5 Cara Melatih Hati Agar Tidak Mudah Emosi dan Sering Mengeluh

  • Bagikan
Tenang dan sabar
Tenang dan sabar

Walau emosi dan mengeluh itu hal wajar juga alami dalam diri setiap manusia. Namun kita tahu kedua hal itu akan membawa dampak negatif dalam kehidupan. Karena itu perlu ditahan dan dilatih agar terhindar dari rasa itu.

Nah, buat kamu yang masih sulit untuk mengendalikan emosi dan sering mengeluh pada masalah yang sederhana sekalipun. Coba terapkan 5 tips ini dan rasakan perbedaannya nanti.

1. Latihlah Hati Untuk Sabar

Sabar adalah kata yang mudah dilakukan tapi cukup sulit saat dipraktekkan. Padahal manfaatnya untuk hidup sangat baik. Jadi cobalah latih hatimu untuk tetap bersabar.

Ketika ada yang menguji emosi, tahanlah diri untuk tidak membalas. Jika perlu tulisan telinga dan butakan mata. Sabarlah agar kamu bisa fokus pada hal yang lebih penting, tidak menyakiti diri sendiri dan mengajarkan hati untuk lebih berlapang Dada.

Baca Rekomendasi :   5 Kelebihan dan Kekurangan Sagitarius, Ayo Cek Kebenarannya!

2. Daripada Mengeluh Coba Pikirkan Kenikmatan Yang Kamu Terima dan Syukuri

Saat kamu tertimpa masalah yang ingin membuat kamu mengeluh. Coba alihkan pikiran itu, dengan lebih banyak memikirkan kenikmatan yang Tuhan berikan dan kamu dapatkan.

Misal, kamu mengeluh karena usahamu tak berhasil, syukuri saja karena kamu masih bisa mencukupi kebutuhan keluarga dan selalu mendapatkan support dari orang-orang terdekat. Sehingga kamu tidak jadi mengeluh, tapi bersyukur dalam keadaan apapun kamu terbukti masih baik-baik saja.

3. Setelah Sabar, Jangan Lupa Untuk Mengiringi Hati Dengan Keikhlaskan

Ikhlaskan, ikhlas dengan tetap menjalani hidupmu sebaik mungkin apapun yang telah terjadi. Relakan dan lepaskan apa yang telah pergi, serta sambut apa yang Allah beri.

Baca Rekomendasi :   6 Alasan Logis Menjadi Penyendiri Tak Selalu Buruk, Sesekali Perlu Kok

Percayalah, walau ikhlas memang tak mudah, tapi seiring dengan waktu. Kamu akan benar-benar ikhlas. Karena Apa yang Tuhan gantikan akan membuatmu lebih bahagia dan lebih mensyukurinya.

4. Rendah Hati dan Hindari Perasaan Paling Benar

Jadilah orang yang fleksibel dan bisa beradaptasi dengan baik di lingkunganmu. Salah satunya adalah dengan menghindari perdebatan yang tidak penting dan tidak ada sangkut pautnya dengan cita-citamu.

Hindari perasaan egois dan merasa paling benar sendirilah. Rendah hati dan mengalahlah bukan hal yang memalukan. Justru saat kamu menunjukkan kerendahan hatimu maka orang akan segan denganmu.

5. Ciptakan Energi Positif Dengan Tetap Berprasangka Baik

Saat kamu mendapatkan masalah, jangan biarkan hati dan dirimu terlena hingga lupa untuk bangkit. Pikirkan saja, kalau semua yang terjadi memang sudah menjadi takdir Tuhan yang pasti akan membawa banyak kebaikan.

Baca Rekomendasi :   7 Cara Menggali Bakat dan Potensimu, Jangan Bingung Lagi ya!

Setelah sedih itu pasti ada bahagia, setelah gagal itu pasti ada keberhasilan. Jadikan pikiranmu tetap optimis dan positif dengan terus berprasangka baik. Ingatlah! apapun yang terjadi saat kamu yakin pada Tuhanmu dan tetap berikhtiar. Kamu pasti mendapatkan yang terbaik dari apa yang sedang kamu usahakan.

  • Bagikan
2 7

You cannot copy content of this page