Hindari! 8 Dosa yang Menjadi Penghalang Bertemu Jodoh

  • Bagikan
Penghalang Bertemu Jodoh
Penghalang Bertemu Jodoh dok instagram@yemotret

Jodoh memang sudah menjadi rahasia Allah yang harus kita percayai. Karena rezeki jodoh dan maut adalah mutlak kekuasaan Allah subhanahu wa ta’ala. Sebagai manusia berkewajiban untuk berusaha dan berdoa untuk menjemput datangnya jodoh.

Berusaha dan berdoa juga harus dibarengi sifat berserah diri kepada Allah Subhanahu wa ta’ala dengan sepenuh hati, agar Allah akan mempermudah jalan bertemunya jodoh. Selain itu kita harus senantiasa memperbaiki diri dan mengoreksi diri kita sendiri.

Karena bisa jadi jodoh kita terhalang oleh sifat dan kesalahan dosa yang pernah kita perbuat tanpa disadari. Apa sajakah penghalang bertemu jodoh tersebut? Penasaran, seperti di lansir dari Bapermulu.com dari akun Youtube Insan Surga, berikut 8 Dosa yang Menjadi Penghalang Bertemu Jodoh.

 1. Syirik.

Salah satu dosa besar yang membuat kita sulit dapat jodoh yakni kepribadian suka syirik. Pada dasarnya syirik merupakan perbuatan menyekutukan Allah dengan selainnya. Jika seseorang memilih syirik untuk bisa mendapatkan jodoh dengan cepat. Ini adalah perbuatan yang salah. Jodoh ditangan Tuhan, dan jika kita menyekutukan Tuhan, maka bisa saja kamu malah dijauhkan dari jodoh.

Alangkah baiknya jika kita lebih mendekatkan diri kepada Allah dan memohon agar cepat dipertemukan dengan jodoh yang baik, yang bisa menjadi pasangan seumur hidup. Apabila seseorang telah berbuat syirik dan pada akhirnya ia mendapatkan jodoh. Maka jodoh yang didapatkannya akan memiliki kepribadian serupa, yaitu sama-sama berdosa syirik sebagaimana Allah berfirman.

Laki-laki yang berzina tidak mengawini melainkan perempuan yang berzina, atau perempuan yang musyrik; dan perempuan yang berzina tidak dikawini melainkan oleh laki-laki yang berzina atau laki-laki yang musyrik, dan yang demikian itu diharamkan atas orang-orang yang Mukmin. Quran Surat An-Nur ayat 3.

2. Melalaikan perintah salat.

Penghalang Bertemu Jodoh
Penghalang Bertemu Jodoh dok instagram@yemotret

Salah satu perintah yang diwajibkan pada manusia yang langsung Allah tugaskan kepada Nabi Muhammad Shallallahu Alaihi Wasallam adalah shalat. Shalat merupakan ibadah umat Islam yang tidak boleh ditinggalkan sedikitpun.

Baca Rekomendasi :   Tenanglah, Kebahagiaan yang Kamu Damba Pasti Akan Hadir Setelah Kesedihanmu

Dengan meninggalkan ataupun jarang lakukan salat, memberikan efek bahwa Allah pun tidak akan cepat dalam merespon keinginan manusia tersebut. Selain meninggalkan salat, kerap terjadi pula orang yang menunda-nunda shalat hingga sampai pada akhir waktu.

Biasanya, perilaku tersebut dikarenakan kesibukan dunia, sehingga membuat orang lupa akan ibadah yang wajib. Jangan heran jika Allah tidak mengutamakan setiap doa-doa yang dipanjatkan orang tersebut termasuk salah satunya adalah jodoh.

Maka kecelakaan bagi orang-orang yang shalat (yaitu) orang-orang yang lalai dari shalatnya. (Quran Surat Al Maun ayat 4-5)

3. Mendekati zina.

Salah satu perbuatan lain yang menghalangi kita dengan jodoh adalah zina. Termasuk zina di dalamnya adalah berpacaran. Selain itu banyak juga bentuk zina lainnya, sebagaimana disebutkan dalam hadits berikut.

Setiap anak Adam telah ditakdirkan bagian untuk berzina dan ini sesuatu yang pasti terjadi, tidak bisa tidak. Zina kedua mata dengan melihat, zina kedua telinga dengan mendengar, zina lisan adalah berbicara, zina tangan adalah dengan meraba, zina kaki adalah dengan melangkah, zina hati adalah dengan menginginkan dan berangan-angan. Lalu kemaluan lah yang nanti akan membenarkan atau mengingkari yang demikian. Hadits Riwayat Muslim.

