7 Hal yang Harus Kamu Terapkan Untuk Meningkatkan Minat Baca

  • Bagikan
Membaca buku
Membaca buku via instagram.com @flow.moto

Membaca jika tidak punya minat dan niat ternyata bisa menjadi aktivitas yang tidak disukai. Apalagi bagi anak-anak atau buat kamu yang sadar minat bacamu itu kurang.

Padahal buku itu diibaratkan sebagai jendela ilmu. Banyak hal yang kamu peroleh dari kegiatan itu. Karenanya, sayang sekali jika kamu tidak berusaha meningkatkan minat tersebut.

Tapi, tenang dulu. Ada kok beberapa tips yang bisa kamu lakukan buat meningkatkan minat baca. Coba terapkan dulu dan lihat hasilnya.

1. Mulailah Dengan Membaca Yang Ringan Dulu. Bisa Novel Atau Komik

Membaca buku
Membaca buku via instagram.com @flow.moto

Meningkatkan minat membaca dapat kamu rasakan dengan memilah milah bacaan yang lebih ringan dulu. Tidak perlu harus terlihat luar biasa dengan membaca buku berat yang membuat kamu bosan dan tidak mengerti apa maksudnya.

Bisa kamu mulai dengan komik bergambar untuk menarik perhatianmu, dilanjut dengan novel novel ringan. Meski dimulai dengan bacaan yang ringan, tapi itu adalah awal yang cukup baik.

2. Alihkan Kegiatan Game Atau Sosmed Kamu Dengan Mengunduh Aplikasi Buku Elektronik. Misal Google Book, IPusnas, Wattpad. Kamu Bisa Mendapatkan Buku Berkualitas Dengan Gratis.

Cowok Kutu Buku
Cowok Kutu Buku

Mungkin alasan kamu untuk sulit memulai membaca adalah tidak adanya budget buat beli buku atau kamu terlalu malas mengumpulkan banyak buku di rumah.

Baca Rekomendasi :   Biarlah Teman Sukses Duluan, Karena Kamu Akan Sukses Di Waktu Yang Tepat

Tenang saja, sekarang banyak kok aplikasi buku elektronik yang bisa kamu unduh buat pinjam atau baca secara gratis. Kamu bisa mendapatkan semua buku yang ada di perpustakaan dengan mengakses perpustakaan online. Kamu bisa membaca novel-novel bagus dan berkualitas di aplikasi novel online seperti Wattpad atau lainnya.

3. Jadikan Buku Sebagai Pelampiasan Bagaimanapun Suasana Hatimu

Gak harus sih, tapi apa salahnya saat kamu senang, sedih, mood baik ataupun buruk. Jadikan buku sebagai pelampiasan untuk mengobati segala rasa yang ada di hatimu.

Walau mendengarkan musik atau liburan juga bisa menjadi opsi yang naik. Namun, menghabiskan waktu dengan lebih banyak membaca jelas lebih baik. Percayalah healing dengan buku akan menjadi aktivitas yang menyenangkan sekaligus bermanfaat.

4. Buat List dan Target Jumlah Buku Yang Ingin Kamu Baca. Usahakan Untuk Mencapai Target Itu

Semakin kamu tertarik dengan buku. Maka selanjutnya mendisiplinkan diri untuk membacanya. Kamu bisa membuat list buku apa aja yang menurutmu menarik. Entah kamu tahu dari review teman, review yang kamu baca, atau meminjam.

Baca Rekomendasi :   Perempuan Itu Harus Bekerja, Agar Tidak Diremehkan Orang Maupun Keluarga

Selanjutnya membuat target, misal dalam sebulan kamu ingin membaca berapa buku. Jangan lupa atur jadwal terbaik yang membuat kamu nyaman membaca. Misal selepas bangun atau sebelum tidur atau di waktu istirhatmu.

5. Gabung Dengan Komunitas Literasi Juga Bisa Meningkatkan Minat Baca Kamu

Jaman sekarang ada banyak sekali komunitas literasi atau membaca buku yang bisa kamu ikuti. Ada banyak sekali manfaatnya, seperti kamu bisa mendapatkan rekomendasi buku yang bagus, bahkan dipinjami. Juga minat bacamu semakin meningkat karena banyak teman-temannya.

Jadi, daripada nongkrong gak jelas. Lebih baik ikut komunitas positif seperti itu. Yakin deh minat bacamu pasti meningkat pesat.

6. Kamu Membaca Karena Kamu Sadar Punya Tujuan Tertentu

Misal kamu ingin menjadi dokter, maka sedari awal kamu memang harus membiasakan diri untuk membaca buku kedokteran. Lain waktu kamu tiba-tiba ingin menjadi penulis. Maka membaca menjadi kewajiban agar kosa kata tulisanmu menjadi beragam.

Baca Rekomendasi :   Di Media Sosial Gayanya Sosialita, di Kehidupan Nyata Aslinya Menderita

Intinya sih, kamu sadar diri, jika kamu ingin meraih apa yang kamu inginkan. Kamu harus membaca, membiasakan dan memahami bacaan kamu. Dan itu bisa dilakukan jika minat dan niatmu kuat.

7. Mendiskusikan Bacaanmu Dengan Teman dan Mengambil Pesan Atau Kesimpulan.

“Eh, kamu tahu buku kahlil gibran”

“Tau dong, aku suka banget sama kata-kata puitisnya. Maknanya juga keren dan pesan yang disampaikan juga bagus banget”

Supaya minat baca kamu semakin bagus dan kamu juga memahami apa yang kamu baca. Setelah membaca, jangan langsung tutup buku. Tapi ajaklah diskusi teman yang sehobi, orang tua, atau siapapun yang punya kesamaan -suka dengan buku.

Kamu bisa diskusi soal jalan ceritanya, penulisannya, konfliknya, tokoh favorit kamu atau mungkin penulisnya. Bahkan kamu bisa melakukan itu untuk merekomendasikan buku yang kamu suka agar semakin banyak teman yang tahu soal kelebihan buku itu.

  • Bagikan
2 7

You cannot copy content of this page