Tingkatkan Kepercayaan Diri! Beginilah Cara Terbaik Mengurangi Sifat Pemalu Yang Berlebihan

  • Bagikan
Earth Teerapat
Earth Teerapat

Jika secara alami kamu adalah pribadi yang pemalu. Maka, kamu harus menemukan cara yang tepat untuk sedikit mengurangi sifat itu dan lebih percaya diri pada dirimu sendiri.

Sebab rasa malu yang berlebihan akan menjadi hambatan untuk banyak kesuksesan di masa depan nanti dan dalam jangka waktu yang panjang. Selain itu, kamu juga akan semakin sulit beradaptasi dan menyelesaikan masalah dalam lingkungan atau pekerjaan yang kamu miliki.

Meski sifat pemalu itu tidak bisa diubah, bukan berarti kamu tidak bisa tampil lebih percaya diri. Dan inilah beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mengurangi sifat pemalu yang berlebihan sampai merugikan dirimu sendiri itu.

1. Temukan Passion dan Pekerjaan Yang Membuat Kamu Merasa Nyaman

Seorang pemalu tidak mudah mendapatkan pekerjaan yang tepat. Mereka cenderung memilih-milih pekerjaan yang bisa membuat dirinya merasa lebih nyaman. Namun, mendapatkan pekerjaan yang sesuai keinginan tentu membutuhkan banyak usaha dan kerja keras.

Oleh karena itu, tingkatkan passion dan kemampuan yang kamu miliki. Usahakan untuk jangan pernah berhenti belajar dan mencoba banyak hal baru. Nah, dengan banyaknya kemampuan yang kamu punya, maka pilihan pekerjaan yang membuat dirimu merasa nyaman juga akan lebih banyak.

Baca Rekomendasi :   Jangan Biarkan Kritikan Membuatmu Jatuh, Justru Jadikan Motivasi Untuk Jadi Lebih Baik

Jadi kamu bisa menemukan pekerjaan yang benar-benar tepat dan menjalaninya dengan lebih percaya diri juga maksimal.

2. Temukan Penyebab Rasa Malumu Yang Berlebihan

Pasti ada penyebab atau alasan kenapa  rasa malu yang kamu miliki semakin berlebihan, sedang kepercayaan dirimu menurun. Apakah kamu merasa insecure dengan penampilan dirimu? Ada orang toxic yang mempengaruhimu? Apakah kamu jauh dari support system? Atau selalu merasa gagal dan jauh dari kesuksesan?

Untuk mendapatkan jawabannya, kamu memang harus merenung dan lebih banyak intropeksi diri. renungi semua langkah dan rencana hidup yang sudah kamu ambil. Lalu, evaluasi kembali. Jika memang kamu menemukan sudah menemukan penyebab rasa malu itu, lebih baik segera atasi, hindari atau tinggalkan. Dan kembali membangun kepercayaan diri.

3. Yakinkan Diri Kamu Berharga

Untuk kembali menumbuhkan kepercayaan diri dan mengurangi perasaan malu yang berlebihan. Maka kamu harus sering-sering meyakinkan diri jika kamu berharga, punya banyak kelebihan dan potensi. Jauhkan diri sejauh-jauhnya dari orang toxic yang memang ingin menghancurkan kepercayaan dirimu. Percayalah, kamu diciptakan dengan sebaik-baiknya oleh Tuhan dengan banyak kelebihan dan kekurangan.

Baca Rekomendasi :   Bayarlah Hutangmu Selagi Kamu Masih Ada di Dunia, Karena Membayar Hutang Hukumnya Wajib

Jadi, mulailah dengan lebih banyak mencintai dan menghargai diri sendiri. Selain itu, hargailah orang-orang yang benar-benar tulus dan sayang di sekitarmu. Jangan bebankan diri untuk jadi sempurna atau harus disukai semua orang. You are perfect just the way you are.

4. Tidak Masalah Untuk Memilih Jalinan Pertemanan

Memang lebih baik jika kamu bisa berbaur dengan siapa saja. Terpenting pertemanan itu positif dan jauh dari orang-orang toxic. Namun, untuk beberapa orang pemalu sampai introvert, menjalin pertemanan sama susahnya dengan mendapatkan pekerjaan yang tepat. Karena itu, sebenarnya tidak masalah jika kamu hanya bisa berteman dengan beberapa orang yang sefrekuensi dengan dirimu.

Namun, jangan pernah berhenti untuk mencoba hal baru dan menggali potensi serta bakat yang kamu miliki. Semakin banyak hal yang kamu lakukan, maka lingkup pertemananmu juga akan semakin luas baik di dunia nyata ataupun maya.

5. Habiskan Waktu Lebih Banyak Dengan Teman dan Keluarga

Mendapatkan teman yang membuat kamu merasa nyaman dan menjadi diri sendiri memang bukanlah hal yang mudah. Tapi percayalah! saat kamu mau membuka sedikit dirimu, kamu pasti menemukan mereka. Nah, saat kamu sudah mendapatkan lingkungan yang tepat. Maka bangun dengan lebih banyak menghabiskan waktu dengan mereka. Jalin komunikasi yang akrab, nyaman dan menyenangkan.

Baca Rekomendasi :   Ingin Segera di Lamar Cowokmu, Cobain Gombalin Dengan Rayuan Manja

Jangan sering-sering menutup diri, meski kamu lebih menyukai kegiatan tersebut. Sebab, kamu punya tujuan untuk mengurangi perasaan malu yang kamu punya. Jadi, meski hanya dengan beberapa orang terdekat. Pastikan kamu benar-benar bisa merasa nyaman.

5. Kurangi Rasa Takut

Ketakutan adalah hal yang wajar dirasakan oleh setiap orang. Apalagi, buat kamu yang baru ingin mulai berbaur dengan beberapa orang baru. terkadang, muncul pikiran negative, seperti rasa takut tidak akan diterima atau dicemooh.

Namun, kamu harus tahu, masih banyak orang yang benar-benar baik dan santun di dunia ini. Iya, mungkin terkadang kamu akan menemukan mereka yang suka mencemooh orang lain atau suka memandang rendah orang lain. Tapi, orang yang tulus juga ada banyak jumlahnya. Jadi, tetap berprasangka baik dan jangan  focus pada hal yang negative. Percayalah, akan ada yang menerima kamu dengan sepenuh hati dan tulus menjadikan kamu teman.

  • Bagikan
2 7

You cannot copy content of this page