Meski Sepele, 5 Tindakan Ini Bisa Melukai Harga Diri Pasangan

  • Bagikan
Melukai Harga Diri Pasangan
Melukai Harga Diri Pasangan dok pexels.com/cottonbro

Semua orang, baik kamu dan pasanganmu pasti ingin dihargai, sebab mereka memiliki harga diri juga tidak ingin diremehkan, apalagi oleh orang terdekat. Oleh sebab itu, dalam memperlakukan pasanganmu, baik masa pacaran ataupun telah resmi menikah.

Usahakan untuk berpikir terlebih dulu, apakah itu akan melukai harga diri pasangan atau tidak. Jangan sampai tindakan yang sebenarnya dimaksudkan untuk bercanda menjadi kesalahpahaman yang  menyebabkan pertengkaran hebat.

Selain itu jangan jadikan hubungan yang telah terjalin lama menjadi pembenaran tindakan sesuka hatimu. Kamu merasa dia akan baik-baik saja, padahal kamu tak pernah tahu apa yang dipikirkan oleh pasanganmu. Apalagi, harga diri itu sangat sensitif. Bisa jadi pasanganmu terlihat baik-baik saja, namun dia menumpuk kekesalan di hatinya, lalu berakhir dengan meninggalkan kamu.

Nah, sebagai contoh, 5 tindakan yang sering dianggap sepele ini saat pacaran. Ternyata bisa melukai harga diri pasangan.

1. Tidak Mengakui Pasangan Di Hadapan Teman.

Melukai Harga Diri Pasangan
Melukai Harga Diri Pasangan dok pexels.com/cottonbro

Meski menurutmu hal itu sepele dan tidak perlu dibesar-besarkan. Siapapun akan jengkel dan kesal ketika keberadaannya tidak diakui, apalagi oleh pasangannya sendiri. Apalagi ,jika selain ucapan yang tidak mengakui, tindakan kamu di depan teman-temanmu pun seolah kamu masih lajang atau sendiri.

Tentu saja, hal itu akan sangat melukai harga diri pasangan, serta pasangan akan merasa bahwa kamu tidak serius dan bertanggung jawab dalam menjalani hubungan. Jadi, sebisa mungkin jangan pernah tidak mengakui pasanganmu di hadapan teman atau siapapun. Sebab, kamu sama saja tidak menganggap seseorang yang seharusnya kamu sayang.

Baca Rekomendasi :   Pacaran Puluhan Tahun Tak Sampai Menikah, Jomblo Dua Bulan Langsung Nikah

2. Membalas Lama Chat Pasangan Padahal Online

Kalau memang sibuk, ya bilang aja kamu sedang sibuk bekerja. Namun, bukannya mau negatif thinking , tapi ketika kamu terus terlihat online, tentu saja pasanganmu akan merasa aneh dengan sikapmu, yang tidak segera membalas chatnya. Apalagi, itu bukan sekali dua kali, tapi seringkali terjadi.

Padahal dalam hubungan yang sehat, komunikasi itu penting dan sebisa mungkin harus dijaga. Bahkan, banyak yang membuktikan sesibuk apapun dirinya, pasti ada celah untuk sekedar membalas atau  menunjukkan keseriusan dalam hubungan.

Oleh sebab itu, usahakan untuk selalu memberi kabar, agar pasanganmu juga tidak berpraduga bukan-bukan. Meski sepele membalas chat lama padahal sedang online sedikit banyak bisa melukai harga diri pasangan, sebab merasa tidak kamu pedulikan. Selain itu, jika memang sibuk atau terlambat pulang, tidak ada salahnya mengabari pasangan. Sebab kamu harus tahu ada yang selalu menunggu dan mencemaskan dirimu setiap waktu.

3. Saat Pasangan Curhat Atau Minta Bantuan, Kamu Sibuk Sendiri Dengan Duniamu.

Perbuatan Durhaka Suami Pada Istri
Perbuatan Durhaka Suami Pada Istri dok instagram@yemotret

Dalam suatu hubungan baik rumah tangga ataupun masih pacaran, saling peduli dan saling perhatian satu sama lain, adalah treatment yang baik untuk menjaga kelanggengan hubungan. Misalnya saja, ketika pasanganmu ingin curhat, seharusnya kamu fokus menjadi pendengar yang baik, menenangkan dan memberikan pendapat atau solusi yang melegakan. Bukannya malah sibuk pada dunia sendiri, baik ponsel atau kerjaan.

Baca Rekomendasi :   Berdoalah Tiada Henti, Lihat Nanti Bagaimana Tuhan Mengabulkannya

Atau ketika pasanganmu membutuhkan bantuan dan jelas meminta tolong padamu. Seharusnya kamu harus siap siaga membantunya. Sebab hubungan ini dibangun berdua dan diperjuangkan berdua. Ditambah lagi, saat kamu mau membantu pasangan, kamu sama saja menghargai dan menunjukkan rasa sayangmu pada dirinya.

4. Memarahi Pasangan Di Depan Umum

Jika kamu ada masalah atau ingin marah pada pasangan, usahakan untuk mengungkapkannya secara privasi atau cukup dibahas berdua saja. Jangan sampai menunjukkan kemarahan kamu kepada pasangan di depan umum. Apalagi sampai melakukan tindakan kekerasan.

Selain  menganggu orang lain, tindakan itu juga akan melukai harga diri pasangan. Jadi semakin dewasa, belajarlah untuk mengendalikan emosi yang kamu punya. Usahakan untuk selalu menempatkan masalah ditempatnya.

Jika kamu stress pekerjaan, ya jangan bawa ke rumah, karena itu akan membuat suasana rumah jadi tak nyaman. Jika ada satu dua hal dari pasanganmu yang membuatmu marah, komunikasikan dan ajak bicara baik-baik. tahan diri agar tidak meluapkan kemarahan di depan umum. Dimana kamu hanya akan mempermalukan dirimu sendiri juga pasanganmu.

Baca Rekomendasi :   Kita Saling Mencinta, Namun Tuhan yang Berbeda

5. Jaga Rapat Aib Rumah Tangga Atau Pasangan. Pastikan Jika Ingin Curhat Kamu Memilih Orang Yang Tepat

Namanya rumah tangga, pasti ada masalah atau kekurangan pasangan yang sulit untuk kamu terima. Sehingga kamu sering mengeluhkannya atau mencurhatkannya pada pasangan atau orang yang kamu percaya.

Namun, sebisa mungkin, komunikasikan terlebih dahulu pada pasangan segala hal yang menganggumu, lalu cari solusinya bersama. Kamupun bisa melangitkan doa, agar segera diberi kemudahan dan kesabaram dalam menjalani serta menemukan solusi yang tepat.

Selain itu, jika masih belum menemukan titik terang, bisa saja kamu curhat masalah rumah tanggamu pada temanmu. Namun sebisa mungkin, jaga aib rumah tanggamu dengan rapat dan pilihlah teman yang benar-benar kamu percaya mampu menjaga rahasia rumah tangga itu.

Intinya menjaga aib pasangan, juga sama artinya dengan menjaga harga diri pasangan. Jadi kamu harus berhati-hati ketika curhat masalahmu dengan orang lain di luar pernikahanmu.

  • Bagikan
2 7

You cannot copy content of this page