Mau Bagaimanapun Penilaian Orang Lain, Ingatlah Hidup Ini Kamu Yang Menjalani 

  • Bagikan
Ingatlah Hidup Ini Kamu Yang Menjalani
Ingatlah Hidup Ini Kamu Yang Menjalani

Tidak perlu merasa terbebani atas penilaian orang lain pada hidupmu. Apalagi kamu lebih mengenal dirimu sendiri. Ditambah lagi, mau bagaimanapun orang lain menilai kamu, kamu tidak bisa mengubah begitu saja penilaian mereka.

Karena itu, jika kamu menemukan ada yang memandangmu buruk, padahal kamu merasa tidak punya kesalahan pada mereka. Abaikan saja. Kembali fokus pada hidupmu. Sebab lebih banyak hal yang harus kamu pikirkan, kerjakan dan buktikan, daripada memikirkan omongan orang lain.

1. Tidak Perlu Terbebani. Sebab Hidup Ini Harus Kamu Jalani Dengan Usaha Dan Kerja Keras. Bukan Dengan Komentar Orang Lain.

Ingatlah Hidup Ini Kamu Yang Menjalani
Ingatlah Hidup Ini Kamu Yang Menjalani

Mungkin penilaian orang lain memang akan berpengaruh pada hidupmu. Khususnya untuk merubah mood dan semangat. Namun, pengaruh itu hanya 1 persen saja. Selebihnya bagaimana hidupmu akan berjalan, sukses atau gagalkah, bahagia atau sedihkah, itu semua kembali pada usaha dan kerja kerasmu.

Baca Rekomendasi :   Belajarlah Memaafkan Kesalahan Orang, Karena Manusia Tempatnya Salah dan Khilaf

Jadi jangan sampai hanya karena ada satu persen pengaruh dari penilaian orang lain. Kamu sampai terbebani dan lupa ada 99 persen yang lebih penting.

2. Apalagi Kamu Lebih Mengenal Dirimu Sendiri Dibanding Orang Lain. Saat Yang Dinilai Tak Sesuai Fakta. Abaikan Saja.

Cinta dan Persahabatan di Drakor “Twenty-Five Twenty-One
Cinta dan Persahabatan di Drakor “Twenty-Five Twenty-One

Dibanding orang lain. Jelas, kamulah yang lebih mengenal dan mengerti dirimu sendiri. Meskipun proses pengenalan jati diri tak langsung instan. Kamu harus melewati banyak ujian untuk menjadi insan yang lebih dewasa. Namun, tidak ada yang tahu apa yang harus kamu rasa, jalani, korbankan dan relakan hingga kini.

Orang lain hanya tahu hasilnya saja. Hanya tahu kamu sukses atau gagal dengan penilaian mereka sendiri. Sehingga saat kamu tahu ada yang salah paham padamu atau berkomentar buruk tentang kamu. Maka abaikan saja. Jangan pedulikan atau ambil hati.

3. Terkadang Memberi Penjelasan Sampai Bukti Pun Percuma. Jika Yang Kamu Hadapi Adalah Orang Yang Tidak Menyukaimu.

Sebaik apapun kamu, pasti ada saja orang yang membenci tanpa alasan. Bahkan meski kamu tidak pernah punya masalah atau kesalahan secara langsung pada mereka. Sebab kebencian itu bisa timbul dari rasa iri dan penyakit dari hati.

Baca Rekomendasi :   Jangan Lemah, Kamu Harus Mampu Berjuang Melewati Apa yang Telah Allah Persembahkan

Karena itu, walau kamu berusaha memberikan klarifikasi atau pembuktian atas kesalahpahaman mereka. Itu tidak akan memberikan efek apa-apa. Justru ada sebagian orang yang merasa senang, karena kamu terganggu dengan penilaian itu.

Jadi tidak ada cara terbaik membalasnya selain dengan diam saja. Tapi jika sudah keterlaluan. Laporkan pada pihak berwajib agar mendapatkan hukuman yang setimpal.

4. Jangan Takut Untuk Pura-Pura Bisu Dan Tuli. Pada Akhirnya Nanti yang Baik Pasti Akan Terbukti Baik Dengan Sendirinya.

Terkadang kamu tidak perlu melakukan apapun untuk membalas atau membela diri. Karena Tuhan punya cara sendiri untuk menolongmu. Apalagi hidup ini berlaku hukum tabur tuai. Apa yang mereka tabur itulah yang akan mereka tuai.

Baca Rekomendasi :   Jangan Banyak Bertanya Tentang Takdir, Apapun Itu Sudah Pasti yang Terbaik

Karenanya, seringkali justru saat kamu tak peduli pada komentar orang lain. Tetap fokus pada hidup dan kebahagiaanmu sendiri. Mereka yang pernah menjelekkanmu akan mendapatkan karmanya. Dan kebenaran pasti akan terungkap, bahkan saat kamu sudah bahagia juga tak terlalu peduli lagi.

5. Jadi, Apapun Penilaian Orang Lain. Biar Itu Jadi Urusan Mereka Dengan Tuhan. Kamu Cukup Jalani Saja Hidupmu Dengan Bahagia

Percayalah, meski ada yang tidak menyukaimu. Tetap lebih banyak orang yang tulus padamu. Meski ada yang menyia-nyiakan dirimu, tetap ada yang menjadikanmu sosok yang berharga dalam hidupnya. Karena itu, tetap jalani hidup yang bahagia, dan abaikan penilaian buruk orang lain yang cuma iri.
  • Bagikan
2 7

You cannot copy content of this page