Semakin Dewasa, Kamu Tak Perlu Overthinking Pada Yang Nggak Penting

  • Bagikan
Overthinking Pada Yang Nggak Penting
Overthinking Pada Yang Nggak Penting

Overthinking adalah suatu perasaan yang membuatmu begitu panik, hingga prasangka buruk mendominasi pikiranmu. Perasaan itu akan membuatmu insecure dan menyerah duluan sebelum berusaha. Perasaan itu akan membuatmu tergesa-gesa, hingga semua rencana menjadi berantakan.

Misalnya saja, ketika kamu mempunyai rencana. Daripada fokus pada rencana itu, kamu justru berpraduga yang bukan-bukan. Sehingga bukannya rencana kamu akan berhasil, kamu justru menemukan kegagalan karena tidak bisa fokus.

Nah, semakin dewasa ini, seharusnya kamu sudah cukup banyak belajar dan berpengalaman. Jika overthinking, apalagi pada hal yang tidak penting atau belum terjadi. Hanya akan memberikan efek negatif pada dirimu juga masa depanmu

1. Overthinking Bisa Menjadi Doa Buruk Yang Menjadi Realita. Dan Itu Jelas Akan Merugikanmu.

Overthinking Pada Yang Nggak Penting
Overthinking Pada Yang Nggak Penting

Sederhananya saja ketika kamu ingin belajar naik motor. Kamu cemas dulu dan sudah berpikiran yang tidak-tidak, seperti jatuh, kecelakaan dan hal negatif lainnya.

Baca Rekomendasi :   Titipkan Harapanmu Pada Tuhan, Dia Tak Akan Mengecewakanmu

Padahal tanpa kamu sadari pikiran buruk itu bisa menjadi doa buruk yang menjelma sebagai realita. Saat kamu belajar kamu benar-benar jatuh atau mengalami kecelakaan.

Karena itu, berusahalah untuk tidak overthinking dan menjadi lebih positif. Yakinlah saat kamu hati-hati dan menyiapkan segala keperluan ‘safety’, kamu siap dan lebih percaya diri pada segala kondisi yang mungkin terjadi.

2. Semakin Dewasa Kamu Harusnya Memupuk Semangat dan Energi Positif. Jangan Membiarkan Overthinking Merusak Suasana.

Hidup Cuma Sekali
Hidup Cuma Sekali

Jika kamu terlalu overthinking kamu akan mengubah energi positif yang sudah kamu bangun menjadi energi negatif. Karena itu semakin dewasa dirimu, belajarlah terus untuk tidak lagi terlalu cemas pada apa yang belum terjadi.

Baca Rekomendasi :   Waktu Terlalu Cepat Berlalu, Hingga Tak Ku Sadari Orang Tuaku Semakin Menua

Pupuklah semangat dan energi positif saat akan memulai hari dan tetap berprasangka baik dalam segala keadaan. Yakinlah Tuhan itu seperti yang kamu sangkakan. Jadi tetap berprasangka baik agar hidupmu selalu baik

3. Apalagi Kamu Mempunyai Prioritas dan Tujuan Yang Sudah Kamu Tetapkan. Dan Overthinking Justru Membuat Prioritasmu Terlupakan.

Tak Menemukan Pria Baik
Tak Menemukan Pria Baik

Ketika kamu overthinking. Maka kamu akan lebih banyak cemas memikirkan apa yang belum terjadi, daripada melakukan aksi yang nyata.

Padahal kamu sudah punya prioritas, rencana dan tujuan yang sudah kamu tetapkan sejak lama. Karenanya, cobalah untuk fokus, selesaikan apa yang ingin kamu lakukan satu persatu dan kesampingkan hal yang tidak perlu kamu pikirkan.

Baca Rekomendasi :   Rasa Kecewa yang Membuat Seseorang Sulit Untuk Kembali Percaya

4. Walau Menghilangkan Overthinking Itu Kadang Tak Mudah Karena Sudah Jadi Kebiasaan. Namun Perlahan Percayalah Kamu Mampu Mengatasinya.

Arti Dari Rindu yang Sesungguhnya
Arti Dari Rindu yang Sesungguhnya

Yang Perlu kamu lakukan untuk menghilangkan overthinking adalah segera melaksanakan apa yang sudah kamu rencanakan. Tidak perlu dipikirkan bagaimana hasilnya, tapi lakukanlah usahamu dengan sebaik-baiknya.

Apa yang belum terjadi, tidak perlu kamu khawatirkan berlebihan. Belajarlah untuk pasrah dan serahkan apapun hasilnya pada yang Maha Menentukan.

  • Bagikan
2 7

You cannot copy content of this page