5 Pedoman Dasar Jika Ingin Memiliki Keluarga Yang Utuh dan Kuat

  • Bagikan
Bahagia dengan pasangan
Bahagia dengan pasangan via instagram.com @storiesphotography

Jika ingin hubungan kamu bisa utuh, kuat dan mampu menghadapi segala macam ujian hidup yang melanda. Kamu dan pasangan tidak hanya butuh cinta yang kuat. Tapi juga usaha serta perjuangan yang tidak mudah. Sebab membangun keluarga yang samawa dan tetap bertahan meski di makan usia, bukan hal mudah untuk sebagian orang.

Nah, inilah pedoman dasar yang harus kamu miliki dengan pasangan supaya rumah tangga kalian tidak mudah hancur diterpa ujian.

1. Rasa Saling Percaya Sepenuhnya

Pedoman dasar pertama yang harus kamu miliki dengan pasangan adalah rasa saling percaya yang kuat diantara kalian berdua. Rasa saling percaya yang muncul karena kamu yakin pasanganmu akan selalu setia dan ada untukmu dalam setiap keadaan.

Meski dia jauh atau dekat denganmu. Kamu tidak perlu berpikiran buruk atau berpraduga yang tidak-tidak.

Namun untuk menumbuhkan rasa percaya yang kuat juga dibutuhkan usaha yang tidak sebentar dan sedikit. Ada komunikasi yang terbuka, tidak adanya rahasia diantara kalian dan selalu jujur adalah salah satu cara yang harus ditempuh bersama pasangan. Sehingga tidak muncul salah paham sampai pertengkaran.

Baca Rekomendasi :   5 Zodiak yang Paling Mungkin Terkenal, Adakah Zodiakmu?

2. Tidak Hanya Mencintai, Tapi Menjadikan Pasangan Sebagai Sahabat Terbaik

Bagaimana cara pandang kamu saat melihat pasanganmu juga akan menentukan kebahagiaan yang kamu rasa saat menjalani hubungan atau pernikahan dengan dirinya. Jika kamu melihatnya sebagai seorang yang harus kamu cintai, layani, maka kamu akan sedikit sulit merasa bahagia.

Namun, jika kamu melihat pasanganmu juga sebagai sahabat dan teman terbaik. Maka akan muncul perasaan aman, nyaman, seru dan kompak diantara kalian berdua.

Sebab sahabat umumnya menjadi tempat terbaik kamu berbagi cerita dan jujur pada apa yang kamu rasa. Dan jika hal itu bisa kamu terapkan dalam rumah tanggamu. Dimana pasanganmu adalah orang yang kamu cintai sekaligus sahabat terbaikmu. Maka akan menghilangkan segala kecanggungan diantara kalian berdua.

3. Menghargai dan Menghormati Pasangan Selayaknya

Rasa hormat dengan menghargai pasangan sebagai partner hidup dengan segala hak dan kewajibannya adalah pedoman selanjutnya untuk membangun keluarga yang bahagia serta utuh.

Baca Rekomendasi :   Kerja Keras Itu Boleh Tapi Jangan Lupa Bahagia, Setuju?

Kamu menghargai segala perjuangan yang telah pasanganmu usahakan untuk membahagiakan kamu selama ini. Kamu menghormati dirinya sebagai manusia yang punya kebebasan dan haknya sendiri.

Sehingga ada rasa segan saat ingin menyakiti atau menyia-nyiakan pasanganmu. Ada rasa bersalah, saat kamu tidak bisa menghargai dirinya dengan sepenuh hati. Sebab, hubungan itu kalian jalani berdua dengan kesepakatan serta komitmen yang disepakati bersama.

Meski secara agama atau Negara, pasanganmu adalah milikmu. Tapi dia juga punya kebebasan untuk menjadi dirinya sendiri dan bahagia menjalani hidup yang dia pilih yaitu bersamamu.

4. Berbagi Tawa dan Canda Bersama

Akan sangat menyenangkan, menjalin hubungan yang bisa membuat kamu merasakan kebahagiaan secara utuh. Yaitu hubungan yang tidak serasa kaku seolah kamu terpaksa untuk menjalaninya. Salah satu tandanya adalah mengisi rumah tangga dengan tawa dan canda.

Kamu merasa nyaman dan senang atas humor yang sering diciptakan oleh pasangan. Begitupun dia tidak ragu melepas tawa saat bersamamu. Kalian sama-sama mengerti untuk mengisi waktu dengan kebahagiaan, meski hanya dengan hal sepele atau guyonan receh belaka.

Baca Rekomendasi :   5 Cara Mengatasi Kesepian dan Rasa Malu Untuk Kamu yang Introvert

Suasana seperti itu akan membuat rumah tanggamu hidup dan dirindukan, bahkan oleh anak-anakmu kelak.

5. Membangun Kerja Sama Tim

Dalam rumah tangga, kamu dan pasangan sudah menyepakati tugas dan peran masing-masing. Semisal suami focus mencari nafkah di luar rumah, sedang istri mengurus rumah tangga dan anak-anak. Namun, saat menjalani peran. Kamu bukan lantas kaku dan seolah tidak melihat kerepotan salah satu pasangan.

Rumah tangga yang utuh dan bahagia, dibutuhkan kerja sama untuk membangunnya. Ada keinginan untuk membantu dan meringankan kerja pasanganmu. Sebab melihatnya lelah dan kerepotan sendiri, membuat kamu tidak tega, meski kamu sendiri dalam kondisi lelah selepas bekerja.

Nah, bangunlah kerjasama tim yang solid dalam rumah tanggamu. Jika perlu ajak anak-anak pula, agar kalian bisa menjadi keluarga yang kompak dan harmonis.

  • Bagikan
2 7

You cannot copy content of this page