5 Janji Allah Bagi Orang yang Memelihara Kucing

  • Bagikan
Memelihara kucing
Memelihara kucing

Setiap orang pasti mempunyai hewan yang disukai, karena kesukaan mereka terhadap hewan tersebut banyak orang yang memutuskan untuk memeliharanya. Di Indonesia sendiri kucing menjadi salah satu hewan yang sangat disukai oleh banyak orang. Sifatnya yang manja serta menggemaskan membuat siapa saja akan jatuh hati kepadanya.

Dalam ajaran islam sendiri, kita pun diperbolehkan dalam memelihara kucing bahkan pahala yang melimpah akan kita dapatkan nantinya. Selain itu diri kita juga akan mendapatkan beberapa kemudahan dalam hidup sesuai yang di jika oleh Allah. Lalu keberuntungan atau berkah apa saja akan kita dapatkan dari memelihara kucing?

Berikut ini lima janji Allah jika kita memelihara kucing dan akan mendapatkan keberuntungan dilansir dari Youtube Magenta Islam.

Memelihara kucing
Memelihara kucing

1. Membuka kesempatan untuk menjadi penghuni surga.

Surga memang menjadi tempat yang paling indah, diciptakan oleh Allah subhanahu wa ta’ala untuk para umatnya yang beriman kepada-Nya. Hal ini membuat banyak umat muslim yang berlomba-lomba dalam berbuat kebaikan dan beribadah kepada Allah.

Apapun kebaikan yang kita perbuat selama di dunia akan dicatat oleh Malaikat dan Allah Subhanahu Wa Ta’ala pun mengetahuinya. Hal tersebut pun bisa membawa kita masuk ke dalam surga. Salah satu perbuatan baik yang sering diremehkan banyak orang adalah menolong hewan.

Memang terdengar sepele saja tetapi salah satu umat muslim menjadi penghuni surga karena menolong kucing yang sedang kesulitan. Seperti yang dikisahkan dalam kitab nashaihul ibad yang tulis oleh Syekh Nawawi Al Bantani menceritakan.

“Kamu tahu, apa yang membuat-Ku mengampuni dosa-dosamu?”

“Amal shalihku.”

“Bukan.”

“Ketulusanku dalam beribadah.”

“Bukan.” “Hajiku, puasaku, sholatku.” “Juga bukan.”

“Perjalananku kepada orang-orang saleh dan untuk menimba ilmu.” “Bukan.” “Ya Ilahi, lantas apa?” tanya Imam Asy-Syibli.

Baca Rekomendasi :   Menjadi Tempat Sarang Jin, Bagiamana Hukum Menyanyi Di Toilet?

Allah kemudian menjawabnya dengan mengacu pada kisah pertemuan Imam Asy-Syibli dengan seekor kucing di jalanan Kota Baghdad. Kucing kecil itu loyo oleh ganasnya hawa dingin, menyudut ke suatu tempat, berharap kondisi bisa membaik. Imam Asy-Syibli yang tergerak hatinya lantas memungut binatang malang itu, kemudian menghangatkannya di dalam jubah yang ia kenakan. ““Lantaran kasih sayangmu kepada kucing itulah, Aku memberikan rahmat kepadamu.”

2. Mendapatkan pahala dari meneladani sikap Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam

Sebagai umat muslim Rasulullah SAW merupakan sosok yang perbuatannya harus kita teladani. Tidak ada satu perbuatan dari beliau yang akan menyesatkan kita ke dalam api neraka. Salah satu perbuatan yang banyak ditiru oleh umat muslim adalah memelihara kucing.

Rasulullah sendiri sangat menyayangi hewan salah satu hewan yang disayanginya adalah kucing bahkan beliau mempunyai kucing peliharaan yang diberi nama Mueeza. Beliau cukup dekat dengan kucingnya kedekatan Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam dengan kucing juga dijelaskan dalam Hadits.

“Ketika Nabi Muhammad akan berwudhu dihampiri oleh seekor kucing dan kucing tersebut minum di bejana tempat beliau wudhu. Nabi berhenti hingga kucing tersebut selesai minum lalu berwudhu”. (HR Muslim).

Salah satu kisah lagi yang menunjukkan kedekatan Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam dengan kucing  adalah saat beliau ingin pergi ke masjid. Ketika itu sudah memasuki waktu shalat dan beliau ingin pergi ke masjid untuk menunaikan shalat.

Saat ingin beranjak dari tempat duduk ternyata Mueeza sedang tertidur dan menindihi sebagian jubahnya. Rasulullah yang melihat hal tersebut pun tidak ingin mengganggu kenyamanan Mueeza yang sedang tertidur. Akhirnya iapun memotong bagian jubahnya yang ditiduri Mueeza dan beranjak ke masjid.

