5 Hal yang Harus Dilakukan Saat Bertengkar, Agar Hubungan Tetap Awet

  • Bagikan
Cara Memperbaiki Hubungan Setelah Bertengkar
Cara Memperbaiki Hubungan Setelah Bertengkar

Dalam hubungan bertengkar dengan pasangan bisa menjadi hal baik. Pertama kamu akan semakin mengenal karakter dan sikap dia. Kedua kalian bisa lebih menyatukan diri satu sama lain dan berusaha untuk saling menerima.

Namun, jika pertengkaran tidak segera diredakan bahkan lebih fokus ke ego masing-masing. Bisa jadi pula, hubungan akan kandas di tengah jalan. Karenanya, saat bertengkar agar masalah tidak melebar dan emosi mereda. Coba lakukan 5 hal ini bersama pasangan.

1. Setelah Meluapkan Segala Kekesalan Dan Emosi. Berdiam Diri Sebentar Lalu Segera Memeluk Pasangan.

Cara Memperbaiki Hubungan Setelah Bertengkar
Cara Memperbaiki Hubungan Setelah Bertengkar

Pertengkaran biasanya terjadi karena ada salah paham, rasa cemburu, curiga, tidak senang atas sesuatu yang ada dalam diri pasangan. Karenanya saat berbicara dengan baik-baik tidak mendapatkan tanggapan. Kalian mulai berdebat hingga bertengkar hebat.

Saat itu, setelah meluapkan segala emosi. Usahakan jangan menghindar atau memilih pergi ke suatu tempat. Sama-sama tenangkan diri dulu, meski dengan saling mendiamkan. Ingat kembali semua kenangan indah yang kalian lalui bersama, lalu coba turunkan ego satu sama lain.

Baca Rekomendasi :   Ada yang Sebenarnya Takut Kehilangan, Tapi Terpaksa Melepaskan

Segera peluk pasanganmu, bahkan jika perlu menangislah bersama. Tak apa-apa yang mengungkapkan segala hal pada dirinya, sebab pasanganmu akan menjadi orang yang paling mengerti tentang kamu.

2. Setelah Cukup Berbaikan Maka Tulislah Daftar Hal-Hal yang Tidak Disukai Dari Pasangan Satu Sama Lain. Lalu Berusaha Memperbaikinya Bersama.

Quote Drakor Forecasting Love and Weather
Quote Drakor Forecasting Love and Weather

Misalnya kamu cemburu saat pasanganmu dekat dengan seseorang atau melakukan sesuatu. Coba tulis hal itu di daftar hal yang tidak kamu sukai dari pasanganmu. Kamu juga bisa membuat daftar kesalahan pasangan yang masih bisa dimaafkan hingga yang tidak mendapatkan kesempatan kedua.

Setelahnya bicarakan dengan baik kekurangan atau ketidaksukaan satu sama lain dan saling evalusi diri. Dengan begitu, kamu bisa tahu apakah pasanganmu layak untuk kamu pertahankan atau tidak.

Karena pasangan yang baik, dia akan berusaha untuk menghindari hal yang membuat kamu terluka, misal selingkuh hingga melakukan kekerasan.

Baca Rekomendasi :   7 Hikmah Dari Kehilangan Dan Rasa Sakit Yang Kamu Rasakan, Jadi Tetap Bersabarlah

3. Buat Komitmen dan Aturan Baru Dalam Hubungan.

Memikat Hati Wanita
Memikat Hati Wanita

Setelah bertengkar, bicarakan dengan baik-baik dan saling evaluasi diri serta meminta maaf satu sama lain. Selanjutnya buatlah kesepakatan soal komitmen dan aturan baru dalam hubungan.

Misal, kamu untuk tidak lagi marah-marah atau membentak saat bertengkar dan lebih mengutamakan pikiran yang dingin serta tenang. Tidak adanya kekerasan baik secara verbal atau fisik.

Pasangan juga menjauhi orang yang tidak disukai oleh dirimu, begitupun dengan sebaliknya. Tidak ada kata pisah yang terucapkan serumit apapun permasalahan kalian.

4. Jangan Lupa Diskusikan Konsekuensi Jika Masih Melanggar Komitmen dan Aturan Baru Dalam Hubungan.

Dariku Yang Memilih Tak Melupakanmu
Dariku Yang Memilih Tak Melupakanmu

“Hubungan yang dipertahankan bukan hanya butuh cinta, tapi ketegasan”

Setelah membuat aturan dan komitmen baru, jangan lupa pula mendiskusikan serta menyepakati konsekuensi dari pelanggaran yang dilakukan. Sebagaimana poin nomor satu kamu sudah membuat daftar kesalahan yang masih bisa ditoleransi, hingga yang tidak mendapatkan kesempatan kedua.

Baca Rekomendasi :   Bersabarlah! Allah Selalu Punya Cara Terbaik Untuk Mengeluarkanmu Dari Masalah

Sehingga kamu dan pasanganmu sama-sama tidak lagi bermain-main dengan hubungan dan serius menjalaninya. Berikan ketegasan, jangan takut untuk melaksanakan hukuman jika memang dia melanggar.

Sebab hubungan yang langgeng bukan hanya dengan cinta tapi dengan ketegasan dan tanggung jawab dalam menjalaninya.

5. Setelah Semua Kesepakatan Terjalin. Berusahalah Untuk Sepenuh Hati Memaafkan Pasangan dan Tidak Lagi Mengungkitnya

Misal pasanganmu selingkuh dan kamu masih memberikan kesempatan kedua dengan catatan tidak akan memaafkan lagi jika pasangan masih melakukannya. Maka saat kamu memberikan kesempatan kedua. Sebaik mungkin, berusahalah untuk memaafkan pasanganmu dan tidak lagi mengingatnya.

Sebab, jika kamu tidak sepenuh hati memaafkan pasangan. Hubungan yang kamu jalani akan terasa hambar dan tidak ada rasa syukur. Sehingga sulit buat kamu merasa bahagia sampai akhir dengan dirinya.

  • Bagikan
2 7

You cannot copy content of this page