5 Hal Ini Harusnya Membuatmu Bersyukur Jadi Introvert

  • Bagikan
Bersyukur Jadi Introvert
Bersyukur Jadi Introvert

Walaupun memang benar introver itu orang yang lebih menyukai kesendirian dan lebih fokus pada quality timenya sendiri daripada berbaur dengan teman-teman atau orang lain. Namun, salah besar jika kamu menganggap seorang introver itu cupu, culun, anti sosial, gak punya teman dan lain sebagainya.

Memang secara budaya, orang lebih banyak menghargai mereka yang ekstrover, karena kemampuan yang mudah bergaul dan asyik di ajak berbicara. Tapi, buat kamu yang introvert, jangan berkecil hati juga. Ternyata ada banyak keuntungan jadi pribadi yang introver lho.

Menurut Martin Olsen Laney, Psy.D. Dalam bukunya yang berjudul ” The Introvert Advantage”, setidaknya ada 5 keuntungan introvert yang harus kamu tahu. Jadi syukurilah.

1. Seorang Intovert Biasanya Mempunyai Pribadi Yang Lebih Tenang, Mampu Mengontrol Emosi dan Lebih Berhati-hati.

Bersyukur Jadi Introvert
Bersyukur Jadi Introvert

Berbeda dengan ekstrover yang biasanya meledak-ledak saat mengungkapkan sesuatu. Introver justru lebih tenang dalam menyikapi setiap masalah. Dia lebih bisa mengontrol diri dan emosi, karena memang tidak menyukai keramaian. Dan lebih berhati-hati pula dalam setiap perbuatan dan perkataan. Sebab dia sendiri juga tidak suka diganggu oleh orang lain.

Baca Rekomendasi :   Carilah Teman Hidup yang Bukan Sekadar Mencintai Tapi Menghormati

Jadi, setiap melihat introvert, perasaan juga akan lebih tenang. Soalnya kan lebih adem liat yang kalem seperti itu.

2. Punya Konsentrasi Dan Fokus Yang Lebih Bagus.

Orang introvert biasanya punya kebiasaan untuk memperhatikan dulu dengan seksama sebelum bergabung dalam sebuah aktivitas atau pembicaraan, tidak akan berbicara dahulu sebelum dipersilahkan, fokus pada objek yang disukai dan menjunjung tinggi privasi. Sehingga mereka bisa menjadi teman yang dipercaya dan pendengar yang baik.

3. Sekali Punya Orang Yang Dekat Dan Percaya. Dia Akan Sangat Menghargainya.

Quote Anak Rantau
Quote Anak Rantau

Sebagaimana yang kamu tahu, introvert cenderung lebih punya sedikit teman daripada orang ekstrover, yang bisa berbaur dengan mudah pada siapa saja.

Baca Rekomendasi :   5 Tanda Pasanganmu Cuek, Namun Diam-Diam Sangat Peduli

Namun, jika orang introvert sudah mendapatkan teman yang sangat dipercayanya. Biasanya dia akan lebih menghargai pertemanan, lebih care, simpati dan dan menjaga pertemanan dengan baik. Dengan begitu, kamu tidak perlu khawatir akan dikhianati atau teman makan teman.

4. Orang Yang Introvert Biasanya Lebih Setia dan Membuat Hubungan Jadi Lebih Bahagia

Selain bisa dipercaya, dalam hubungan orang introvert cenderung lebih setia. Sebab, mereka sulit untuk mencari orang yang bisa dekat dan membuat mereka merasa nyaman. Karena itu, sekali didapatkan, akan dijaganya dengan sebaik mungkin.

Selain itu, sudah banyak penelitian yang menunjukkan berhubungan dengan orang introvert lebih membuat hubungan bahagia dan jauh dari praduga dan sangat menikmati hubungan mereka dibanding pasangan lain.

Baca Rekomendasi :   5 Alasan Ketika Semakin Menua, Temanmu Juga Semakin Berkurang

5. Banyak Yang Diam-Diam Suka dan Ingin Jadi Temannya. Sebab Dia Adalah Pendengar Yang Baik

Orang introvert mungkin memang terlihat selalu sendirian dan jarang punya teman. Tapi, sebenarnya banyak yang tertarik untuk berteman dengannya. Hanya saja pribadi mereka yang tutup seakan menutup celah itu.

Namun, walau begitu, orang introvert juga banyak disukai karena bisa dipercaya dan bisa menjadi pendengar yang baik. Berbeda dengan ekstrover yang cenderung lebih suka berbicara dan didengarkan.

Karena itu, buat kamu yang ngerasa seorang introvert. Tak perlu berkecil hati. Terimalah dirimu apa adanya dan gali potensi lebih dalam, agar kamu bisa lebih bahagia saat menjalani kehidupan.

  • Bagikan
2 7

You cannot copy content of this page