Jika Cintamu Bertepuk Sebelah Tangan, Kuatkan Diri Dengan 6 Cara Ini

  • Bagikan
Jika Cintamu Bertepuk Sebelah Tangan
Jika Cintamu Bertepuk Sebelah Tangan

Saat kamu mencintai dan menjalin hubungan dengan seseorang, kamu pasti ingin mendapatkan perasaan cinta yang sama atau sebanding dengan yang telah kamu berikan. Namun, namanya perasaan. Kamu tidak bisa memaksa orang tersebut untuk mencintai kamu dalam kadar yang sama atau justru masih belum ada perasaan apa-apa denganmu.

Saat itu terjadi, sangat mungkin kamu akan lebih banyak berjuang sendiri untuk mempertahankan hubungan kalian.

Nah, jika memang kamu terlanjur cinta dan tetap memilih bertahan pada cinta yang bertepuk sebelah tangan itu. Supaya hatimu tetap kuat dan tidak mudah menyerah, kamu bisa melakukan 6 hal ini.

1. Lebih Banyak Menyenangkan dan Membahagiakan Diri Sendiri.

Tolong kirimin log book tanggal 25-30 ya
Jika Cintamu Bertepuk Sebelah Tangan

Membahagiakan atau mencintai orang lain yang tidak memberi balasan padamu, itu adalah hal yang paling melelahkan. Karenanya, supaya kamu tetap kuat menjalaninya, kamu bisa mengisi waktumu dengan lebih banyak menyenangkan dan membahagiakan diri sendiri.

Misal melakukan hobi yang kamu sukai, menonton drakor atau film favorit, lebih banyak mengurus anak (jika kalian sudah berumah tangga).

Intinya, kamu tetap harus bahagia, meski tidak mendapatkan kebahagiaan dari pasanganmu.  Meski kamu tetap melayani dan menemani dirinya seperti biasanya. Kamu bisa mengisi waktu luang kamu dengan hal hal yang menyenangkan dan membahagiakan diri sendiri.

Baca Rekomendasi :   Jangan Biarkan Hubunganmu Hancur, Hanya Karena Egois dan Emosi Sesaat

2. Sabar, Jangan Menyalahkan Keadaan Atau Siapapun Atas Nasib Hubungan Yang Kamu Punya.

Saatnya Kamu Lebih Mencintai Dirimu Sendiri
Saatnya Kamu Lebih Mencintai Dirimu Sendiri

Mencintai tapi tidak mendapatkan balasan yang sama, sedikit banyak pasti akan melukai harga dirimu sebagai manusia. Kamu akan merasa begitu bodoh karena mengharapkan cinta dari seseorang yang sudah menunjukkan penolakannya. Karena itu, terkadang akan muncul perasaan tidak adil dan ingin menyalahkan keadaan.

Padahal, jalan yang kamu dapatkan sekarang adalah pilihanmu sendiri. Sejak awal kamu menyadari, bahwa dia masih belum punya perasaan apa-apa untukmu. Namun, kamu tetap memilih untuk bersamanya.

Karena itu, agar dirimu lebih kuat. Maka bersabarlah. Jangan menyalahkan keadaan atau siapapun, baik dirimu sendiri ataupun orang lain atas keadaan yang kamu terima.

3. Jika Pasangan Masih Belum Bisa Jadi Sandaran. Kamu Masih Punya Tuhan Atau Teman Sebagai Tempat Bersimpuh

Curhat dan mengeluarkan uneg-uneg pada teman atau Tuhan juga salah satu cara yang bisa kamu lakukan untuk kembali menguatkan diri. Meski, nasehat dari temanmu tidak akan terlalu kamu sukai, karena kebanyakan dari mereka akan meminta kamu melepaskan hubungan kamu yang sekarang. Tetap terima saja dengan baik.

Baca Rekomendasi :   6 Tanda Ketergantungan Pada Pasanganmu Ini Mulai Tak Sehat

Bagaimanapun maksud dari mereka baik dan untuk kebaikanmu. Setidaknya, hatimu lebih tenang saat dikuatkan oleh orang-orang yang tulus, meski itu bukan pasanganmu.

4. Lakukan Perubahan Diri Yang Membuat Kamu Lebih Bahagia

Jangan terlalu sering memikirkan hubungan yang belum berbalas saja. Kamu masih punya banyak hal lainnya yang bisa dinikmati dan membuat kamu bahagia. Jika perlu, kamu bisa merubah dirimu menjadi orang yang lebih fresh dan menarik.

Rajin berolahraga, senam dan rutin menjaga kesehatan tubuh akan membuat kamu jadi lebih bahagia, juga kembali bersemangat untuk menjalani kehidupan. Ingat, lingkaran hidupmu bukan hanya terbatas pada hubunganmu. Masih banyak hal yang bisa kamu lakukan. Jadi, jangan sia-siakan.

5. Berikan Waktu Pada Pasangan. Kamu Sadar Tidak Mungkin Mencintai Dengan Bertepuk Sebelah Tangan Terus Menerus

Kamu sudah berusaha untuk memberikan cinta dan perjuangan yang besar dan sudah menunjukkan upaya terbaikmu dalam mencintainya. Namun, kamu juga sadar kamu tidak bisa terus bersama seseorang yang tidak membalas cintamu atau mengabaikannya.

Baca Rekomendasi :   Luruskan Niatmu, Jangan Menikah Hanya Karena Kesepian dan Ingin Bahagia

Karena itu, meski harapan kamu sangat besar pada dirinya. Tetap berikan waktu. 1 atau 2 tahun. 5 atau 10 tahun. Itu terserah padamu. Terpenting, kamu tidak akan menyesali keputusanmu saat memberikan pasangan kesempatan.

6. Jika Memang Tidak Kuat, Melepaskan Adalah Pilihan Terbaik

Mengutip buku How to Love, cinta yang bertepuk sebelah tangan itu melelahkan dan menyedihkan karena tidak bersifat dua arah. Meskipun arahnya benar, sudut pandang yang tidak sejajar akan menyebabkannya terdistorsi. Sehingga salah satu pihak (yaitu yang paling mencintai) pasti akan menderita.

Oleh karena itu, seiring waktu saat kamu sudah mengusahakan yang terbaik untuk pasanganmu, seiring waktu itu pula, belajarlah untuk merelakan dan melepaskan dirinya. Mungkin dia memang bukan pilihan terbaik untukmu dan yakin saja, kamu akan mendapatkan yang lebih baik suatu hari nanti.

  • Bagikan
2 7

You cannot copy content of this page