5 Hal yang Seharusnya Tidak Kamu Bagikan Sembarangan

  • Bagikan
Seharusnya Tidak Kamu Bagikan
Seharusnya Tidak Kamu Bagikan dok Freepik/wavebreakmedia_micro

Seperti kalimat yang sering kamu dengar dari Bang Napi dalam sebuah acara di stasiun televisi,  “Kejahatan bukan hanya terjadi karena ada niat dari pelakunya, tapi juga karena ada kesempatan. Jadi waspadalah! Waspadalah”

Apalagi kejahatan sekarang ini sangat beragam, mulai dari kejahatan fisik hingga kejahatan dalam bentuk siber online. Sehingga meminimalkan data, menjaga privasi dan tidak mudah mengumbar sesuatu di media sosial bisa menjadi pencegahan yang tepat dari bentuk kejahatan yang tidak terduga ataupun terencana.

Nah, buat kamu, lebih baik untuk berhati-hati saat share sesuatu baik ke media sosial maupun teman sendiri. Jangan gampang memberikan informasi atau rincian soal kehidupanmu. Setidaknya kamu  Seharusnya Tidak Kamu Bagikan Sembarangan kepada orang lain, meski itu teman dekat sekalipun. Ingat kamu punya privasi, jadi hargailah privasimu sendiri.

1. Keromantisan Dengan Pasangan Ataupun Aib Rumah Tangga.

Seharusnya Tidak Kamu Bagikan
Seharusnya Tidak Kamu Bagikan dok Freepik/wavebreakmedia_micro

Terlalu sering pamer pasangan di sosial media ataupun saat berbincang dengan teman-temanmu, bisa juga menyebabkan masalah yang besar. Misal munculnya pelakor/pebinor hingga penyakit a’in. Bahkan bisa jadi ada pula yang memanfaatkanmu kedepannya nanti.

Baca Rekomendasi :   5 Pertanyaan yang Pantang Kamu Tanyakan Saat Lebaran

Jadi lebih baik privasikan lebih banyak keromantisan dengan pasangan. Tidak perlu pamer kemesraan atau hadiah ini itu dari pasanganmu. Sebab kamu tidak bisa mengontrol hati orang lain untuk tidak merasakan iri atau ingin berbuat jahat pada keluargamu.

Selain  kemesraan, hal yang perlu dishare baik ke teman ataupun sosial media adalah aib rumah tangga. Cukup curhatkan pada orang yang benar-benar kamu yakin bisa dipercaya sekaligus mampu memberikan nasehat yang baik.

Percayalah menjaga aib pasangan itu adalah bentuk menghargai hubungan sekaligus mencegah keretakan dalam rumah tangga. Jangan sampai kamu malu sendiri atau ada orang yang menyalahgunakan aibmu untuk menyakitimu.

2. Tidak Perlu Cerita Berapa Banyak Mantan Atau Siapa Saja Yang Jadi Mantanmu.

Kerja Bukan Melulu Soal Uang
Kerja Bukan Melulu Soal Uang via academicindonesia.com

Mantan hanyalah masa lalu, jadi tidak perlu dibawa di masa sekarang ataupun masa depan. Misal, kamu curhat sama teman-teman kamu sekalipun, tidak perlu pamer atau mengatakan bahwa dia atau dia pernah menjadi mantan kamu dulunya. Selain tidak ada manfaatnya, itu bisa saja menjadi gosip di perkumpulan kamu nantinya.

Apalagi jika sampai pasangan kamu tahu kamu curhat perkara mantan dengan teman-temanmu. Pasangan bisa jadi salah paham, cemburu atau merasa tidak kamu hargai sebagai pasangan hidupmu sekarang.

Baca Rekomendasi :   Gaji Guru Honorer Kecil, Tapi Kok Masih Mau Mengajar. Sesulit Itukah Cari Kerjaan?

3. Pendapatan Ataupun Total Kekayaan Finansial Yang Kamu Punya

Buat apa sih kamu berbagi slip gaji kamu di sosmed, atau memamerkan gaji kamu ke teman-temanmu saat kumpul bareng. Berapapun pendapatan atau kekayaan yang kamu punya, bahkan hingga bisnis yang sedang kamu jalani, cukup jadikan privasi kamu saja. Tidak perlu memamerkan atau menyombongkannya, karena siapa tahu besok, semua itu bisa hilang semuanya.

Apalagi, sering memamerkan kekayaan bisa saja membuatmu menjadi target pencurian oleh orang jahat. Belum lagi jika dimanfaatkan oleh teman-teman yang tidak bertanggung jawab. Percayalah! Tampil sederhana saat kamu punya segalanya, justru membuatmu lebih bersahaja. Contohin aja orang-orang terkaya di dunia yang kamu tahu.

4. Kegiatan Harianmu Atau Aktivitas Keluargamu

Terlihat sepele memang, tapi bisa jadi kegiatan harian yang sering kamu share menjadi celah seseorang untuk melakukan tindakan kejahatan. Misal penguntit, pencuri atau bentuk kejahatan yang tidak terduga lainnya.

Baca Rekomendasi :   5 Bukti Bahwa Kamu Jatuh Cinta Pada Teman Lelakimu

Selain itu banyak pula yang akan meniru bisnismu hingga memanfaatkan kondisimu untuk keuntungan orang lain. jadi lebih baik jangan muah share aktivitas atau kegiatan harianmu. Lebih baik fokus menikmatinya daripada pamer pada orang lain.

5. Lokasi Keberadaanmu Secara Detail dan Semua Media Sosial Yang Kamu Punya

Hal terakhir yang sebisa mungkin tidak mudah kamu beritahukan pada khalayak publik adalah detail kamu berada di suatu tempat dan semua media sosial yang kamu punya. Ingat kejahatan bukan hanya secara fisik tapi juga siber. Bisa jadi ada yang mencuri data atau meng-hack akun kamu saat punya data semua akun media sosialmu. Memanfaatkannya untuk menipu orang lain atas nama kamu.

Share lokasi kamu dengan tepat juga berbahaya jika ada yang menguntit atau berniat jahat karena merasa ada kesempatan. Boleh saja, kamu berbagi liburan atau kegiatanmu, namun usahakan itu setelah beberapa hari kegiatan itu selesai. Jadi, orang tidak tahu lokasimu secara pasti.

Nah, itu lah 5 Hal yang Seharusnya Tidak Kamu Bagikan Sembarangan.

  • Bagikan
2 7

You cannot copy content of this page