Supaya Puasanya Semakin Semangat, 5 Hikmah Puasa Ini Wajib Kamu Tahu

  • Bagikan
Berbuka puasa bersama keluarga
Berbuka puasa bersama keluarga

Umat muslim pasti menjalankan ibadah puasa ketika memasuki Bulan Ramadhan. Ibadah yang mewajibkan untuk menahan diri, lapar dan haus ini ternyata mempunyai banyak hikmah dan manfaat yang wajib kamu ketahui.

Apalagi di bulan Ramadhan adalah waktu yang tepat untuk memperbaiki diri dan ibadah. Memohon segala ampunan dan keberkahan dalam hidup. Karenanya, supaya kamu lebih bersemangat dalam menjalankan ibadah puasa. Yuk, cari tahu manfaat dan hikmah apa saja yang didapatkan saat menjalani puasa dengan maksimal.

1. Puasa Membuat Kamu Bisa Merasakan Apa Yang Orang Lain Rasakan Saat Kekurangan

Salah satu hikmah dari menjalani puasa adalah bisa merasakan kesusahan orang lain. Saat kamu menahan lapar dan haus itu bisa membentuk empati pada orang-orang yang selama ini membutuhkan dan kekurangan. Sehingga perasaan mengasihi dan berbagi pada orang lain juga akan tumbuh kuat.

Baca Rekomendasi :   Ustadz Khalid Basalamah: Dahsyatnya Siksa Orang yang Meninggalkan Shalat

Karenanya meski lapar dan haus tetap jalani puasa dengan semangat. Tak lupa lebih gencar berbagi pada yang membutuhkan, sebab kamu sudah tahu susahnya saat menahan lapar dan haus seharian.

2. Ramadhan Adalah Waktu Yang Tepat Untuk Muhasabah Diri

Waktu Ramadhan adalah waktu yang tepat untuk lebih meningkatkan ibadah. Baik sholat ataupun membaca kitab suci AlQur’an. Nah, saat kamu lebih banyak beribadah dan memohon ampunan. Secara tidak langsung, kamu juga mengingat kembali semua perjalanan hidup serta intropeksi diri.

Sehingga kamu bisa lebih banyak muhasabah diri dan setelah Ramadhan bisa menjadi orang yang lebih baik daripada sebelumnya. Karena sikap dan perilaku bisa dirubah lebih baik saat kamu memang berniat untuk merubahnya.

3. Puasa Membuat Ibadah Lainnya Menjadi Lebih Bersemangat Untuk Dijalani

Hikmah puasa juga bisa membuat ibadah lainnya lebih semangat dan tepat waktu untuk dijalani. Sebab di waktu puasa biasanya semangat untuk menjalani ibadah yang lainnya juga meningkat.

Baca Rekomendasi :   Ukhty! Ini 8 Sifat Wanita yang Paling Disukai Allah

Karena itu, manfaatkan sebaik mungkin waktu puasa untuk lebih banyak beribadah. Selain pahala yang didapatkan lebih banyak. Dengan begitu juga membiasakan diri agar setelah puasa nanti, ibadah kamu juga menjadi semakin baik.

4. Puasa Melatih Kesabaran Dalam Menjalaninya

Tidak hanya menahan lapar dan haus, puasa juga merupakan ibadah untuk menahan diri dan emosi. Sehingga kamu juga bisa berlatih sabar baik sabar sampai menunggu waktu berbuka. Juga sabar saat ditengah puasa ada yang membuat kamu marah atau emosi.

Jadi, puasa juga cara yang tepat untuk melatih mengendalikan emosi. Sehingga kedepannya kamu bisa menjadi pribadi yang lebih sabar, bijak dan tidak terburu-buru saat mengambil keputusan yang tepat.

Baca Rekomendasi :   Saat Jasad Dikuburkan, Kemanakah Roh Manusia?

5. Puasa Mengajari Supaya Lebih Sadar Untuk Berbagi Pada Sesama

Sebagaimana poin nomor satu, saat kamu ikut merasakan rasa lapar dan haus seperti orang-orang yang kekurangan. Maka akan akan kesadaran untuk berbagi dengan mereka juga lebih besar. Apalagi di bulan Ramadhan memang dianjurkan untuk meningkatkan amal ibadah lewat sedekah.

Karena itu, perbanyaklah berbagi dengan orang lain. Tidak harus dengan barang atau materi, bisa juga dengan tenaga, bahkan berbagi senyuman juga ada keberkahannya.

  • Bagikan
2 7

You cannot copy content of this page