Dengan begitu ia bisa menjalankan ibadah tanpa mengganggu kenyamanan Mueeza. sesungguhnya pahala yang melimpah akan kita dapatkan dari meneladani perbuatan Rasulullah. Maka dari itu jika kita sudah memelihara kucing lakukanlah dengan penuh kasih sayang agar pahala  yang melimpah bisa kita dapatkan.

Baca Rekomendasi :   5 Keuntungan Single Di Bulan Ramadhan, Semoga Lillah ya!

3. Membuka pintu rezeki yang melimpah.

Jadi memelihara kucing Allah subhanahuwata’ala menjanjikan pahala dan rezeki yang melimpah. Hal ini merupakan sebuah keuntungan yang sangat besar bagi kita semua. Itu bisa kita dapatkan karena dalam memelihara kucing kita pasti memberi makan mereka.

Perbuatan tersebut sama saja kegiatan sedekah dan mendapatkan pahala yang melimpah. Hal ini pun dijelaskan dalam hadits

“Pada setiap sedekah kepada makhluk yang memiliki hati (jantung) yang basah (hidup) akan mendapatkan pahala kebaikan. Seorang muslim yang menanam tanaman atau tumbuh tumbuhan lalu dimakan oleh burung-burung, manusia, dan binatang maka baginya sebagai sedekah,” HR. Bukhori Muslim.

Jadi perbuatan kecil dan sederhana tersebut rezeki dalam kehidupan kita pun akan sedikit demi sedikit terbuka. Semua itu merupakan imbalan dari perbuatan baik kita kepada makhluk ciptaan Allah ta’ala.

Barangsiapa meminjami Allah dengan pinjaman yang baik maka Allah melipatgandakan ganti kepadanya dengan banyak. Allah menahan dan melapangkan (rezeki) dan kepada-Nyalah kamu dikembalikan. Quran surat al-baqarah ayat 245.

4. Dicintai oleh penghuni langit.

DI dunia ini memang kita tidak hidup sendirian. Ada hewan dan tumbuhan yang hidup bersama kita. Kita tak boleh berbuat semena-mena kepada mereka. Hal ini pun bisa merusak ekosistem dan dosa pun akan kita dapatkan Rasulullah SAW pun mencontohkan untuk berbuat baik kepada hewan.

Dalam Islam kita diperbolehkan untuk memelihara hewan. Salah satu hewan yang boleh dipelihara adalah kucing. Dengan melakukan hal tersebut diri kitapun akan mendapatkan berkah dan dicintai oleh penghuni langit.

Baca Rekomendasi :   Orang Tua Tidak Selalu Benar! Islam Wajibkan Anak Melawan Orang Tua Jika

“Orang orang yang penyayang itu akan dikasihi oleh Yang Mahapenyayang Yang Mahasuci lagi Mahatinggi, maka sayangilah makhluk yang ada di bumi niscaya kalian akan disayangi oleh makhluk yang ada di langit.”  Hadits riwayat muslim

Dengan penghuni langit yang sudah menyukai perbuatan kita. Maka membuka kesempatan yang lebih besar untuk menjadi penghuni surga. Tentunya hal tersebut menjadi sebuah berkah yang luar biasa dan balasan atas perbuatan baik kita kepada makhluk hidup ciptaan Allah ta’ala.

5. Memperkuat rasa empati.

Ujian memelihara kucing diri kitapun akan mendapatkan banyak keuntungan dan pelajaran. Salah satu pelajaran yang kita dapatkan adalah memunculkan rasa empati. Hal ini cukup penting crack kita akan bisa lebih membuka kepekaan kita kepada orang lain atau hewan yang sedang dalam kesulitan untuk menolongnya.

”Perumpamaan orang-orang yang beriman di dalam saling mencintai, saling menyayangi dan mengasihi adalah seperti satu tubuh, bila ada salah satu anggota tubuh mengaduh kesakitan, maka anggota-anggota tubuh yang lain ikut merasakannya, yaitu dengan tidak bisa tidur dan merasa demam.” (HR Bukhari dan Muslim).

Dengan munculnya rasa empati yang sudah terlatih dalam memelihara kucing. Pastinya diri kita akan ringan tangan untuk menolong orang lain. Hal ini pun secara tidak sadar akan berdampak baik untuk diri kita selama di dunia dan di akhirat nantinya.

“…. Dan tolong-menolonglah kamu dalam (mengerjakan) kebajikan dan takwa, dan jangan tolong-menolong dalam berbuat dosa dan permusuhan. Bertakwalah kepada Allah, sungguh, Allah sangat berat siksaan-Nya.” Quran surat al-maidah ayat 2.

Artikel ini, Bapermulu.com kutip dari vidio Magentas Islam di bawah ini.

  • Bagikan
2 7

You cannot copy content of this page