Jika Mertuamu Sungguh Baik dan Pengertian, Tandai Dengan 6 Sikap Ini

  • Bagikan
Menantu dan Mertua
Menantu dan Mertua via unsplash.com

Saat ingin menikah dengan pria yang diidamkan, pasti kamu berharap pula bisa mendapatkan mertua yang sungguh baik, perhatian, pengertian dan menerima kamu seperti anaknya sendiri dengan setulus hati.

Bahkan sedikit terbesit rasa khawatir, jika sampai mertua kamu nanti akan bersikap seperti drama rumah tangga yang sering kamu tonton, mempunyai sikap yang judes, mengerikan dan masih ingin mendominasi putranya atau suamimu.

Namun, tentunya kamu sudah cukup mengenal dan melakukan pendekatan secara intens sebelum menikah. Jadi kamu bisa sedikit banyak memutuskan untuk tetap melanjutkan hubungan atau tidaknya.

Lagipula tenang saja, jika mertuamu bersikap seperti ini, tandanya beliau memang baik dan akan menerima kamu dengan baik pula.

1. Menyambut Kamu Dengan Cinta Layaknya Anak Sendiri

Saat kamu pertama kali datang ke rumahnya sebagai menantu. Kamu bisa melihat sikap mertua yang berusaha menyambut kamu dengan baik dan tidak sungkan lagi menganggap kamu lebih dari sekedar menantu. Bagi mertuamu, kamu juga sudah menjadi anak atau putri baru dalam keluarga mereka.

Namun, meski sudah menganggap kamu sebagai anak, mertua juga tetap menghormati dan menjaga privasi kamu. Berusaha untuk mau mengenal kamu lebih dalam, sekaligus mengenalkan dirinya dan keluarga barumu itu.

Baca Rekomendasi :   Catat! 5 Cara Mengatasi Rekan Kerja yang Sok Tahu

2. Tidak Membandingkan Kamu Dengan Menantu Yang Lain Atau Anak Sendiri

Mau kamu hanya seorang ibu rumah tangga, wanita karir atau siapapun, kamu tetap mempunyai kebanggaan sendiri di hadapan mertua. Sebab, bagi mereka, kamu sudah membahagiakan dan menerima putranya sepenuh hati itu sudah lebih dari cukup.

Ditambah lagi, mertua kamu tahu, jika kamu adalah pilihan terbaik anak mereka. Jadi mereka juga berusaha menerima kamu apa adanya, tanpa ada niatan untuk membandingkan dengan menantu lain atau anaknya sendiri.

Biasanya, mertua yang baik –apalagi yang mempunyai anak atau keluarga perempuan, akan berusaha memperlakukan menantunya dengan baik pula. Dengan harapan, anaknya nanti juga akan diperlakukan dengan lebih baik saat berada di rumah mertuanya kelak.

3. Menasehati Tapi Tidak Terlalu Ikut Campur

Namanya orang tua pasti memberikan wejangan sebagaimana dengan ilmu, pengetahuan dan pengalaman mereka selama ini. Contohnya saja, bagaimana cara kamu dalam merawat anak, maka orang tua pasti akan memberikan nasehat.

Baca Rekomendasi :   Ini yang Dilakukan Masing-masing Zodiak Saat sedang Sedih

Namun, mertua yang baik dan pengertian tidak akan memaksakan kehendak. Sebab, mereka tahu jaman semakin maju dan banyak mitos yang sudah tidak berlaku lagi di masyarakat. Jadi, mertua tidak akan ikut mencampuri, dia tetap menghormati keputusanmu, karena memang kamu lebih berhak menentukan apa yang terbaik untuk anak atau keluarga yang kamu bangun.

Tapi, usahakan untuk tetap meghargai saran mertua. Jika menurutmu hal itu tidak membebani dan berbahaya, tidak ada salahnya menuruti. Kecuali memang kamu sudah mendapatkan saran medis jika tidak boleh melakukannya.

4. Menawarkan Diri Membantu Kamu Saat Kerepotan

Karena sudah menganggap kamu sebagai anak sendiri. Mertua juga tidak akan membiarkan terlihat kerepotan. Beliau berusaha untuk membantu kamu sebisanya, seperti jika kamu kerepotan dengan anak, dia pun akan berusaha membantu dengan ikut memasak atau mengirimkan makanan.

Saat kamu ada keperluan di luar rumah sebentar, mertua tidak akan menolak saat kamu menitipkan anak – anak kamu pada dirinya.

Terpenting, jangan sampai memanfaatkan kebaikan mertua, ya. Sebisa mungkin tetap urus anak sendiri atau meminta mertua cukup ikut memantau. Selain itu ikut menjaga keharmonisan dengan memperlakukan mertua dengan baik pula.

Baca Rekomendasi :   3 Bukti Bahwa Kamu Budak Cinta (Bucin) Sejati, Pikir Lagi Coba?

5. Membela Kamu Saat Kamu Tidak Perlakukan Adil Oleh Anaknya.

Mertua yang baik juga tidak akan membela jika anaknya melakukan kesalahan atau bertindak buruk pada dirimu. Mereka juga akan menasehati dan mendukung langkah kamu untuk memperoleh kebahagiaan. Justru ada rasa bersalah dalam hatinya, karena tidak bisa mendidik anaknya dengan baik, sampai menyakiti hati orang yang sudah dipilihnya.

Jadi, saat kamu ada masalah dengan suami atau pasangan. Kamu bisa jujur pada mertua kamu masalahnya dan mencari solusi.

6. Tidak Mengolok Kamu Dihadapan Orang Lain

Ternyata ada juga mertua yang pura-pura baik. bersikap manis di depanmu, namun mengolok kamu saat di belakang kamu. sungguh, dia bukan mertua yang baik, karena tidak bisa menghargai dan menghormati dirimu.

Karena mertua yang baik tidak akan bermuka dua. Jika beliau bersikap baik di depanmu, beliau pun juga akan bersikap baik di belakangmu. Bahkan sering mengingatkan pasanganmu untuk memperlakukan kamu dengan lebih baik.

  • Bagikan
2 7

You cannot copy content of this page