Padahal sudah jelas Allah melarang manusia untuk berzina bahkan mendekatinya. Hal ini lantaran zina adalah perbuatan yang dapat menjerumuskan kita ke nerakanya Allah.

Dan janganlah kamu mendekati zina, (zina) itu sungguh suatu perbuatan keji, dan suatu jalan yang buruk (Quran surat al-isra ayat 32)

4.  Mencari dengan harta yang haram.

Salah satu ikhtiar yang dapat kita lakukan untuk mendapatkan jodoh adalah dengan memperbanyak doa. Namun ada doa yang ternyata sulit terkabul, doa tersebut adalah doa yang dipanjatkan seseorang yang makan makanan haram dan menggunakan pakaian yang harap pula.

Baca Rekomendasi :   Isteri Yang Setia Adalah Karunia Dari Tuhan, Rumah Dan Harta Hanyalah Warisan Dari Nenek Moyang

Orang-orang tersebut juga biasanya memperoleh hartanya dengan cara yang juga haram. Dalam salah satu Hadis disebutkan.

Kemudian Rasulullah menyebutkan tentang seseorang yang melakukan perjalanan panjang, kusut rambutnya, kemudian mengangkat tangannya dan mengatakan: Wahai rabb-ku, wahai rabbku, sedangkan makanannya haram, minumannya haram, perutnya diisi dengan sesuatu yang haram, maka bagaimana kami mengabulkan doanya. (HR Muslim).

5. Memutus tali silaturahmi.

Perbuatan dosa selanjutnya yang dapat menghalangi jodoh adalah memutus tali silaturahmi. Padahal lewat silaturahmi lah, seseorang akan mendapatkan rahmat allah, termasuk jodohnya.

“Orang-orang beriman itu sesungguhnya bersaudara. Sebab itu damaikanlah (perbaikilah hubungan) antara kedua saudaramu itu dan takutlah terhadap Allah, supaya kamu mendapat rahmat.”. Qur’an Surat Al-Hujurat ayat 10.

6. Dosa kepada orang tua.

Sseseorang yang sulit mendapatkan jodoh bisa disebabkan karena pernah berdosa kepada orangtua mereka. Rasulullah mengatakan jika orangtua merupakan perwakilan Allah subhanahuwata’ala di dunia dan keridhaan mereka ia diridhoi Allah.

Dan Tuhanmu telah memerintahkan agar kamu jangan menyembah selain Dia dan hendaklah berbuat baik kepada ibu bapak. Jika salah seorang di antara keduanya atau kedua-duanya sampai berusia lanjut dalam pemeliharaanmu, maka sekali-kali janganlah engkau mengatakan kepada keduanya perkataan “ah” dan janganlah engkau membentak keduanya, dan ucapkanlah kepada keduanya perkataan yang baik. Quran surat al-isra ayat 23

7. Bergunjing dan mengadu domba.

Fitnah Lebih Kejam Daripada Pembunuhan
Fitnah Lebih Kejam Daripada Pembunuhan

Kebiasaan menggunjing ini merupakan salah satu dosa yang bisa menjauhkan kita dari jodoh. Bahkan mengarah kepada adu domba yang berujung pada fitnah. Menggunjing adalah salah satu perbuatan yang tidak disukai Allah, sehingga kita pun akan sulit dipertemukan terhadap orang yang tepat.

Baca Rekomendasi :   Karena Menjagamu Dalam Hubungan Tanpa Akad, Sama Dengan Menjaga Ketidakpastian

Wahai orang-orang yang beriman! Jauhilah banyak dari prasangka, sesungguhnya sebagian prasangka itu dosa dan janganlah kamu mencari-cari kesalahan orang lain dan janganlah ada di antara kamu yang menggunjing sebagian yang lain. Apakah ada di antara kamu yang suka memakan daging saudaranya yang sudah mati? Tentu kamu merasa jijik. Dan bertakwalah kepada Allah, sesungguhnya Allah Maha Penerima tobat, Maha Penyayang. Qur’an Surat Al-Hujurat Ayat 12.

8. Berbuat kikir

Kemudahan dalam mendapatkan jodoh bisa dilakukan dengan jalan bersedekah. Dengan enggan untuk bersedekah akan juga menghambat rezeki, jodoh dari Allah. Telah banyak kisah yang menjelaskan Bagaimana jodoh dapat dijemput dengan jalan bersedekah.

Dengan mengetahui 8 Dosa yang Menjadi Penghalang Bertemu Jodoh. Mari kita berintrospeksi dan melakukan perubahan ke arah yang lebih baik. Karena jodoh bukan hanya untuk urusan dunia saja namun lebih jauh lagi jodoh diharapkan menjadi pendamping yang akan menemani didunia maupun diakhirat kelak.

  • Bagikan
2 7

You cannot copy content of this page