Bukit Kembang Arum, Wisata Alam New Zealand Versi Temanggung

  • Bagikan
Bukit Kembang Arum
Bukit Kembang Arum

Mengisi liburan atau akhir pekan bersama keluarga, terutama anak-anak harus memilih tempat wisata yang menyenangkan, aman, nyaman, sekaligus mendidik. Barulah kegiatan liburan menjadi lebih berkesan dan bermanfaat.

Nah, di Temanggung terdapat beberapa tempat wisata yang menawarkan keindahan alam serta fasilitas penunjang yang sesuai untuk wisata keluarga, di antaranya Bukit Kembang Arum dan Bejen Fruit Garden.

Bukit Kembang Arum, Wisata Alam Mirip New Zealand di Temanggung.

Bukit Kembang Arum
Bukit Kembang Arum

Tempat wisata Bukit Kembang Arum berada di Desa Prangkokan, Kecamatan Bejen, Temanggung. Area wisata memiliki luas sekitar 2 hektare yang dikelola oleh pemerintah serta masyarakat desa Prangkokan dan dibantu oleh Badan Usaha Milik Desa atau Bumdes.

Objek wisata yang mulai dibuka pada bulan Januari 2018 ini disebut-sebut mirip dengan padang rumput di New Zealand. Pasalnya tempat ini merupakan perbukitan yang diselimuti rerumputan hijau dan pepohonan yang sangat mempesona.

Baca Rekomendasi :   Embung Kledung, Destinasi Wisata yang Menawarkan Aktivitas Menarik

Bukit Kembang Arum dapat menjadi alternatif liburan untuk keluarga, termasuk anak-anak. Salah satu daya tarik tempat ini yaitu gardu pandang dan bebatuan yang biasa dijadikan tempat memandang keindahan alam sekitar. Dari gardu pandang, kamu dapat menyaksikan panorama hutan dan gunung-gunung yaitu Sindoro, Sumbing, Gunung Prau, dan Gunung Merbabu.

Di sini juga terdapat gazebo untuk beristirahat dan makan bersama, serta area bermain anak. Ada juga kolam renang untuk dewasa dan anak-anak yang mulai beroperasi sejak Januari 2020. Selain itu, pengelola menyediakan tenda untuk disewa sehingga pengunjung bisa bersantai di dalamnya. Pada hari-hari tertentu, di panggung hiburan juga ditampilkan kesenian-kesenian tradisional.

Tidak perlu khawatir jika kamu tidak membawa bekal karena di sini terdapat warung yang menyediakan jajanan untuk dinikmati atau dibawa pulang sebagai oleh-oleh.

Tempat wisata Bukit Kembang Arum buka mulai pukul 8.00 WIB hingga 17.30 WIB. Khusus hari Minggu, dibuka sampai pukul 20.00 WIB. Harga tiket masuk tempat wisata ini sangat terjangkau, hanya Rp5.000 per orang. Meski begitu, fasilitasnya lumayan lengkap, termasuk toilet dan musala.

Baca Rekomendasi :   Mengintip Suasana Pasar Tempo Dulu di Pasar Papringan Ngadiprono

Bejen Fruit Garden, Agrowisata dengan Fasilitas Lengkap yang Cocok untuk Anak-anak

Destinasi wisata berikutnya yang direkomendasikan untuk keluarga yaitu Bejen Fruit Garden yang berlokasi di Jalan Raya Bejen, Kecamatan Bejen, Temanggung. Dari pusat kota, dapat ditempuh dalam waktu kurang lebih 60 menit. Tempat wisata ini menawarkan wisata edukasi sekaligus hiburan dalam satu paket agrowisata.

Masuk ke tempat wisata ini tidak perlu membayar, cukup retribusi untuk parkir saja. Namun, jika ingin menikmati wahana, perlu membayar sesuai tarif yang ditetapkan. Misalnya, untuk ATV dikenakan tarif Rp25.000 per orang dengan durasi 15 menit dan jeep Rp30.000 minimal 2 orang untuk durasi 30 menit. Sementara itu, untuk aktivitas berkuda atau delman dikenakan tarif Rp50.000 untuk dua orang.

Baca Rekomendasi :   3 Air Terjun yang Cocok untuk Menghabiskan Akhir Pekan di Temanggung

Selain wahana wisata, Bejen Fruit Garden juga terdapat fasilitas musala dan toilet, tempat kemah, dan pusat oleh-oleh. Pengelola juga menyediakan paket keliling kebun buah dengan tarif Rp5.000 per orang. Bersama keluarga, kamu dapat mencoba wisata petik buah seperti kelengkeng dan pepaya lalu menikmatinya di tempat.

Taman buah ini beroperasi setiap hari mulai pukul 08.00 WIB hingga 16.00 WIB. Untuk pengunjung yang ingin mengisi perut atau sekadar bersantai, ada kafe dan resto Bejen Fruit Garden yang beroperasi hingga malam.

Kedua tempat wisata keluarga di Temanggung tersebut sangat sesuai menjadi pilihan rekreasi edukasi bersama anak-anak atau sekadar mengisi waktu liburan. Yang terpenting, siapkan perbekalan yang memadai agar suasana hati anak-anak tetap terjaga selama berwisata.

  • Bagikan
2 7

You cannot copy content of this page