Jangan Biarkan Kritikan Membuatmu Jatuh, Justru Jadikan Motivasi Untuk Jadi Lebih Baik

  • Bagikan
Alasan Tak Perlu Takut Menjomblo
Alasan Tak Perlu Takut Menjomblo

Dikritik seseorang apalagi dengan kata-kata yang tidak menyenangkan, pasti akan membuat hati terluka. Bahkan untuk beberapa orang, kritikan yang sudah mengarah pada bullian dan hinaan itu, bisa menjadikan rasa insecure pada diri sendiri juga semakin hebat.

Dia tidak lagi berpikir untuk bergerak maju, namun justru menyerah pada keadaan atau kehidupan. Namun, percayalah! Hampir semua orang di dunia ini pernah dikritik atau direndahkan oleh orang lain. Namun, tidak semuanya memilih menyerah.

Ada yang tetap bergerak maju dan membuktikan diri bisa jadi lebih baik, sehingga membuat orang-orang yang pernah menghinanya malu, sampai ikut terkagum-kagum.

Oleh karena itu, jika sekarang kamu berada diposisi sebagai orang yang dikritik atau hina. Jangan jadikan itu alasan untuk jatuh dan menyerah. Justru buktikan kamu tidak seperti yang mereka katakan dan jadi lebih baik dari yang pernah mereka katakan atau pikirkan.

Baca Rekomendasi :   Menikah Tak Perlu Mewah dan Megah, Yang Penting Sah

Meski Kamu Tidak Bisa Mengontrol Tindakan Atau Ucapan Orang Lain, Kamu Bisa Mengendalikan Diri Untuk Tidak Peduli

Entah apapun alasan seseorang bisa mengkritik atau menghina kamu dengan kata-kata yang tidak menyenangkan. Hal yang harus kamu lakukan adalah cukup dengan tidak memperdulikannya. Toh, kamu tahu apapun yang mereka sampaikan tidaklah benar dan apapun yang terjadi dalam hidupmu tidak ada urusan dengan mereka.

Bagaimanapun, meski kamu memang tidak bisa mengontrol komentar orang lain, tapi kamu bisa mengendalikan dirimu sendiri dengan tidak peduli, dan tetap focus pada tujuan yang ingin kamu gapai.

Jangan Biarkan Dirimu Terpancing. Karena Orang Yang Menghina Itu Justru Akan Merasa Senang Saat Kamu Menanggapi Mereka

Justru jika kamu peduli, menanggapi, memberikan klarifikasi atau berbalik menghujat. Hal itu akan membuat orang yang menghina kamu senang. Sebab kamu terpancing dengan ucapannya dan merespon mereka. Dan parahnya, klarifikasi, tanggapan, atau hujatan balik kamu justru jadi bahan olokan baru yang membuat mereka lebih semangat lagi.

Baca Rekomendasi :   Wanita Shalehah Tahu Bagaimana Bersikap Ketika Dihujat

Karenanya, memang cara terbaik menghadapi orang yang tidak suka adalah dengan cara menghindar dan tidak peduli apapun yang mereka sampaikan. Jangan sampai terpancing, justru hindarilah orang-orang toxic seperti itu.

Justru Jadikan Setiap Kritikan dan Hinaan Itu Sebagai Motivasi Agar Kamu Semakin Semangat Membuktikan Diri

Anggaplah mereka memang dihadirkan sebagai ujian kesabaran sekaligus pengingat untuk dirimu. Supaya kedepannya kamu tidak menjadi seperti para pembully tersebut, karena tahu sakitnya saat dibully oleh seseorang.

Selain itu, jadikan hinaan dan kritikan yang kamu terima, menjadi motivasi baru agar kamu lebih semangat membuktikan diri. Membuktikan jika kamu tak seperti yang mereka katakan, membuktikan kamu bisa jadi lebih baik dari mereka yang pernah menghinamu.

Baca Rekomendasi :   Saat Kamu Merasa Tak Bahagia, Tanyakan Pada Dirimu Sendiri, Seberapa Sering Kamu Selalu Bersyukur

Tak Perlu Pula Pikirkan Balasannya. Yakin Saja Tuhan Tidak Tidur dan Mereka Akan Dapat Karmanya

Jangan berpikir pula untuk membalas. Sebab, jika kamu melakukan itu, kamu sama saja seperti mereka yang sudah menyakiti kamu. Yakin saja! Tuhan tidak tidur. Pada saatnya mereka juga akan mendapatkan balasan dengan cara yang telah Tuhan persiapkan.

Misalnya, seperti mengkondisikan hidupnya sama seperti ujian yang pernah kamu terima. Sehingga mereka tahu rasanya disakiti, dibully dan disia-siakan oleh orang lain.

Karma itu ada, karena setiap perbuatan pasti akan ada balasannya. Jika tidak di dunia, maka di akhirat kelak Tuhan akan mengadilinya dengan seadil-adilnya. Termasuk setiap ucapan yang menyakiti hatimu.

  • Bagikan
2 7

You cannot copy content of this page