Setelah Melewati Hari Yang Berat. Rutin Lakukan Ini Untuk Menjaga Kesehatan Mentalmu

  • Bagikan
Nat Kitcharit
Nat Kitcharit

Setelah melewati rutinitas dan hari yang terasa melelahkan, berat bahkan sampai memuakkan. Memang, seharusnya kamu fokus untuk healing atau merilekskan otot-otot pikiran. Sebab jika terus-terusan kamu tekan, maka kesehatan mentalmu bisa memburuk.

Tentu saja jika tidak segera diatasi, akan sangat berpengaruh pada kinerjamu di hari selanjutnya, bahkan sangat mungkin bisa menurunkan produktivitas. Nah, bagaimana kamu bisa menjaga kesehatan mentalmu?

Jawabannya bisa dengan berbagai cara, yang paling terparah adalah konsultasi dengan orang yang lebih profesional. Namun, dalam kehidupan sehari-hari, kamu bisa melakukan 5 hal ini agar pikiran lebih rileks dan mental kembali sehat. Apalagi setelah melewati rutinitas yang panjang dan melelahkan sebagai usaha pertama.

1. Setelah Seharian Bekerja, Tidak Masalah Untuk Menghibur Diri Sejenak Dengan Berjalan-Jalan Ringan

Kapan kamu selesai bekerja? pukul 5 sore atau mungkin lembur sampai malam. Jika ada waktu cukup banyak setelah bekerja, hal sederhana yang bisa kamu lakukan adalah dengan menikmati perjalanan sejenak. Bisa dengan jalan-jalan sore atau berhenti sebentar untuk mencari makanan yang sehat dan enak.

Baca Rekomendasi :   Jadi Anak Rantau Harus Tegar Karena Jalannya Mungkin Saja Terjal dan Berliku

Jika pekerjaanmu seperti ibu rumah tangga yang tidak ada habisnya, maka bisa kamu siasati dengan sesekali jalan-jalan keliling rumah atau ke taman kota bersama keluarga. Percaya deh, hiburan sejenak dan sederhana itu, bisa sedikit mengurangi stress dan melepaskan kepenatan setelah bekerja.

2. Asupan Yang Bergizi, Olahraga Teratur Dan Tidur Yang Cukup

Jika kamu tipikal orang yang suka begadang, apalagi begadang untuk melakukan hal yang kurang bermanfaat. Lebih baik kurangi. Disiplin buat jam tidur. Sehingga tubuhmu bisa istirahat dengan cukup.

Tak lupa sesekali olahraga atau sekedar jalan-jalan sebentar di pagi hari. Itu akan merilekskan otot yang nantinya akan diajak bekerja seharian. Ditambah lagi, jangan lupa makan makanan yang bergizi dan sesuai dengan kebutuhan energimu. Sehingga kamu tidak mengantuk dan lelah saat bekerja.

3. Manjakan Diri Dengan Melakukan Pijatan Ringan Di Area Kepala Atau Badan

Pijat tradisional, apalagi di mbah-mbah biasanya juga tidak terlalu mahal kok. Jadi kamu tidak perlu khawatir akan menguras kantong terlalu dalam. Beda ya, kalau kamu pijatnya di tempat-tempat mahal. Wajar jika harganya juga sesuai dengan kualitas yang ada.

Baca Rekomendasi :   5 Hal Ini Harusnya Membuatmu Bersyukur Jadi Introvert

Namun ingat, maksud pijatan itu hanya untuk merenggangkan kembali otot yang kaku. Misal tengkuk leher yang kram, pinggang yang kaku dan kepala yang pusing mikirin banyak kerjaan. Pijatan ringan dari mbah-mbah malah lebih ampuh untuk membuat peredaran darah lebih lancar dan membuat kamu siap lagi untuk bekerja keras.

4. Jangan Ragu Untuk Curhat Pada Orang Yang Tepat Saat Kamu Ada Masalah.

Kesehatan mental biasanya terganggu karena kamu suka sekali memendam sesuatu. Misalnya masalah yang selalu kamu pikirkan. Karenanya, lebih baik curhatkan masalahmu ke orang yang tepat dan bisa kamu percaya. Misal sahabat terbaikmu, pasanganmu atau orang-orang yang kamu yakin bisa jaga rahasia.

Baca Rekomendasi :   Jadilah Perempuan Yang Tegas, Apalagi Saat Berada Dalam 4 Kondisi Ini

Jangan ragu, karena curhat bisa juga jadi terapi untuk kesehatan mentalmu, apalagi setelah menjalani hari yang melelahkan.

5. Tetap Pikirkan Hal Yang Positif dan Berprasangka Baik

Selain curhat, hal lain yang harus kamu tekankan pada dirimu adalah pikiran yang positif. Apapun yang terjadi tetaplah berprasangka baik dan lakukan yang baik. Percaya aja deh, pikiran yang positif akan menghalau rasa cemas dan khawatir pada hal yang belum terjadi.

Kamu juga bisa lebih fokus bekerja dan melakukan pekerjaan dengan baik.

  • Bagikan
2 7

You cannot copy content of this page