Hindari! Ini 8 Perbuatan Durhaka Suami Pada Istri

  • Bagikan
Perbuatan Durhaka Suami Pada Istri
Perbuatan Durhaka Suami Pada Istri dok instagram@yemotret

Membangun rumah tangga yang sakinah mawadah dan warohmah menjadi tujuan dan cita-cita bagi semua pasangan suami istri. Namun pastinya dalam kehidupan rumah tangga tidak selalu dapat berjalan mulus. Sebab tentu cobaan dan juga rintangan selalu saja dapat hadir.

Untuk itu diperlukan cara menjaga keharmonisan rumah tangga. Dalam rumah tangga sendiri terdapat perbedaan kedudukan, tentunya baik bagi suami atau juga istri. Sebagaimana kewajiban suami terhadap istri dan kewajiban istri terhadap suami.

Namun istri memiliki posisi yang istimewa, terutama bagi mereka yang dapat menjadi ciri-ciri istri sholehah. sebagaimana Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam bersabda, Abdullah bin Amr radhiallahu Anhu meriwayatkan sabda rasulullah shallallahu alaihi wasallam.

Sesungguhnya dunia itu adalah perhiasan dan sebaik-baik perhiasan dunia adalah wanita shalihah Hadits Riwayat Muslim.

Sedangkan kedudukan kaum laki-laki dalam rumah tangga dijelaskan dalam firman Allah Subhanahu Wa Ta’ala.

Laki-laki (suami) itu pelindung bagi perempuan (istri), karena Allah telah melebihkan sebagian mereka (laki-laki) atas sebagian yang lain (perempuan), dan karena mereka (laki-laki) telah memberikan nafkah dari hartanya. Maka perempuan-perempuan yang saleh adalah mereka yang taat (kepada Allah) dan menjaga diri ketika (suaminya) tidak ada, karena Allah telah menjaga (mereka). Perempuan-perempuan yang kamu khawatirkan akan nusyuz, hendaklah kamu beri nasihat kepada mereka, tinggalkanlah mereka di tempat tidur (pisah ranjang), dan (kalau perlu) pukullah mereka. Tetapi jika mereka menaatimu, maka janganlah kamu mencari-cari alasan untuk menyusahkannya. Sungguh, Allah Mahatinggi, Mahabesar. Quran surat an-nisa ayat 34.

Tanpa kita sadari dalam kehidupan keluarga, tidak jarang para suami melakukan tindakan yang menyimpang dari ketentuan Allah, dan telah melanggar hak-hak istrinya. Oleh karena itu perlu sekali para suami mengetahui, perbuatan-perbuatan yang oleh Islam dikategorikan sebagai tindakan dosa suami terhadap istri, sebagaimana dosa yang tak terampuni. Apakah perbuatan dosa tersebut?

Baca Rekomendasi :   Sebelum Penantianmu Sia-Sia, Jangan Lakukan Kesalahan Saat Menunggu Jodoh!

1. Tidak mengajarkan ilmu agama.

Perbuatan Durhaka Suami Pada Istri
Perbuatan Durhaka Suami Pada Istri dok instagram@yemotret

Perbuatan pertama yang dapat masuk sebagai kategori perbuatan dosa suami terhadap istri adalah tidak mengajarkan ilmu agama kepada istri. Padahal sudah menjadi kewajiban suami untuk memelihara diri dan keluarga yang dipimpinnya dari perihnya azab kubur dan siksa neraka.

Sebagaimana dalam firman Allah Subhanahu Wa Ta’ala.

Wahai orang-orang yang beriman! Peliharalah dirimu dan keluargamu dari api neraka yang bahan bakarnya adalah manusia dan batu; penjaganya malaikat-malaikat yang kasar, dan keras, yang tidak durhaka kepada Allah terhadap apa yang Dia perintahkan kepada mereka dan selalu mengerjakan apa yang diperintahkan. Quran surat at-tahrim ayat 6.

