Alam Sewu Temanggung, Wisata Alam Terbaik Untuk Healing

  • Bagikan
Alam Sewu Temanggung
Alam Sewu Temanggung

Kabupaten Temanggung dikenal memiliki tempat wisata alam yang beragam, mulai dari gunung, bukit, hutan, hingga air terjun. Salah satu tempat wisata alam yang cukup hits di Temanggung yaitu Alam Sewu yang berada di kaki Gunung Sindoro dengan ketinggian 1.200 mdpl.

Memadukan keindahan alam dengan sarana rekreasi kekinian, tempat wisata ini menjadi pilihan muda-mudi dan keluarga untuk mengisi libur akhir pekan. Suasananya sangat sejuk dengan panorama bukit-bukit yang hijau. Di sekelilingnya terhampar perkebunan tembakau milik warga.

Perjalanan Menuju Alam Sewu

Tempat wisata Alam Sewu berada di Desa Giripurno, Kecamatan Ngadirejo, Temanggung. Jaraknya sekitar 30 km dari pusat kota dan dapat ditempuh dalam waktu kurang lebih satu jam.  Jalan menuju ke Alam Sewu cukup menantang karena harus mendaki bukit dengan jalan berbatu dan berkelok-kelok.

Kondisi jalan juga sempit dan sulit dilalui mobil. Oleh karena itu, lebih baik mengendarai sepeda motor yang kuat untuk medan menanjak. Sampai di puncak, lelahnya perjalanan akan terbayar oleh keindahan alam berupa langit dengan lautan awan yang terbentang luas dengan lembah hijau di sekitarnya.

Baca Rekomendasi :   Embung Kledung, Destinasi Wisata yang Menawarkan Aktivitas Menarik

Keseruan Liburan di Alam Sewu.

Alam Sewu Temanggung
Alam Sewu Temanggung

Untuk masuk ke tempat wisata ini tidak perlu membayar alias gratis. Banyak kegiatan yang bisa diadakan di Alam Sewu, seperti berkemah baik sendiri maupun berkelompok, bersantai sambil minum kopi, atau sekadar berfoto-foto. Ada beberapa spot selfie yang menarik untuk menghias feed Instagram-mu. Kamu dapat bersantai di gazebo dan ayunan yang disediakan. Tempat ini sangat sesuai untuk beristirahat dan bersantai.

Fasilitas yang ada juga lengkap meliputi tempat parkir, musala, dan kamar mandi. Di sini juga terdapat tempat camping, outbound, warung makan, warung kopi, dan spot-spot foto menarik. Tak lupa, sebuah gardu pandang yang menjadi tempat favorit pengunjung menyaksikan matahari terbit dan tenggelam.

Baca Rekomendasi :   Curug Surodipo, Tempat Bersejarah yang Kini Jadi Wisata Alam

Tentunya tempat ini cocok untuk menghindar sejenak dari kesibukan di kota ataupun mengadakan aneka kegiatan yang dapat mempererat persahabatan. Waktu paling tepat untuk berwisata ke sini ialah ketika sore hari dan berkemah untuk menikmati keindahan malam dan matahari terbit pada pagi harinya.

Untuk penikmat kopi, wajib singgah ke kedai kopi Kaki Gunung yang berada di kawasan wisata ini.

Meski terletak di kaki gunung, tempat minum kopi ini dikemas secara modern dengan peralatan yang lengkap. Kamu bisa memesan berbagai macam olahan kopi seperti expresso, latte, dan kopi susu. Selain kopi, juga tersedia aneka makanan ringan seperti burger dan kentang goreng.

Kopi yang digunakan merupakan kopi lokal Temanggung yang telah dikenal kualitasnya. Minum kopi sambil menikmati pemandangan Alam Sewu tentunya memberikan kesan yang berbeda. Apalagi jika kamu datang ketika diadakan pertunjukan tari Jaran Kepang atau Kuda Lumping. Pengunjung juga dapat melakukan reservasi untuk menonton penampilan khusus dari para penari.

Baca Rekomendasi :   Bukit Kembang Arum, Wisata Alam New Zealand Versi Temanggung

Jadi, misalnya kamu mengadakan acara camping bersama komunitas, keluarga besar, atau sekolah, dapat memasan pertunjukan tarian Jaran Kepang untuk ditampilkan sebagai hiburan. Pertunjukan ini tidak menampilkan kesurupan atau atraksi berbahaya, melainkan dikemas dalam bentuk sendratari sehingga dapat ditonton oleh siapa saja.

Wisata Alam Sewu Temanggung bisa jadi pilihan ketika ingin mengadakan acara bersama keluarga besar atau komunitas karena suasana dan fasilitasnya cukup mendukung. Tentunya dengan mempertimbangkan cuaca dan ketersediaan kendaraan untuk menuju ke lokasi. Pastinya kegiatanmu di tempat ini akan menjadi kenangan yang tak terlupakan.

  • Bagikan
2 7

You cannot copy content of this page