

1. Pecandu minuman keras

Pecandu minuman keras atau barang-barang haram lainnya diharamkan masuk surga oleh Allah subhanahuwata’ala. Hal itu karena minuman keras mempunyai dampak buruk bagi kesehatan fisik dan berujung pada rusaknya organ tubuh manusia.

Baca Rekomendasi :   3 Amalan yang Paling Dicintai Allah Sesuai Sabda Rasulullah

Sabda Rasulullah,

Allah melaknat peminum khamr yang menyuguhkannya, yang menjualnya, yang membelinya, yang membuatnya, dan menyuruh membuat yang memanggul dan yang menerimanya hadis riwayat Abu Daud dan Ibnu Majah

Sesuatu yang memabukkan sangat berbahaya bagi seseorang yang mengkonsumsinya. Sungguh benar apa yang dikatakan oleh seorang peneliti, bahwa tidak ada bahaya yang lebih parah yang diderita manusia selain bahaya sesuatu yang memabukkan.

Kalau diadakan penelitian di rumah-rumah sakit, kebanyakan orang yang gila dan mendapat gangguan saraf disebabkan oleh sesuatu yang memabukkan. Kebanyakan orang yang bunuh diri atau membunuh orang lain disebabkan barang terlarang tersebut.

Untuk kesekian kalinya, Islam tetap bersikap tegas terhadap masalah minuman keras. Tidak dipandang minumannya sedikit atau banyak, kiranya miras telah cukup dapat menggelincirkan kaki manusia. Oleh karena itu sedikitpun tidak boleh disentuh bahkan memperdagangkan pun tetap diharamkan sekalipun.

2. Orang yang durhaka.

Allah Subhanahu Wa Ta’ala mengharamkan orang durhaka kepada orang tuanya untuk masuk ke dalam surga. Karena bagi seorang anak, surga berada pada keridhaan orang tuanya. Maka ketika orangtua sudah tidak Ridha dengan kedurhakaan anaknya, itu akan menjadi tiket masuk kedalam panasnya api neraka.

Allah subhanahu wa ta’ala berfirman,

Maka sekali-kali janganlah engkau mengatakan kepada keduanya perkataan ah’, dan janganlah engkau membentak keduanya, dan ucapkanlah kepada keduanya perkataan yang baik. (QS Al-Asra ayat 23).

Sesungguhnya jasa kedua orangtua terhadap anaknya sangatlah besar. Fakta ini tidak bisa diingkari oleh siapapun juga. Seorang ibu telah mengandung anaknya dalam keadaan lemah dan susah. Dia pun menyambung nyawa untuk melahirkan anaknya. Kemudian memelihara dan menyusui dengan penuh kelelahan dan perjuangan selama dua tahun lamanya.

Baca Rekomendasi :   Apakah di Surga Manusia Mengingat Kehidupan di Dunia?

Allah Azza wajalla memberitakan sebagian jasa tersebut dalam FirmanNya,

Kami perintahkan kepada manusia supaya berbuat baik kepada dua orang ibu bapaknya ibunya mengandung dengan susah payah dan melahirkannya dengan susah payah (pula) mengandungnya sampai menyapihnya adalah tiga puluh bulan. (Surat Al-Ahqaf ayat 15).

Demikian juga sang bapak menantang panas dan hujan guna mencukupi kebutuhan keluarganya. Sehingga tidak heran jika keduanya memiliki hak yang harus dipenuhi oleh sang anak. Bahkan hak orang tua itu menggiring hak Allah Azza wajalla.

Allah berfirman,

Beribadah kepada Allah dan janganlah kamu mempersekutukan-nya dengan sesuatupun dan berbuat baiklah kepada dua orang ibu-bapak. Quran Surat An-nisa Ayat 36.

3. Dayyuts.

Dayyust atau minimnya rasa cemburu dalam hal ini ditunjukkan dari seorang suami kepada anak dan istrinya. Ia tidak merasakan suatu dosa apabila anak ataupun istrinya melakukan perbuatan yang mengundang dosa.

Maka orang ini diharamkan masuk surga Allah Subhanahu Wa Ta’ala. Padahal peran sebagai seorang suami sekaligus Ayah, mencegah istri dan anaknya agar tidak masuk ke dalam api neraka. Makna ada dayuts adalah seorang suami atau bapak yang membiarkan terjadinya perbuatan buruk dalam keluarganya.

4. Perempuan yang menyerupai laki-laki.

Pada dasarnya setiap manusia diciptakan oleh kondisi yang sempurna. Allah subhanahu wa ta’ala berfirman.

Baca Rekomendasi :   Kenapa Fitnah Lebih Kejam Daripada Pembunuhan? Ini Penjelasannya

Sesungguhnya kami telah menciptakan manusia dalam bentuk yang sebaik-baiknya. Quran surat at-tin ayat 4

Artinya Bagaimana kondisi manusia diciptakan hakekatnya adalah bentuk yang paling baik menurut Allah subhanahuwata’ala. Jika Allah subhanahuwata’ala pemilik segala kesempurnaan berfirman demikian. Maka kita sebagai makhluk sungguh tak elok mencap wujud diri kita belum lah sempurna dan pantas di ubah-ubah.

Sehingga bisa dikatakan penciptaan laki-laki dan perempuan adalah sebuah fitrah yang tidak bisa dirubah. Soal mengubah ciptaan Allah ini, Nabi Shallallahu Alaihi Wasallam dengan sangat tegas melarangnya.

Nabi Shallallahu Alaihi Wasallam bersabda,

Allah subhanahuwata’ala melaknat wanita-wanita yang membuat tato, meminta ditato, mencabuti alis dan memperbaiki susunan giginya untuk mempercantik diri, yang telah merubah ciptaan Allah hadits riwayat Bukhari dan Muslim.

Soal lelaki yang berpenampilan dan berperilaku menyerupai wanita dan sebaliknya. Ulama sepakat jika hukumnya adalah haram. Hukumannya pun sangat keras yakni akan mendatangkan laknat dari Allah subhanahu wa ta’ala dan Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam.

Hal ini berdasarkan hadits dari Ibnu Abbas radhiallahu Anhu, ia berkata Rasulullah Shallallahu Alaihi Wa Sallam melaknat laki-laki yang menyerupai wanita dan wanita yang menyerupai laki-laki Hadits Riwayat Bukhari.

Dalam redaksi lain Nabi Shallallahu Alaihi Wasallam bersabda Allah melaknat laki-laki yang menyerupai wanita begitu pula wanita yang menyerupai laki-laki. Hadis riwayat Ahmad.

Nah, itu lah artikel tentang 4 Golongan Manusia yang Diharamkan Masuk Surga yang dikutip Bapermulu.com. Kamu bisa mendengarkan tausyahnya di Magenta Islam. Vidionya ada di bawah ini sahabat beriman.

  • Bagikan
2 7

You cannot copy content of this page