Setelah Resepsi, Pria Ini Menangis di Malam Pertama. Ternyata Karna Ini

  • Bagikan
Menangis di Malam Pertama
Menangis di Malam Pertama

Menikah merupakan salah satu cara menyempurnakan agama. Ini merupakan momen bahagia bagi laki-laki dan perempuan yang baru saja melangsungkan pernikahan. Semua sanak keluarga dan teman-teman ikut bahagia atas pernikahan kedua mempelai. Hadir sebagai tamu untuk memeriahkan serta mendoakan kebahagian dua insan yang baru saja terikat status suami istri.

Akan tetapi ada kisah dimana seorang pengantin laki-laki menangis di malam pertama usai menggelar resepsi pernikahannya. Isu tersebut tentunya memancing rasa penasaran. Lantas mengapa ada kesedihan di malam pertama pernikahan?

Apakah pernikahannya tidak sesuai syariat Islam? Bagaimana ajaran islam dalam menggelar walimah pernikahan?

Walimatul ursy atau pesta pernikahan dianjurkan dalam islam . Pesta pernikahan sebagai bentuk rasa syukur atas nikmat kebahagiaan suatu pernikahan.

Menangis di Malam Pertama
Menangis di Malam Pertama

Sebagaimana umumnya resepsi pernikahan berlangsung dengan menyediakan makanan untuk menjamu tamu undangan. Juga menyediakan kamar khusus untuk pengantin yang baru saja melangsungkan akad.

Baca Rekomendasi :   Nyesek! Curhatan Menantu Hanya Diijinkan Makan Sayur Bening oleh Mertua

Untuk melangsungkan pesta pernikahan. Islam mengatur sedemikian rupa agar pernikahan sesuai tuntunan Syariah. Resepsi pernikahan yang Islami akan membawa keberkahan dan juga keridhaan Allah Subhanahu Wa Ta’ala. Karena memang tidak dipungkiri tidak sedikit pesta pernikahan yang menyimpang dari ajaran agama.

Ada sejumlah aturan Islam, agar resepsi pernikahan tidak terjebak dalam perkara yang dilarang. Syekh Abdul Aziz bin Fathi as-sayyid nada dalam adab al-islamiyah menyebutkan.

Hendaklah sebuah walimah diselenggarakan dengan niat yang benar. Pekerjaan yang diniatkan dengan baik, maka akan bernilai baik dan menjadi amal sholeh.

Mengenai hidangan jamuan syekh sayyid nada mengatakan.

Hendaknya menyediakan jamuan bagi tamu undangan sesuai batas kemampuan. Tidak perlu memberatkan diri. Menghidangkan jamuan pada pesta pernikahan sebaiknya tidak berlebihan. Jangan sampai memaksakan diri yang akhirnya berhutang. Misalnya jika hanya mampu menghilangkan dengan ikan ataupun hanya daging ayam, maka hidangkan lah itu.

Kita bisa belajar dari yang dicontohkan Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam. Saat merayakan resepsi pernikahan dengan istrinya Siti Sofiah. Raslullah SAW hanya menghidangkan mentega dan qurma untuk para tamu undangan. Pernah juga pernah merayakan pesta pernikahannya hanya dengan menyembelih seekor kambing.

Baca Rekomendasi :   Amalan Segunung Hancur Karena Riya, Begini Fakta dan Buktinya

Diriwayatkan dari Anas bin Malik radhiyallahu’anhu ia berkata.

Aku melihat Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam mengadakan walimah untuk Zainab, yang tidak pernah diadakan untuk istri-istri beliau lainnya. Dan beliau menyembelih seekor kambing.

Dalam sebuah hadits juga dijelaskan mengenai pernikahan yang mendatangkan keberkahan. Rasulullah SAW bersabda.

Sesungguhnya pernikahan yang paling berkah ialah yang sederhana belanjanya hadis riwayat Ahmad.

Adapun anjuran mengundang orang-orang yang datang pada pesta pernikahan adalah bagian dari syariat islam. Tujuannya, mempererat tali silaturahmi yang dapat mendatangkan kebaikan. Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam mengingatkan agar jangan mengundang kepada orang-orang kaya.

Seperti yang diceritakan Abdullah bin Yusuf Malik memberitakan kepada kami dari Ibnu syihab dari ar-ra’d Dari Abu Hurairah radhiallahu’anhu, bahwa sesungguhnya Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam bersabda:

Baca Rekomendasi :   Breaking News : Aou Thanaboon Kiatniran Positif Terpapar Covid 19

Seburuk-buruk makanan adalah makanan walimah dimana ia diundang hanya orang-orang kaya sedangkan orang-orang fakir tidak diundang. Siapa yang tidak memenuhi undangan walimahan, maka ia durhaka kepada Allah dan rasul-nya. Hadits Riwayat Bukhari.

Untuk penjelasan selengkapnya mengenai Setelah Resepsi, Pria Ini Menangis di Malam Pertama. Ternyata Karna Ini. Kamu bisa langsung mendengarkannya di akun Youtube Islam Populer di bawah ini. Artikel ini Bapermulu.com kutip dari vidio di bawah ini.

  • Bagikan
2 7

You cannot copy content of this page