5 Keuntungan Single Di Bulan Ramadhan, Semoga Lillah ya!

  • Bagikan
Jomblo yang syah
Jomblo yang syah via instagram.com dheakhairun

Saat menjalani ibadah puasa di bulan Ramadhan. Ternyata kamu harus menjalaninya sendirian karena berstatus single. Padahal teman-temanmu sudah mempunyai pacar atau pasangan hidup yang menemani ibadah mereka agar terasa tidak berat dan lebih mudah untuk dijalani.

Tapi, jangan bersedih dulu. Meski kamu menjalani puasa tahun ini belum bersama pasanganmu. Namun, ada banyak keberkahan dan keuntungan yang tetap bisa kamu rasakan. Mau tahu keberkahan apa saja itu, Yuk kita ulas satu persatu.

1. Ibadahmu InsyaAllah Jadi Lebih Afdhal Karena Tidak Dilewati Dengan Dosa Berpacaran

Bagaimanapun dalam islam tidak mengenal istilah pacaran, bahkan pacaran menurut beberapa pendapat termasuk perbuatan yang mendekati zina.

Meski hanya zina mata dan hati saja. Karena itu, status single kamu sekarang adalah sebuah keberkahan karena insyaAllah kamu menjalani ibadah puasamu dengan lebih afdhal dan berkah.

Kamu bisa jauh dari yang namanya dosa pacaran, tidak mengisi waktumu dengan berduaan dengan dia yang bukan muhrim, dan bisa focus mengisi waktumu dengan kegiatan yang bermanfaat serta positif, seperti memperbanyak ibadah.

Baca Rekomendasi :   Apakah di Surga Manusia Mengingat Kehidupan di Dunia?

Jadi, bersyukur banget ‘kan jadi single?

2. Kamu Lebih Mudah Menahan Diri dari Keinginan Bermanja Atau Bermesraan Dengan Pasangan

Puasa bukan hanya menahan lapar dan haus, tapi juga menahan diri, emosi dan hawa nafsu. Jika kamu menjalani puasa bersama pasangan baik pacar ataupun sudah menikah.

Hal yang paling sulit tentunya adalah menahan diri untuk tidak bermanja-manjaan dan bermesraan dengan pasangan, yang bisa berakibat melakukan hubungan yang lebih jauh lagi. Konsekuensinya tidak hanya puasa batal, tapi juga harus mengganti selama 3 bulan berturut-turut.

Karena itu, bersyukurlah buat kamu yang masih single, setidaknya di bulan puasa ini kamu tidak digoda dengan keinginan untuk berdekatan dan bermesraan dengan pasangan. Dan bisa lebih focus dalam beribadah selama menjalani ibadah puasa.

3. Waktu Berpuasa Bisa Semaksimal Mungkin Digunakan Untuk Meningkatkan Ibadah

Jika kamu sudah punya pasangan, sampai mengurus keluarga dan rumah tangga. Meski sedang berpuasa, kamu pasti tetap menjalani kegiatan sehari-hari seperti melayani pasangan dan mengurus anak-anak. Sehingga terkadang, keinginan untuk lebih banyak membaca kitab suci AlQur’an atau melaksanakan ibadah sunnah sulit kamu laksanakan.

Baca Rekomendasi :   dr. Zaidul Akbar : Cukup Atasi Virus Dengan Sunnah Nabi

Meskipun menjalani kegiatan rumah tangga dan melayani pasangan juga terhitung sebagai ibadah. Namun, buat kamu yang masih single, lebih bisa memanfaatkan waktu berpuasa dengan semaksimal mungkin untuk memperbanyak dan meningkatkan ibadah wajib maupun sunnah.

4. Berkesempatan Mendapatkan Lailatul Qadar

Salah satu keutamaan bulan puasa adalah umat muslim berlomba-lomba untuk mendapatkan malam Lailatul Qadar. Malam yang mempunyai keutamaan yang lebih besar dari 1000 malam dan setiap amalan yang kamu lakukan akan dilipatgadakan pahalanya seperti beribadah selama 80 tahun.

Oleh karena itu, hamper semua umat muslim, berlomba-lomba meningkatkan ibadah untuk mendapatkan malam lailatul qadar tersebut.

Termasuk buat kamu yang single, lebih bebas untuk melakukan segala aktivitas dan kegiatan. Manfaatkan hal tersebut untuk meningkatkan ibadah. Siapa tahu, dengan kesungguhan, ketawakkalan dan ikhtiarmu. Kamu bisa mendapatkan malam lailatul qadar tersebut.

Baca Rekomendasi :   Mengapa Allah Merahasiakan Kematian? Begini Penjelasannya

5. Mumpung Masih Single. Maka Buktikan Ketaatanmu Dalam Beribadah Pada Allah

Mempunyai pasangan itu berarti siap untuk menerima tanggung jawab dan peran baru. Kamu tidak lagi hanya focus mengurus dirimu saja, tapi juga pasangan dan keluarga kecil yang telah dibangun.

Karenanya mumpung masih single, bisa menjadi waktu yang tepat untuk mengisi hati dan pikiranmu untuk Allah SWT. Khususnya selama menjalani bulan Ramadhan ini, kamu benar-benar membuktikan ketaatanmu sebagai hamba.

Maka insyaAllah kedepannya juga akan banyak kebaikan, keberkahan dan kebahagiaan yang Allah berikan. Tidak hanya akan mempertemukan kamu dengan pasangan terbaik, tapi juga pasangan yang sungguh menjadi jalan untuk kamu menuju surge Allah bersama.

  • Bagikan
2 7

You cannot copy content of this page