Biar Tidak Tergoda Bergosip Di Bulan Ramadhan, Terapkan 7 Cara Ini

  • Bagikan
Doa belum dikabulkan
Doa belum dikabulkan

Bergosip adalah salah satu kegiatan yang salah, tapi terasa menyenangkan untuk dilakukan, bukan? Padahal selama bulan puasa, kita dianjurkan untuk memperbanyak ibadah, menahan diri dan menghindari perbuatan yang tidak baik, salah satunya seperti bergosip.

Syukur jika seterusnya (setelah bulan ramadhan) kamu juga bisa menahan diri dari perbuatan tersebut. Nah, ketika puasa agar kamu tidak lagi tergoda untuk bergosip dengan teman.

Yuk, coba terapkan 7 cara ini. Supaya ibadah puasa kamu tidak hanya lancar, tapi juga berkah dan menumpuk tabungan pahala.

1. Isi Acara Kumpul Dengan Kegiatan Yang Positif, Seperti Mengaji atau Mendengarkan Pengajian

Puasa bukan berarti menghalangi waktu kamu kumpul dengan teman dan sahabat, ya. Hanya saja, akan lebih baik, juga sekaligus untuk menghindari gosip, isi acara kumpul-kumpul itu dengan kegiatan yang lebih positif.

Misal dengan mengaji bersama dan secara bergantian saling menyimak bacaan teman atau mendengarkan pengajian islami bersama.

Selain itu juga bisa mengadakan buka puasa bersama anak yatim, membagikan takjil gratis atau hal lainnya. Usahakan pula, setelah semua kegiatan selesai langsung pulang saja. Supaya tidak diisi dengan obrolan yang mengarah ke gosip.

2. Lebih Bagus Jika Kamu Bisa Menghindari Acara Berkumpul dan Lebih Banyak Mengisi Waktu Dengan Kegiatan Ibadah Di Rumah

Bergosip sangat mungkin terjadi saat kamu berkumpul dengan teman, baik secara langsung ataupun lewat social media. Nah, jelas untuk menghindari hal itu, maka selama Ramadhan lebih baik kurangi waktu berkumpul dengan teman-teman.

Baca Rekomendasi :   Inilah 5 Tips Menurunkan Berat Badan Saat Puasa

Kamu bisa mengisi waktumu dengan lebih banyak memperbanyak ibadah selama di rumah. Focus mengerjakan tugas dan peran, menuntut ilmu ataupun hal lainnya yang lebih bermanfaat. Insya Allah godaan untuk bergosip juga akan berkurang.

3. Jangan Ragu Untuk Mengingatkan Teman Yang Akan Memulai Bergosip

Sahabat atau teman yang baik bukan hanya teman yang selalu support dan selalu ada buat satu sama lain. Tapi, juga berusaha untuk saling mengingatkan agar sahabatnya tidak melakukan perbuatan yang salah, apalagi selama bulan Ramadhan ini.

Jadi sebisa mungkin, saat kamu tahu ada sahabatmu yang akan memulai gosip atau pembicaraan akan menuju ke gosip, segera ingatkan kalau kalian sedang menjalani puasa. Bukan malah menikmati atau ikutan nimbrung gosipannya.

Supaya tidak menyinggung, kamu bisa menggunakan bahasa yang sehalus mungkin untuk mengingatkan teman-temanmu.

Baca Rekomendasi :   Biar Tidurmu Bermanfaat, Ini Waktu-Waktu Tidur Yang Baik Pada Bulan Ramadhan

4. Cobalah Untuk Jadi Orang Yang Tidak Peduli, Apalagi Saat Ada Acara Gosip

Ketika teman sudah diingatkan, namun tidak peduli dan tetap melanjutkan acara gosipnya. Lebih baik kamu tidak perlu ikut campur dan belajar untuk jadi orang yang cuek dan tidak peduli. Setidaknya kamu sudah berusaha mengingatkan dan itu sudah menggugurkan kewajibanmu.

Jadi kamu tidak perlu merasa khawatir. Cukup hindari dengan tidak peduli dan lebih banyak menggunakan waktu untuk beribadah serta berbuat banyak kebaikan selama bulan Ramadhan ini.

5. Tidak Langsung Percaya Pada Hoaks Atau Omongan Teman

Selanjutnya, cara menghindari gosip adalah dengan tidak mudah termakan hoaks atau omongan orang lain. Apalagi saat kamu tidak benar-benar tahu apa yang terjadi dan hanya mendapatkan informasi dari satu pihak saja.

Jika perlu kamu bisa membantu dengan turut mengecek kebenarannya. Hal ini selain agar kamu terhindar dari dosa, kamu juga bisa menjaga reputasi seseorang agar tidak ternoda. Dan supaya teman yang lain juga tidak ikut menyebarkan rumor yang tidak benar.

6. Meski Dijauhi Sampai Jadikan Bahan Gosip Baru, Tetap Teguh Pada Pendirian Untuk Menghindari Gosip

Teman pun bisa menjadi salah paham atau mengartikan hal buruk, saat kamu sebenarnya ingin mengingatkan mereka untuk tidak  bergosip. Seperti menjauhi, hingga menjadikan kamu sebagai bahan gosip baru.

Baca Rekomendasi :   Bau Mulut Saat Puasa? Gunakan 4 Tips Ampuh Untuk Mengatasinya

Nah, saat itu, biasanya kamu akan dilema untuk tetap teguh menghindari gosip atau akhirnya ikutan. Sehingga kamu harus punya pendirian yang kuat. Ingat! Di bulan Ramadhan ini adalah waktu yang tepat untuk lebih banyak memperbaiki diri.

Jika memang kamu dijauhi karena tidak ikutan bergosip. Biarkan saja. Itu membuktikan, jika pertemanan kamu tidaklah sehat.

7. Lebih Banyak Intropeksi Diri

Selanjutnya, adalah dengan lebih banyak intropeksi diri. Bersyukur selama hidup, aib dan dosa-dosamu dijaga dengan rapat oleh Allah Ta’ala. Sehingga lebih baik, kamu juga tidak perlu bergosip dan membuka aib orang lain. Sebab, selain dosa, kamu tidak akan mendapatkan apa-apa dari kegiatan tersebut.

Intropeksi diri, kamu juga bukan manusia yang benar-benar baik, dan di waktu Ramadhan inilah saat yang tepat untuk menjadi lebih baik, lebih tawakkal dan lebih bermanfaat pula untuk umat lainnya. Semoga kamu bisa melewati ibadah puasa di bulan Ramadhan dengan maksimal dan lebih banyak memperbaiki diri maupun ibadahmu.

  • Bagikan
2 7

You cannot copy content of this page