2. Tidak merasa cemburu dalam rumah tangga sendiri. 

Sifat cemburu sangat diperlukan sebagai bumbu-bumbu dalam cinta, namun tentu saja hal ini tidak diperbolehkan dilakukan dengan berlebihan. Tapi suami yang tidak cemburu sama sekali juga tidak diperbolehkan.

Baca Rekomendasi :   Semoga Kamu Segera Sadar, Ada Yang Menunggumu Dengan Begitu Sabar

“Tiga golongan yang tidak akan diajak bicara oleh Allah pada hari kiamat; ‘Seorang yang sudah tua berzina, orang miskin namun sombong, dan pemimpin yang pendusta.”

Gayus adalah laki-laki yang tidak memiliki kecemburuan terhadap keluarga atau istrinya.

3. Tidak memberi nafkah.

Penghalang Bertemu Jodoh
Penghalang Bertemu Jodoh dok instagram@yemotret

Suami telah melakukan ijab kabul dalam akad pernikahannya. Maka sepatutnya suami sudah setuju untuk menafkahi istri. Perbuatan menelantarkan nafkah istri dengan sengaja pun termasuk durhaka. Rosulullah Shallallahu Alaihi Wasallam bersabda.

Seseorang cukup dipandang berdosa bila dia menelantarkan belanja orang yang menjadi tanggung jawabnya,”. (HR.Abu Dawud no.1442 CD, Muslim, Ahmad, dan Thabarani).

4. Menjadikan istri pemimpin rumah tangga.

Dalam islam, istri jadi pemimpin rumah tangga sangat dilarang. Terutama jika alasannya karena suami tidak mau bertanggung jawab menafkahi atau mengambil keputusan. Perbuatan ini termasuk dosa besar.

5. Memiliki perasaan benci kepada istri.

Tentunya memiliki sifat benci terhadap istri merupakan salah satu bentuk dosa suami terhadap istri. Rasulullah telah mengingatkan akan hal ini melalui hadis berikut.

Janganlah seorang suami yang beriman membenci istrinya yang beriman. jika dia tidak menyukai satu akhlak darinya dia pasti meridhoi akhlak lain darinya Hadits Riwayat Muslim.

6. Menyebarluaskan aib istri-istri.

Menyebarkan air istri sama dengan menyebarkan aib kamu sebagai suami. Sebab jika demikian, maka suami telah melakukan dosa terhadap istri. 

Sesungguhnya di antara orang yang paling buruk kedudukannya di sisi Allah pada hari kiamat adalah seseorang yang menggauli isterinya & isterinya menggaulinya kemudian dia menyebarkan rahasia-rahasia isterinya,” (H.R. Muslim).

7.  Menyakiti istri secara fisik.

Memukul atau juga menyakiti istri secara fisik, merupakan bentuk perbuatan dosa suami. Sebab wanita tentu merupakan kaum yang harus dilindungi. Selain merupakan perbuatan dosa, memukul dan menyiksa istri g secara fisik juga merupakan perbuatan yang melanggar hukum dan dapat dikenakan hukuman.

“Hendaklah engkau memberinya makan jika engkau makan, memberinya pakaian jika engkau berpakaian, tidak memukul wajah, tidak menjelek-jelekkannya”. Hadits riwayat Ibnu Majah

8. Setia terhadap istri.

Katakanlah kepada orang laki-laki yang beriman: ‘Hendaklah mereka menahan pandangannya, dan memelihara kemaluannya.’ yang demikian itu adalah lebih suci bagi mereka, sesungguhnya Allah Maha Mengetahui apa yang mereka perbuat.” ”Katakanlah kepada wanita yang beriman: ”Hendaklah mereka menahan pandangannya, dan memelihara kemaluannya, dan janganlah mereka menampakkan perhiasannya, kecuali yang (biasa) nampak dari padanya…” (QS An-Nuur: 30-31).

Baca Rekomendasi :   Dalam Sujudku, Aku Pernah Memintamu Hadir dalam Bahagiaku

Nah, itu lah 8 Perbuatan Durhaka Suami Pada Istri yang dilansir Bapermulu.com dari akun Youtube Insan Surga.

  • Bagikan
2 7

You cannot copy content of this page