7 Cara Mengatasi Rasa Gugup Ketika Mendapatkan Pekerjaan Pertama

  • Bagikan
Pekerjaan Pertama
Pekerjaan Pertama

Ketika kamu lulus sekolah atau kuliah dan mendapatkan pekerjaan pertama. Rasanya pasti menyenangkan, menakutkan dan menegangkan. Bagaimana tidak? langsung mendapatkan pekerjaan pasti tidak mudah untuk lulusan baru. Belum lagi, kamu harus mulai membuktikan kemampuanmu.

Karena buat kamu yang baru mulai bekerja apalagi di pekerjaan pertamamu. Terapkan 7 tips ini agar hatimu tetap tenang dan rileks saat bekerja.

1. Tetap Percaya Diri Kamu Mampu Bekerja Dengan Baik.

Pekerjaan Pertama
Pekerjaan Pertama

Percaya diri harus kamu tanamkan dalam hatimu ketika memulai pekerjaan yang pertama. Sebaik mungkin jangan terlihat gugup dan mencoba untuk profesional.

Sebab pekerjaan pertama bisa menjadi kesan pertamamu. Saat kamu sudah cukup baik di awal, maka kemungkinan besar perjalanan karirmu juga akan lebih mudah.

2. Pastikan Kamu Menggunakan Style Pakaian Yang Tepat Sesuai Dengan Pekerjaan Kamu

Gaya penampilan bisa juga lho menambah kepercayaan diri di tempat kerja. Karena itu kenakan pakaian yang cocok untuk pekerjaanmu sekaligus nyaman buatmu.

Baca Rekomendasi :   Sering Disepelekan, Ini 4 Manfaat Berkeluh Kesah Bagi Kondisi Psikologis

Apalagi biasanya setiap perusahaan mempunyai standart sendiri soal pakaian pekerjanya. Jadi pastikan kamu menyesuaikan diri dan tampil sebaik mungkin.

3. Tidak Mudah Berkecil Hati Saat Ide Kamu Ditolak dan Tetap Berusaha Sebaik Mungkin

Tidak perlu berkecil hati saat ide kamu ditolak oleh atasan. Sebab atasanpun pasti sudah mempertimbangkan baik buruknya atas ide yang kamu berikan. Tetap lanjutkan pekerjaanmu dan buat penolakan itu sebagai pelajaran. Dengan begitu kamu lebih tahu dan mengenal karakteristik bos juga pekerjaan yang sedang kamu kerjakan.

4. Berusahalah Beradaptasi Dengan Rekan Kerja. Karena Persaingan Dalam Pekerjaan Pasti Akan Kamu Rasakan

Dalam dunia kerja, kamu pasti akan bertemu dengan persaingan baik yang sehat atau tidak sehat bersama rekan kerjamu. Selain itu, juga ada tekanan dari pekerjaan yang berat dan bisa membuat stress. Semua hal itu membuat kamu tidak nyaman dan tidak betah untuk bekerja.

Baca Rekomendasi :   6 Alasan Punya Cewek Yang Lebih Pendek Darimu Itu Menyenangkan. Pertahankan, Ya!

Oleh karena itu, belajarlah untuk beradaptasi dengan lingkungan kerjamu. Tahan-tahan ketika bulan-bulan pertama rasa ingin resign dan keluar sangatlah besar. Percaya deh, lama-kelamaan kamu akan terbiasa, bahkan menemukan cara untuk mengatasi ketidaknyamanan yang kamu rasakan.

5. Cobalah Untuk Menghindari Kata Tidak Bisa dan Tidak Tahu

Sebelum bekerja, kamu pasti menjalani proses interview. Disanalah atasan kamu bisa menilai kamu bisa melakukan pekerjaan dengan baik dan sesuai harapan dari perusahaan yang memperkerjakanmu. Sehingga, ketika kamu ditanyai. Usahakan jangan menjawab kamu tidak bisa atau tidak tahu. Karena itu akan mengecewakan bos, bahkan membuat nilai kamu turun di hadapannya.

Jika sekiranya kamu bingung apa yang harus dilakukan saat bosmu meminta kamu melakukan suatu pekerjaan. Kamu lebih baik bertanya di internet, teman kantor ataupun teman luar kantor yang sebidang denganmu.

6. Jangan Takut Untuk Bertanya Pada Rekan Kerja Yang Lebih Berpengalaman Ketika Kamu Mendapatkan Masalah

Pasti kamu akan menemui banyak masalah di tempat kerja. Apalagi, saat kamu mencoba hal baru, kadang prakteknya memang lebih sulit daripada teori yang selama ini kamu pelajari.

Baca Rekomendasi :   Menyalahkan Keadaan Tak Akan Membuatmu Membaik, Justru Semakin Terpuruk

Karena itu, jangan ragu buat jadi pribadi yang humble juga sedikit cari perhatian dengan senior di batas wajar. Tanyakan apa kesulitanmu dalam pekerjaan pada mereka. Percayalah gak akan ada ruginya saat kamu dekat dengan orang yang lebih berpengalaman. Pengetahuan dan wawasanmu juga akan bertambah.

7. Ketika Sudah Cukup Nyaman. Tetapkan Target Kamu Selanjutnya

Ingat, pekerjaan pertama bukan berarti pekerjaan terakhirmu. Apalagi kamu masih punya idaman atau incaran buat masa depan kamu.

Misalnya saja di perusahaan pertama kamu mendapatkan gaji sebesar sekian juta rupiah. Kamu belum puas dengan itu dan ingin mendapatkan pendapatan lebih. Tenang aja hal itu bisa aja kok, asal kamu juga terus meningkatkan skill yang kamu punya.

  • Bagikan
2 7

You cannot copy content of this page