Daripada Tidur Setelah Sahur. Lakukan 5 Kegiatan Ini dan Rasakan Hikmahnya Selama Di Bulan Ramadhan

  • Bagikan
tadarus alquan di bulan ramadhan
tadarus alquan di bulan ramadhan

Ramadhan telah hadir di tahun ini. Dan sebagai umat muslim pasti menyambut bulan Ramadhan itu dengan penuh sukacita dan menjalani pula dengan sepenuh hati. Termasuk meningkatkan ibadah baik yang wajib dan sunnah. Salah satunya adalah melaksanakan sahur di akhir waktu.

Nah akan lebih baik pula, setelah sahur, jangan langsung tidur. Alihkan pada kegiatan-kegiatan yang bermanfaat. Sebab ternyata waktu sahur adalah waktu yang sangat baik serta sehat untuk tubuh. Selain itu, langsung tidur setelah sahur juga tidak disarankan karena tidak baik untuk kesehatan.

Kegiatan apa saja yang bisa dilakukan setelah sahur. Yuk Cek 5 saran ini.

1. Membaca Al Qur’an

Sebagaimana yang kita tahu bahwa bulan Ramadhan adalah bulan turunnya Al Qur’an. Sehingga di bulan Ramadhan sangat dianjurkan untuk lebih banyak membaca AlQur’an, mengkajinya dan menerapkan ilmunya pula dalam kehidupan sehari-hari. Umumnya jika di hari biasa bisa mengkhatamkan Al Qur’an sebulan sekali. Dibulan Ramadhan bisa seminggu sekali (bagi yang mampu).

Baca Rekomendasi :   Menjadi Tempat Sarang Jin, Bagiamana Hukum Menyanyi Di Toilet?

Nah, waktu yang tepat untuk mengaji (membaca Al Qur’an), bisa setelah sahur (setelah sholat shubuh). Ditambah lagi, di waktu itu rasa ngantuk juga masih belum terlalu kuat. Sehingga bisa dimanfaatkan untuk membaca kitab suci Al Qur’an.

2. Mendengarkan Ceramah Atau Kajian.

Biasanya saat sahur banyak acara televisi yang menayangkan kajian atau ceramah dari ustadz-ustadz yang sudah diakui keilmuannya. Nah, kamu bisa menggunakan momen itu untuk menambah ilmu dengan mendengarkan kajian atau ceramah yang ada di layar televisi.

Selain itu, kamu juga bisa mendengarkan ceramah atau kajian secara online di banyak situs internet yang tersedia. Sehingga ada ilmu yang kamu dapatkan sambil menunggu pagi daripada tidur.

3. Belajar (Membaca Buku)

Pernah denger tidak? Waktu terbaik untuk belajar adalah pukul 3-5 pagi. Wah, pas banget dengan waktu sahur dan setelah sahur bukan? Sebab di waktu itu, kosentrasi lebih meningkat dan oksigen masih sangat baik untuk di serap otak. Sehingga kamu akan lebih cepat memahami pelajaran yang sedang kamu pelajari ulang.

Baca Rekomendasi :   Apakah di Surga Manusia Mengingat Kehidupan di Dunia?

Selain belajar, membaca buku juga sangat baik di lakukan pada pukul tersebut. Selain karena kosentrasi masih penuh, otak juga lebih mudah menyerap informasi dan jadi lebih kreatif. Usahakan saja, jangan membaca buku sambil tiduran, karena tidak baik untuk kesehatan mata.

4. Membuat Jadwal Kegiatan Harian Kamu

Kegiatan lain yang bisa kamu lakukan sambil menunggu pagi hari adalah membuat jadwal kegiatan yang akan kamu lakukan hari ini. Sehingga kamu memastikan waktumu terbuang dengan efektif dan tidak sia-sia.

Selain itu, hal ini akan membantumu untuk jadi pribadi yang lebih disiplin dan bisa tahu apa saja kegiatan yang harus kamu prioritaskan.

5. Olahraga Pagi.

Sayang banget, jika saat kamu bangun pagi, kamu tidak mengisinya dengan olahraga yang menyehatkan. Tidak perlu yang terlalu ekstrem dan melelahkan. Cukup lari pagi atau senam juga bisa membuat badan lebih sehat dan bugar.

Baca Rekomendasi :   dr. Zaidul Akbar: Hati yang Keras Sentuh Dengan Kebaikan

Apalagi di pagi hari (setelah sahur), kamu masih cukup fit dan bertenaga. Sehingga tidak ada alasan untuk tidak berolahraga sedikit. Justru dengan olahraga yang rutin, kamu juga lebih bugar meski sedang berpuasa seharian

  • Bagikan
2 7

You cannot copy content of this page