5 Hal yang Akan Membantumu Untuk Hijrah Dengan Istiqomah

  • Bagikan
Hijrah Tak Bisa Terus Sendirian
Hijrah Tak Bisa Terus Sendirian

Hijrah itu mudah, tapi konsisten untuk tetap hijrah kadang menjadi sulit. Bukan hanya karena niat, tapi akan adanya beberapa ujian yang hadir membuat hijrahmu menjadi tak semudah kelihatannya.

Namun, saat kamu sungguh berniat untuk hijrah. Percayalah akan hadir banyak hal yang membantu hijrahmu. Selain itu, kamu bisa terapkan 5 hal ini, agar hijrahmu bisa lebih istiqomah.

1. Tekadkan Niat Yang Kuat

Semua hal dimulai dengan niat, termasuk hijrah yang kadang bisa mendapatkan jalan yang sangat sulit dalam hidupmu. Sebelumnya, pastikan niat hijrahmu sudah bulat dengan tekad yang kuat.

Kamu menyadari langkah untuk sukses hijrah bukanlah hal yang mudah. Dengan banyaknya masalah baik secara internal maupun eksternal. Jadi kuatkan hati, jika apapun yang terjadi, kamu tetap ingin hijrah menjadi lebih baik dan siap melewati semua ujian dengan sabar.

Baca Rekomendasi :   Tinggalkan Apapun yang Membuatmu Sedih, Karena Hidup Itu Pilihan

2. Lingkungan Akan Sangat Berpengaruh Pada Hijrahmu. Karena Itu Carilah Lingkungan Yang Tepat

Ujian dalam hijrah bisa hadir dalam siapa saja. Salah satunya adalah lingkungan dimana kamu hidup dan tinggal. Misalnya saja, kamu ingin hijrah dengan memakai cadar. Hal itu tidak mudah diterima oleh masyarakat tempat kamu tinggal, karena dianggap ikut aliran yang aneh-aneh. Belum lagi anggapan jika teroris adalah orang-orang bercadar.

Oleh karena itu, akan lebih terasa mudah hirahmu jika kamu tinggal ditempat yang mendukung kamu sepenuhnya. Misal di pondok pesantren atau dekat dengan orang-orang yang lebih paham agamanya.

3. Sering Ikut Kajian. Ingat Tidak Semua Hal Harus Kamu Serap. Cukup Ambil Yang Baik Dan Ambil Yang Buruk

Ikut kajian agama juga bisa menjadi cara yang tepat untuk memantapkan hatimu. Bahkan kamu juga bisa membawa orang-orang yang dekat denganmu agar mereka mengerti niat hijrahmu bukanlah hal yang salah.

Baca Rekomendasi :   Cara Terbaik Menghukum Orang yang Telah Melakukakn Kesalahan Kepada Kita Ialah Berbuat Baik Kepadanya

Namun, bukan berarti kamu ikut semua kajian lalu mengikuti semuanya. Ambil yang menurutmu baik dan tinggalkan yang menurutmu buruk. Sebab tidak bisa dipungkiri jaman sekarang banyak oknum yang menggunakan agama justru menyesatkan manusia. Jadi tetap harus hati-hati dalam memilih tempat kajian yang tepat.

4. Jangan Hanya Membaca Al-Qur’an, Baca Juga Artinya. Jika Perlu Tafsirnya

Memperbanyak membaca kitab suci Al-Qur’an juga akan membuat istiqomah dalam berhijrah lebih indah untuk dijalani. Apalagi jika kamu tidak hanya membacanya, tapi juga mengerti dan memahami artinya. Karena itu kamu dianjurkan untuk membaca dan belajar pula AlQur’an juga tafsirnya.

Dengan begitu, kamu akan tahu betapa Kuasanya Allah SWT dan betapa kecilnya dirimu. InsyaAllah iman dalam hatimu juga semakin kuat.

Baca Rekomendasi :   Jangan Terlalu Cinta Kepada Sesuatu Karena Bisa Membuatmu Buta dan Tuli

5. Perbanyaklah Berdzikir Dan Menyebut Asma Allah Dalam Segala Keadaan

Jika dulu kamu sering berucap “Astaga” sering ganti dengan ucapan “Astaghfirullah”. Jika mengucap syukur, biasakanlah bibirmu mengucap “Alhamdulillah”. Karena dzikir bukan hanya kamu lakukan ketika selesai sholat, tapi juga dalam segala keadaan.

Yakin, saat kamu sering mengucap asma Allah, maka Hijrahmu pasti akan terasa lebih mudah. Karena akan ada banyak pertolongan yang kamu dapatkan.

  • Bagikan
2 7

You cannot copy content of this page