5 Golongan yang Akan Lolos Melewati Jembatan Shiratal Mustaqim

  • Bagikan
Jembatan Shiratal Mustaqim
Jembatan Shiratal Mustaqim

Di akhirat nanti kita akan memiliki dua kemungkinan yaitu menjadi penghuni surga atau neraka. Tentunya hal ini dilihat dari dosa dan pahala yang kita miliki selama di dunia kita gunakan melewati berbagai rintangan atau menggapai surga salah satunya adalah melewati jembatan sirotol mustaqim.

Setiap manusia pun akan melewatinya di akhirat nanti. Jembatan yang hanya seperti serambut dibelah tujuh dan tajam seperti pedang harus kita lewati. Jika kita tidak bisa melewatinya, kitapun akan terjatuh kedalam api neraka dan mendapatkan siksaan yang luar biasa di sana.

Namun ada berapa golongan manusia yang mampu melewati jembatan ini dengan lancar. Lalu golongan manusia seperti apakah yang mampu melakukan hal tersebut? Dan apakah kita salah satunya? Berikut ini golongan yang akan lolos melewati Jembatan Shiratal Mustaqim dilansir dari akun Youtube Magenta Islam.

1. Umat yang rajin ke masjid dan menjalankan shalat.

Jembatan Shiratal Mustaqim
Jembatan Shiratal Mustaqim

Shalat sudah menjadi kewajiban dari setiap umat muslim yang di dunia ini. Hal inipun merupakan ibadah wajib yang diperintahkan oleh Allah ta’ala langsung kepada umatnya. Banyak keuntungan diri kita dalam menjalankan salat. Selain pahala yang melimpah di dunia ini pun diri kita akan mendapatkan banyak kemudahan.

Saat adzan telah berkumandang, kita dianjurkan untuk menjalankan shalat di masjid. Tentunya di masjid kita akan menjalankan salat berjamaah. Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam pun telah memberikan contoh kepada umatnya untuk melakukan hal tersebut.

Setiap beliau berjalan ke masjid ia selalu berdoa.

Ya Allah, jadikanlah sinar dalam hatiku, dalam penglihatanku, dalam pendengaranku, disamping kananku, disamping kiriku, disamping atasku, disamping bawahku, didepanku, dibelakangku, serta jadikanlah saya bersinar. Hadits Riwayat Bukhari 5841

Golongan manusia yang sering pergi ke masjid dan rajin dalam menjalankan salat berjamaah akan dengan mudah melewati jembatan sirotol mustaqim. Tentunya hal ini dikarenakan banyak sekali manfaat dari menjalankan shalat berjamaah di Masjid.

Baca Rekomendasi :   Kenapa Fitnah Lebih Kejam Daripada Pembunuhan? Ini Penjelasannya

Pahala yang melimpah ponakan kita dapatkan. Hal tersebut dijelaskan dalam hadis,

Kekasihku Rasulullah SAW telah memberikan pesan kepadaku, lalu Beliau bersabda kepadaku, “Wahai Abu hurairoh, sholatlah bersama jamaah meskipun dengan duduk, karena sungguh Allah Ta’ala akan memberikanmu dis etiap salat jamaah 25 pahala salat dengan tanpa berjamaah. HR. Bukhari

Dengan menjalankan perintah Allah ta’ala, pasti kita pun akan mendapatkan kemudahan untuk menuju surga Allah ta’ala di akhirat nantinya.

2. Golongan orang yang bertaubat kepada Allah subhanahuwata’ala.

Dosa Terus Mengalir Meski Sudah Meninggal
Dosa ini Terus Mengalir Meski Sudah Meninggal

Setiap manusia pastinya pernah berbuat dosa, hal ini terjadi karena kita termakan oleh bujukan setan yang selalu menyesatkan umat manusia. Tentunya setan pun akan senang jika ada manusia yang mengikuti jejaknya dan menjadi golongan calon penghuni neraka.

Sebagai muslim kita mempunyai pilihan untuk bertaubat dan kembali ke jalan Allah ta’ala. Umat-umat yang bertobat inilah akan mudah melewati Jembatan Shiratal Mustaqim yang sangat mengerikan tersebut. Seperti dijelaskan dalam alquran.

Wahai orang-orang yang beriman! Bertobatlah kepada Allah dengan tobat yang semurni-murninya, mudah-mudahan Tuhan kamu akan menghapus kesalahan-kesalahanmu dan memasukkan kamu ke dalam surga yang mengalir di bawahnya sungai-sungai, pada hari ketika Allah tidak mengecewakan Nabi dan orang-orang yang beriman bersama dengannya; sedang cahaya mereka memancar di hadapan dan di sebelah kanan mereka, sambil mereka berkata, “Ya Tuhan kami, sempurnakanlah untuk kami cahaya kami dan ampunilah kami; Sungguh, Engkau Mahakuasa atas segala sesuatu.” Quran surat at-Tahrim ayat 8.

Sungguh beruntunglah diri kita, jika semua dosa yang telah dilakukan diampuni oleh Allah Ta’ala. Karena hari inilah yang akan membawa kita ke surga yang diidamkan oleh setiap umat manusia.

Baca Rekomendasi :   7 Nama Pasukan Iblis dan Tugasnya Untuk Menggangu Manusia

3. Saling melindungi sesama umat muslim.

Setiap umat muslim adalah saudara seiman di dunia. Tentunya kita pun harus saling melindungi dan mengingatkan, jika ada perbuatan salah yang dilakukan. Kepedulian itulah akan buat muslim semakin solid dan tidak akan ada yang bisa memecahkannya. Semakin mendekati hari kiamat, fitnah dari Dajjal pun akan semakin merebak di muka bumi.

Tugas kita sebagai sesama umat muslim saling melindungi agar diri kita terbebas dari fitnah tersebut. Dengan begitu Dajjal dan pasukannya tiga akan bisa menggoyahkan keimanan kita. Hal ini pun ditegaskan dalam hadits.

Siapa saja membuat perlindungan seseorang Mukmin dari kejahatan orang munafik, Allah bakal mengutus malaikat membuat perlindungan daging Orang itu, pada hari kiamat dari neraka jahanam. Siapa saja menuduh seorang muslim dengan masuk menginginkan mencemarkannya, jadi Allah bakal menahanya diatas Jembatan Neraka Jahanam sampai orang itu dibikin bersih dari dosa pengucapan buruknya. HR Abu Daud 4239

Umat ya sering melindungi umat muslim lainnya juga akan menjadi golongan dengan mudah untuk melewati Jembatan Shiratal Mustaqim. Jika kita saling tolong-menolong maka Allah Ta’ala akan berikan pertolongannya berkali-kali lipat.

4. Rajin dalam bersedekah

Setiap rezeki yang kita miliki, ada hak saudara kita yang lebih membutuhkan di dalamnya. Tentunya kita pun harus menyedekahkan itu kepada mereka. Hal ini sangat dianjurkan oleh Allah Ta’ala karena membawa kebaikan yang amatlah besar .

Allah Subhanahu Wa Ta’ala akan senantiasa menolong orang yang rajin dalam bersedekah. Kemudahan dunia dan akhirat pun akan dirasakan lewati Jembatan Shiratal Mustaqim yang sangat sulit pun, akan sangat mudah bagi hubungi rajin dalam bersedekah. Hal ini pun dijelaskan dalam alquran.

Baca Rekomendasi :   3 Amalan yang Paling Dicintai Allah Sesuai Sabda Rasulullah

Hendaklah orang yang mempunyai keluasan memberi nafkah menurut kemampuannya, dan orang yang terbatas rezekinya, hendaklah memberi nafkah dari harta yang diberikan Allah kepadanya. Allah tidak membebani kepada seseorang melainkan (sesuai) dengan apa yang diberikan Allah kepadanya. Allah kelak akan memberikan kelapangan setelah kesempitan. Quran surat At talaq ayat 7.

Maka dari itu rajinlah dalam bersedekah pintu rezeki pun akan terbuka dengan lebar dan segala bantuan akan datang dari Allah ta’ala untuk kita di dunia maupun di akhirat nantinya.

5. Menolong orang lain.

Setiap orang pasti akan mendapatkan kesulitan dalam hidupnya di dunia ini. Jika kita diberikan kemampuan untuk menolong orang yang mengalami kesulitan tersebut. Hal itu merupakan perbuatan yang sudah disukai oleh Allah ta’ala.

Golongan orang yang suka menolong orang lain dan bahu-membahu dalam kebaikan akan mendapatkan balasan yang sungguh luar biasa. Hal itu dijelaskan dalam hadits.

barangsiapa yang melapangkan diri untuk menolong orang lain, Allah bakal isi hatinya pada hari kiamat dengan keridhoan-Nya, Serta barangsiapa yang jalan dengan saudaranya bakal satu keperluan lalu dia dapat memenuhinya, jadi Allah bakal mengambil keputusan dua kakinya pada hari saat kaki-kaki bakal terpeleset dalam neraka. HR Anas.

Allah subhanahuwata’ala  akan membantu para hambanya tersebut untuk melewati Jembatan Shiratal Mustaqim sebagai balasan kebaikannya selama di dunia. Sungguh beruntung jika mendapatkan kemudahan untuk melewati jembatan tersebut.

Semua umat manusia bisa melewati Jembatan Shiratal Mustaqim yang sangat tipis dan mengerikan. Bagi Para Pendosa mereka kamu langsung terpeleset dan jatuh kedalam kobaran api neraka yang ada di bawahnya. Semoga kita tidak menjadi umat yang masuk kedalam neraka dan mendapat siksaan di sana.

  • Bagikan
2 7

You cannot copy content of this page